Apa itu Social Bookmarking – Ada banyak istilah yang bakal Anda temukan ketika pertama kali mempelajari SEO. Sebuah teknik untuk optimasi website agar dapat tampil pada halaman pertama search engine Google melalui keyword tertentu. Salah satu dari sekian banyak istilah tersebut adalah Social Bookmarking atau bisa disebut juga social media bookmarking.
Istilah yang memang sudah sangat familiar terutama bagi telinga blogger, SEO specialist, digital marketer, dan sejenisnya. Lalu bagaimana dengan Anda?.
Baca Juga: Apa itu Image SEO dan Cara Mengoptimalkannya?
Social media bookmarking sendiri adalah salah satu cara yang banyak digunakan untuk optimasi website. Konsepnya sederhana, yakni bookmark. Yang artinya halaman website yang sedang dibuka akan dibukukan online melalui fitur tertentu. Jika proses itu melibatkan browser seperti Google Chrome maka fitur yang dimaksud adalah fitur Bookmark this tab.
Hanya saja, social media bookmarking memiliki cara kerja yang sedikit berbeda. Di mana social media bookmarking ini dapat diakses oleh siapapun dan kapanpun, tidak terbatas pada satu perangkat saja.
Apa itu Social Bookmarking?
Dilansir dari laman Sprout Social, social media bookmarking adalah proses penandaan halaman website dengan memanfaatkan fitur bookmark agar pengunjung dapat mengunjungi halaman yang sedang dikunjunginya pada lain waktu dengan cepat.
Social media bookmarking akan menyimpan informasi website yang dikunjungi dan kemudian bisa diakses kapanpun, di manapun dan di media apapun yang penggunanya gunakan.
Lalu apa hubungannya social media bookmarking dengan SEO?.
Teknik ini sering digunakan terutama ketika web content writer menanamkan sebuah link yang mengarah ke website mereka saat menjadi guest writer dari website lain (backlink).
Nah, konten website yang menjadi tujuan link tersebut akan mengalami peningkatan traffic sesuai dengan peningkatan jumlah traffic yang berasal dari situs social bookmark tersebut. Konten website yang menjadi tujuan link itu juga akan ikut divalidasi oleh mesin crawler Google.
Jika konten pemberi link tersebut memiliki kualitas yang bagus, maka besar kemungkinan konten yang dijadikan tujuan link juga mudah terindeks oleh mesin Google.
Apa Manfaat Social Bookmarking untuk SEO Marketing?
Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menerapkan teknik yang satu ini. 5 di antaranya adalah;
- Konten akan lebih mudah untuk terindeks.
- Domain authority atau kredibilitas website akan meningkat. Terlebih lagi jika website yang menjadi tujuan dari link tersebut memiliki nilai relevansi yang tinggi dengan konten pada situs social media bookmarking.
- Meningkatkan traffic website. Ya, pembaca pastinya akan penasaran tentang dari mana informasi sebuah konten berasal. Terlebih lagi jika Anda menggunakan teknik “Selengkapnya di sini”.
- Meningkatkan reputasi website Anda di mata pembaca. Ya, manfaat ini bisa Anda rasakan terlebih konten yang menjadi rujukan memberikan informasi yang detail dan juga menarik.
- Meningkatkan brand awareness pada website bisnis Anda.
Contoh-Contoh Social Bookmarking
Ada banyak contoh social media bookmarking yang bisa Anda manfaatkan. Dimulai dari;
- Twitter.
- Pinterest.
- Facebook.
- LinkedIn.
- Medium.
- Kaskus.
- dan website UGC (User Generated Content) lainnya.
Namun, kebanyakan dari social media bookmarking ini menyediakan aturan nilai link default nofollow. Untuk itu Anda bisa belajar bagaimana caranya membangun link building yang baik dengan owner website tertentu.
Baca Juga: Cara Membangun Backlink yang Baik
Pastikan bahwa website yang ingin ditanamkan link website Anda, memiliki nilai DA PA yang tinggi dan juga memiliki niche yang relevan.
Strategi Social Bookmarking Terbaik
1. Memprioritas platform yang Memberikan Anda Link Dofollow
Di dalam optimasi SEO, setiap link memiliki dua nilai yakni dofollow dan nofollow.
Link yang memiliki nilai dofollow menjadi jenis link yang dicari-cari karena konten yang menjadi tujuan dari link bertipe ini juga akan ikut divalidasi oleh Crawler Google. Tentunya ini akan sangat menguntungkan terlebih konten pemberi link memiliki kualitas yang sangat baik.
Hal inilah yang tidak akan didapatkan pada link dengan nilai nofollow. di mana link yang diberikan hanya akan membantu Anda untuk meningkatkan traffic website saja.
Tapi ingat!, berhati-hati dengan link bernilai dofollow, karena jika konten pemberi link nya jelek, konten yang menjadi tujuan link nya juga akan ikut menjadi jelek di mata Google (Toxic Backlink).
2. Sesuaikan dengan Kategori
Selanjutnya dalam menyesuaikan kategori atau niche website Anda. Semakin sesuai maka semakin baik.
3. Jangan Membuat Artikel yang Sama dengan Artikel di Website Anda
Berikutnya adalah dengan tidak membuat artikel yang sama di situs social media bookmarking dengan konten artikel di website Anda. Google tidak menyukai kegiatan duplikat konten, oleh sebab itu buatlah konten artikel yang bertindak sebagai pemberi link seunik mungkin.
Baca Juga: Strategi Sederhana Namun Efektif untuk Podcast Marketing
Inilah penjelasan detail tentang apa itu social bookmarking.
Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Terpercaya, hubungi Creativism.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Apa itu Social Bookmarking? […]
[…] pertama dalam menggunakan teknik Social Bookmarking adalah memilih platform yang tepat. Pilihlah platform yang paling sesuai dengan produk atau layanan […]
[…] Baca Juga: Cara Melakukan Social Bookmarking […]