Cara Meningkatkan DA PA Website – DA PA adalah kependekan dari domain authority dan juga page authority. Keduanya adalah skor yang diciptakan oleh Moz untuk menggambarkan performa kekuatan website. Domain authority menggambarkan kekuatan performa website dari sisi domain, sedangkan paga authority dari sisi halaman website.
Meskipun skor yang diciptakan oleh Moz ini bukanlah skor resmi yang digunakan oleh Google, tetapi dengan meningkatkan keduanya, dapat membantu Anda lebih mudah mendapatkan lebih banyak backlinks berkualitas.
Anda bisa membaca lebih lengkap tentang apa itu DA PA website pada artikel ini di bawah ini;
Baca Juga: Apa itu Domain Authority dan Page Auhority?
Lalu bagaimana caranya agar Anda dapat meningkatkan DA PA di website bisnis Anda?. MinTiv akan membahasnya lengkap di dalam artikel ini..
Di sini MinTiv akan membagikan 7 tips untuk Anda dapat meningkatkan DA PA website. Penasaran apa saja?. Simak baik-baik artikel ini ya.
7 Cara Meningkatkan DA PA Website
1. Mengikuti Panduan On Page SEO
Yang pertama dengan mengikuti semua panduan On Page SEO. On Page SEO sendiri adalah teknik optimasi SEO yang semua kegiatannya dilakukan di atas website. Ada banyak yang bisa Anda lakukan di dalam optimasi On Page SEO. Rata-rata hampir semua langkah yang berkaitan dengan On Page SEO, berkaitan langsung dengan konten artikel.
Anda bisa membaca ulang tulisan MinTiv pada artikel sebelumnya yang membahas panduan on page SEO secara lengkap pada link di bawah ini;
Baca Juga: Panduan On Page SEO Terlengkap dan Terbaru
2. Mengoptimalkan Off-Page SEO
Kedua adalah dengan mengoptimalkan Off-Page SEO. Bila sebelumnya, On Page SEO adalah langkah optimasi SEO yang semua proses dilakukan di atas website, maka Off Page SEO dilakukan tidak pada website langsung atau di luar website.
Salah satu contohnya adalah dengan menerapkan backlink. Namun perlu diingat, bahwa Off-Page SEO bukan hanya sekedar backlink. Anda bisa membaca tentang panduan Off-Page SEO secara lengkap pada link artikel di bawah ini;
Baca Juga: Panduan Off Page SEO Terlengkap dan Terbaru
3. Melakukan Technical SEO
Ketiga adalah dengan melakukan technical SEO. Sebuah teknik SEO dari aspek teknis sebuah fungsi di dalam website. Contoh dari technical SEO adalah dengan memastikan website mudah diterjemahkan oleh mesin crawling. Caranya dengan memastikan bahwa website bisnis memiliki sitemap XML dan juga sitemap HTML.
Pengaturan SSL (Secure Socket Layer), HTTPs, pengaturan indexing, rendering content, website architecture, Hreflang dan lain-lain. Tepat seperti yang dituliskan oleh Backlinko.
4. Menggunakan Local SEO
Selanjutnya adalah dengan menerapkan Local SEO. Sebuah metode SEO untuk menampilkan bisnis pada pencarian lokal. Hasil riset menunjukkan bahwa sekitar 46% pengguna Google melakukan pencarian lokal, dan 29% di antaranya berujung pada pembelian atau konversi.
Untuk dapat menjalankan local SEO ini, Anda bisa memaksimalkan penggunaan Google My Business. Lengkapi profil bisnis yang ada untuk menambah kredibilitas website Anda.
Selain Google My Business juga terdapat berbagai faktor lain yang mempengaruhi Local SEO, seperti;
- Link Signals– dipengaruhi oleh anchor text, domain authority, dan kuantitas domain.
- Review Signals – jumlah review dan keberagaman review.
- On-page Signals– penggunaan NAP dan keyword.
- Citation Signals – konsistensi NAP di berbagai platform
5. Riset Keyword yang Mendalam
Kelima adalah dengan melakukan riset keyword yang mendalam. Untuk yang satu ini bisa Anda lakukan dengan mudah, terlebih jika Anda sudah memahami dengan baik apa itu search intent. Beruntung bagi Anda, karena MinTiv sudah menuliskan bagaimana cara melakukan riset keyword untuk website agar bisa tembus di halaman 1 Google.
Anda bisa membaca tipsnya pada artikel di bawah ini;
Baca Juga: 6 Cara Mudah Riset Keyword Agar Tembus Halaman 1 Google
6. Meningkatkan Kecepatan Akses Website
Keenam adalah dengan meningkatkan kecepatan akses website. Anda bisa mengecek seberapa cepat akses fitur dan fungsi website Anda melalui GTmetrix.
Di dalam GTmetrix sendiri terdapat 2 poin besar yang harus Anda ketahui. 2 poin besar tersebut adalah GTmetrix Grade, dan juga Web Vitals.
GTmetrix Grade
Analisis GTmetrix Grade sendiri menggunakan Overall Score, yang nilai tertingginya dimulai dari A, B, C dan seterusnya. Begitu juga dengan performance & structure yang diwakili dengan nilai persentase. Semakin tinggi nilai persentase yang didapatkan maka semakin bagus website tersebut.
Web Vitals
Bagian kedua dari analisis performa website menggunakan GTMetrix adalah Web Vitals. Digunakan untuk menghitung seberapa lama waktu loading website Anda. Terdapat 3 bagian penting dalam analisis ini yakni, LCP, TBT, dan CLS.
LCP – Large Contentful Paint, adalah waktu loading yang diperlukan oleh website untuk menampilkan konten dengan ukuran file terbesar pada pengunjung website. Maksimal waktu kecepatan akses yang disarankan adalah 1.2 – 3 detik.
TBT – Total Blocking Time, waktu loading yang diperlukan website untuk mengakses semua fungsi yang ada di dalamnya. Standar dari GTMetriks adalah 150ms.
CLS – Content Layout Shift, waktu yang diperlukan untuk website melakukan perubahan layout halaman saat loading sampai benar-benar utuh. Standar maksimalnya adalah 0.1
7. Social Signals
Yang terakhir adalah dengan melakukan social signals. Gampangnya, ini adalah cara untuk mendatangkan traffic dari konten sosial media. Anda bisa menggunakan Instagram Marketing atau bahkan dengan menjalankan PPC menggunakan Facebook Ads.
Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Peringkat Website di Google
Inilah 7 cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan DA PA website. Apabila Anda ingin mendapatkan Jasa SEO Terbaik, yang memudahkan Anda untuk meningkatkan DA PA, hubungi Creativism.id.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.
[…] bahwa Anda mendapatkan backlink dari website yang memang memiliki DA & PA yang tinggi. Tidak hanya itu, pastikan juga bahwa niche website backlink yang Anda pilih benar-benar […]
[…] bahwa website yang ingin ditanamkan link website Anda, memiliki nilai DA PA yang tinggi dan juga memiliki niche yang […]
[…] Baca Juga: Cara Meningkatkan DA PA Website […]
[…] Baca Juga: Cara Meningkatkan DA PA Website […]