Apa itu Local SEO – Bagi Anda yang menjalankan SEO marketing pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah On Page dan Off Page SEO.
Kedua istilah teknik SEO inilah yang mungkin sering Anda dengarkan ketika mempelajari SEO marketing. Memang benar, jika Anda berhasil mengoptimalkan kedua teknik tersebut, Anda bisa memperbesar peluang untuk konten website Anda berada di halaman pertama Google.
Namun, apakah hanya dengan menjalankan kedua teknik ini sudah cukup?. Tentu tidak.
Perlu diingat bahwa salah satu penilaian konten agar masuk di halaman pertama Google adalah visibilitas dan keterbukaan informasi akan website bisnis itu sendiri.
Nah, untuk mempertegas kedua hal tersebut Anda bisa mengoptimalkan teknik SEO lainnya yang mungkin jarang terdengar. Teknik tersebut adalah Local SEO. Apa itu Local SEO? MinTiv akan membahasnya lengkap pada artikel ini, jadi simak baik-baik ya!.
Apa itu Local SEO?
Menurut SEMrush, Local SEO adalah upaya optimasi SEO untuk website bisnis agar mendapatkan peringkat tertinggi di pencarian lokal di SERP (Search Engine Result Page).
Local SEO berfungsi untuk meningkatkan visibilitas website Anda pada pencarian local dengan audiens market yang lebih tertarget. Terlebih lagi orang-orang lebih suka untuk mencari informasi yang terdekat dengan mereka melalui Google.
Baca Juga: Apa itu Robots Txt, dan Manfaatnya untuk SEO?
Ya, salah satu contohnya adalah ketika seseorang menggetikkan kata kunci Tempat Makan Terdekat seperti gambar di bawah ini;
Adapun gambar di atas bisa didapatkan untuk website Anda apabila sudah melakukan integrasi dengan Google My Business.
Manfaat Menjalankan Local SEO untuk Website Bisnis
Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila Anda menjalankan teknik SEO yang satu ini.
Bahkan data dari Search Engine Journal akan semakin membuat Anda ngiler untuk segera menjalankan teknik yang satu ini. Search Engine Journal mengatakan bahwa 50% pengguna Google melakukan pencarian lokal untuk mencari alamat bisnis terdekat.
Lebih jauh lagi, sekitar 78% pencarian lokal berakhir pada konversi, baik itu melalui transaksi online ataupun pengunjung datang langsung ke toko Anda. Ya, Local SEO adalah kunci bagi bisnis Anda agar dapat berkembang pada lingkungan bisnis terdekat.
Tanpa Local SEO, calon pelanggan Anda akan kesulitan mencari informasi bisnis Anda, dan pada akhirnya strategi brand positioning Anda di Google menjadi terhambat. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan Local SEO;
- Meningkatkan visibilitas dan kredibilitas bisnis di mata konsumen.
- Membantu Anda untuk kembangkan bisnis pada lingkungan bisnis terdekat.
- Anda bisa mendapatkan peningkatan konversi yang ada pada area lokal bisnis Anda.
- Local SEO membantu Anda untuk meningkatkan customer loyalty.
- Local SEO membantu Anda untuk meningkatkan brand awareness ke tingkat yang lebih tinggi.
- Bisnis Anda berpeluang besar untuk berkembang pesat.
Cara Menjalankan Local SEO
Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menjalankan Local SEO.
Di sini MinTiv akan menjelaskan 4 langkah yang menjadi poin penting dalam Local SEO, 4 langkah tersebut adalah Daftar di Google My Business, Riset Keyword, Optimasi On Page SEO terutama Schema Markup, Membuat NAP Citations.
Berikut penjelasan masing-masing dari keempat langkat tersebut;
1. Daftar di Google My Business
Teknik Local SEO memang erat kaitannya dengan Google My Business, oleh sebab itu, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mendaftar di sana.
Penggunaan Google My Business inilah yang akan memudahkan Anda mendapatkan salah satu manfaat Local SEO yakni meningkatkan visibilitas dan kredibilitas website bisnis.
Setelah selesai melakukan beberapa langkah settings dan mengisi profil dengan lengkap, bisnis Anda akan mudah ditemukan di halaman pencarian dan bahkan Google Maps.
2. Riset Keyword
Kedua adalah dengan melakukan riset keyword. Ya, karena Local SEO bertujuan untuk memudahkan website Anda tampil pada pencarian lokal, maka jenis keyword yang digunakan tentu saja adalah jenis keyword local atau spesifik. Salah satu contohnya jika Anda memiliki bisnis di bidang fotografi dengan nama Marvelous Photo.
Maka Anda tidak bisa serta merta hanya mengandalkan kata Marvelous Photo sebagai keyword Anda.
Butuh keyword yang lebih spesifik lagi, seperti Marvelous Photo – Jasa Fotografi Profesional. Dan anggaplah bisnis Anda ini berada di Jakarta, maka Anda menambah kata Jakarta sebagai tambahan long tail keyword sebelumnya, menjadi Jasa Fotografi Profesional Jakarta.
3. Mengoptimalkan Schema Markup
Selanjutnya adalah dengan mengoptimalkan penggunaan Schema Markup. Sebuah kode yang digunakan agar website bisnis Anda dapat menampilkan informasi secara singkat dan informatif di SERP. Kode ini akan mempermudah Google untuk memahami konteks website Anda.
Anda bisa menggunakan Schema Markup ini memanfaatkan Schema Markup Generator.
4. NAP Citations
Selanjutnya adalah dengan memanfaatkan NAP Citations. Sebuah kutipan singkat mengenai bisnis Anda dengan format yang mudah dimengerti. Adapun format sederhana tersebut adalah Nama, Alamat, Nomor Telepon, atau dalam bahasa inggris Name, Address dan Phone Number.
Penggunaan NAP Citations ini bertujuan untuk meningkatkan domain authority Anda. Berikut ini adalah contoh penulisan NAP Citations yang benar.
Creativism
Jl. Perumahan Kenari Asri No.C7b,
Losari, Sukoharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
0812-2222-7920
Inilah penjelasan terperinci mengenai Apa itu Local SEO, manfaat dan juga cara penggunaannya. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Terbaik yang bisa membantu website bisnis Anda lebih optimal lagi di pencarian lokal, hubungi Creativism.id.
Baca Juga: Apa itu SEO Subdomain, Teknik Ampuh SEO, yang Sering Dipakai Media Besar
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Apa itu Local SEO dan Manfaatnya untuk Bisnis? […]
[…] Baca Juga: Apa itu Local SEO dan Bagaimana Cara Memanfaatkannya? […]
[…] harus mencari pola yang tepat untuk bisa memahami 4 metode penting SEO, yakni Local SEO, Technical SEO, On Page SEO dan Off Page SEO. Mencari pola yang tepat untuk memahaminya juga […]
[…] ini mengharuskan Anda untuk memahami berbagai metode penting SEO, dimulai dari Local SEO, Technical SEO, dan juga 2 metode SEO paling umum yakni On Page SEO & Off Page […]
[…] Local SEO. […]