Roadmap SEO Sederhana – Ketika mempelajari SEO, ada kalanya Anda pasti akan mengalami yang namanya kebuntuan atau creative block.
Berhenti sejenak, menghirup udara segar dan melihat pemandangan serba hijau bisa menjadi opsi terbaik. Menikmati secangkir kopi dan berbincang dengan teman juga bisa menjadi opsi Anda yang lainnya.
Apapun yang Anda lakukan tersebut, pastinya bertujuan untuk membuat pikiran Anda lebih fresh.
Terlebih lagi untuk mempelajari SEO bukanlah perkara yang mudah.
Anda harus mencari pola yang tepat untuk bisa memahami 4 metode penting SEO, yakni Local SEO, Technical SEO, On Page SEO dan Off Page SEO. Mencari pola yang tepat untuk memahaminya juga bukanlah yang hal mudah. Terlebih bagi Anda yang masih pemula di bidang SEO.
Baca Juga: Tips SEO Anti Mainstream
Nah, untuk membantu Anda temukan pola yang tepat tersebut, berikut ini MinTiv akan berikan roadmap SEO sederhana yang mudah dipraktekkan oleh pemula di bidang SEO.
Penasaran apa saja? simak baik-baik artikel ini ya!
Roadmap SEO Sederhana Cocok untuk Pemula!
1. Audit SEO
Yang pertama adalah belajar bagaimana caranya melakukan melakukan audit SEO website.
Baca Juga: Cara Melakukan Audit Website Manual
Untuk yang satu ini Anda bisa mengandalkan banyak tools digital, seperti GTMetrix, Google PageSpeed Insights, SEMrush, dan lain-lain. Adapun kunci-kunci penting yang harus perhatikan di dalam proses ini adalah;
- Memastikan bahwa website dapat diakses tidak lebih dari 3 detik.
- Memiliki url yang mudah dibaca dan pendek.
- Tidak ada menu atau link yang berisikan # atau broken.
- Tampilan website enak untuk dilihat.
- Gambar di dalam konten website sudah dioptimalkan. Mulai dari alt, title, description. Pastikan juga gambar yang digunakan setidaknya memiliki ukuran file maksimal 100KB.
2. Riset Kata Kunci
Kedua adalah dengan melakukan riset kata kunci. Ada banyak tools yang bisa Anda gunakan untuk kegiatan yang satu ini. Mulai dari Google Keyword Planner, Google Search Console, Google Trends, dan juga yang premium seperti SEMrush ataupun Ahrefs.
Adapun kunci-kunci penting yang harus Anda kuasai dalam proses ini adalah;
- Memahami jenis-jenis keyword.
- Pastikan bahwa Anda menggunakan keyword yang ditargetkan pada bagian penting konten Anda. Mulai dari url, judul, heading, meta description, alt & title image, dan lain-lain.
- Fokus pada jenis long-tail keyword terlebih dahulu.
- Pastikan bahwa target keyword Anda memiliki search volume yang lumayan.
3. On-Page Optimization
Ketiga adalah dengan mempelajari poin-poin penting dari On Page Optimization. Ya, untuk pemula, ada baiknya Anda terlebih dahulu fokus untuk belajar seluk beluk daripada On Page SEO. Jangan tergesa-gesa untuk pelajari metode SEO yang lainnya, seperti Local SEO & Technical SEO.
Baca Juga: 14 Panduan On Page SEO Lengkap
Kecuali jika Anda ingin kepala Anda meledak karena memikir banyaknya materi optimasi website 😁.
4. Off-Page Optimization
Keempat adalah dengan mempelajari Off Page Optimization.
Mirip dengan yang ada pada On Page SEO, hanya saja pelaksanaanya dilakukan pada website yang berbeda. Website yang berbeda ini kemudian memberikan backlink pada website utama Anda.
Kunci penting untuk bisa memaksimalkan bagian ini adalah mempelajari proses link-building dengan baik.
Anda mungkin beranggapan bahwa Anda bisa membangun banyak website sendiri untuk kemudian saling memberikan backlink. Tapi, cara ini terbilang kuno, terlebih jika Anda tidak punya cukup sumber daya yang akan mengurus seluruh website.
Berkolaborasi dengan pemilik website lain tentunya akan lebih efektif. Pastikan bahwa website yang Anda ingin dapatkan backlink darinya, memiliki DA PA tinggi dan niche yang relevan.
5. Mobile Optimization
Kelima adalah dengan memastikan bahwa website Anda tampil baik di semua perangkat, terlebih di perangkat mobile. Ya, hal ini penting karena kebanyakan pengguna internet mengakses informasi dari search engine menggunakan mobile phone.
Untuk yang satu ini sebenarnya bisa Anda atasi dengan mudah menggunakan template. Tambahan, Anda bisa saja menggunakan fitur AMP (Accelerated Mobile Pages).
6. Analisis Performa
Yang terakhir adalah dengan menganalisis performa website.
Adapun analisis ini bisa Anda lakukan dengan mudah, apabila Anda sudah tetapkan tujuan dan KPI SEO marketing sebelumnya. Ada banyak KPI yang bisa gunakan untuk SEO marketing ini. Mulai dari jumlah traffic yang harus didapatkan per bulannya, jumlah konversi yang didapatkan, dan lain-lain.
Inilah penjelasan lengkap tentang roadmap SEO sederhana. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Terbaik, hubungi Creativism.
Baca Juga: Panduan Belajar SEO untuk Pemula Terbaru 2023
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 62812- 2222- 7920.
[…] secara perlahan, apabila Anda telah menemukan roadmap yang pas. Nah, untuk membantu Anda menemukan roadmap SEO yang pas, MinTiv akan menjelaskan 9 faktor ranking […]
[…] di dalam artikel ini, MinTiv akan berbagi roadmap ilmu SEO basic, dimulai dari yang pertama […]