Ilmu SEO Basic – Ketika menjalankan SEO untuk website bisnis, maka akan ada banyak hal yang mesti kita pelajari. Dimulai dari metode On Page SEO, Off Page SEO, Local SEO dan juga Technical SEO. Setiap metode tersebut memiliki turunan teknik penerapannya masing-masing.
Belum lagi, seseorang yang menjalankan SEO diharuskan untuk peka terhadap algoritma terbaru search engine. Terutama search engine terpopuler di dunia, yakni Google. Mempelajari kelima hal ini jelas bukanlah perkara yang mudah. Oleh sebab itu, diperlukan roadmap belajar SEO yang sistematis.
Terlebih untuk Anda yang masih pemula di dunia optimasi website. Anda perlu mencari tahu terlebih ilmu SEO basic dalam proses pembelajaran. Karena jika Anda langsung coba untuk mempelajari semua dan menjalaninya sekaligus, MinTiv yakin Anda pasti jadi mumet.
Nah, di dalam artikel ini, MinTiv akan berbagi roadmap ilmu SEO basic, dimulai dari yang pertama yakni;
Ilmu SEO Basic untuk Pemula
1. Mengerti Terlebih Dahulu Tentang Apa itu SEO
Ya, langkah pertama yang harus lakukan adalah mengerti terlebih dahulu tentang apa itu SEO. SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Sebuah ilmu untuk optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman hasil pencarian search engine. Terutama melalui keyword tertentu yang ditargetkan.
FYI, definisi daripada SEO ini secara makna, sedikit bergeser dari sebelumnya “dapat tampil di halaman pertama” menjadi “dapat tampil di urutan teratas”. Pergeseran definisi ini terjadi dikarenakan Google telah menghapus Google Pages dan menggantinya dengan Continuous Scrolling.
Lalu mengapa Google menjadi pusat utama dari kegiatan search engine ini?. Jawabannya karena Google adalah search engine terpopuler di dunia. Nilai kepopulerannya bahkan berada jauh di atas pesaing-pesaingnya seperti Bing, Baidu, Yandex, Yahoo, dan juga DuckDuckGo.
2. Belajar Riset Keyword
Ilmu SEO basic berikutnya adalah mempelajari proses riset keyword. Keyword yang diriset adalah keyword yang akan menjadi target utama website bisnis. Sedikit tips, pilihlah keyword utama yang mampu menggambarkan niche bisnis Anda. Semisal Anda adalah pebisnis yang menyediakan Jasa Bangun Rumah di Kota Jogja. Maka Anda bisa menargetkan keyword utama seperti Jasa Bangun Rumah Jogja di website bisnis Anda.
Ketika mempelajari proses riset keyword ini, Anda juga akan segera mengetahui banyak jenis daripadanya. Adapun jenis keyword yang paling umum dipelajari untuk pemula adalah short-tail keyword dan juga long-tail keyword.
3. Belajar Riset Kompetitor
Masih seputar soal riset, kali ini Anda diharuskan untuk mempelajari bagaimana cara melakukan riset kompetitor. Bisa dibilang bahwa ini adalah bagian dari riset keyword. Karena tak jarang dari proses riset kompetitor, Anda bisa mendapatkan keyword terbaik untuk dioptimalkan.
Ada banyak bagian penting yang bakal dipelajari di riset kompetitor ini. Satu di antaranya adalah analysis content gap. Anda bisa saja melewati materi ini dengan mudah apabila sudah dibekali dengan tools SEO premium, seperti SEMrush.
4. Mulai Membuat Konten
Materi ilmu SEO basic berikutnya adalah belajar cara membuat konten yang berkualitas. Di dalam website, terdapat 2 jenis konten yang bakal Anda produksi. Konten tersebut adalah landing page dan juga artikel. Konten artikel menjadi yang paling sering diandalkan untuk kampanye SEO. Di dalamnya, Anda juga sudah akan mempelajari tentang search intent.
Search intent sendiri adalah tujuan seseorang ketika mengetikan keyword tertentu di pencarian Google. Anda bisa membaca lebih lengkap mengenai penjelasan search intent melalui link artikel di bawah ini;
Baca Juga: Apa itu Search Intent dan Juga Jenis-Jenisnya?
5. Technical SEO
Ketika Anda sudah terbiasa untuk membuat konten website yang berkualitas, maka Anda bisa segera naik level dalam proses belajar SEO. Ya, Anda bisa segera mempelajari lebih dalam tentang apa itu technical SEO. Technical SEO sendiri adalah teknik optimasi website yang seluruh langkah-langkahnya bersifat teknis.
Salah satu contoh mudah dari teknik penerapan metode ini adalah dengan memastikan website memiliki sertifikat secure di HTTPnya (jadi HTTPs).
6. Link Building
Terakhir adalah link building. Didapatkan dari SEMrush, Link building adalah proses untuk menanamkan link website Anda di website lain. Ya, bisa dibilang bahwa link building ini identik dengan backlink. Adapun kegiatan link building yang bisa Anda lakukan antara lain adalah;
- Blogwalking.
- Content placement.
- Menulis guest posts di website UGC.
- Social bookmarking.
Inilah penjelasan lengkap tentang ilmu SEO basic yang wajib dipelajari oleh pemula. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Google Terbaik, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: 7 Alternatif Tools SEO Terbaik Selain SEMrush
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: 5+ Ilmu SEO Basic yang Wajib Dipelajari Pemula […]