Apa itu Podcast Marketing – Jika kita berbicara tentang marketing channel kekinian, maka kita akan temukan banyak ragamnya. Salah satu yang paling banyak digandrungi saat ini adalah podcast marketing. Sebuah teknik pemasaran yang memanfaatkan kekuatan audio dari 1 orang atau percakapan dua orang ahli atau lebih dalam suatu bahasan tertentu.Â
Ya, pada mulanya podcast hanya mengandalkan sisi audio saja tanpa harus memperlihatkan visual sama sekali. Namun seiring berjalannya waktu, kita akan temukan banyak konten podcast yang dilengkapi dengan visual pembicara. Meskipun sudah jauh dari makna sebelumnya, nyatanya “podcast model baru” ini sukses menyita perhatian pengguna internet.
Baca Juga: Rekomendasi Font Keren untuk Logo Bisnis, Bisa untuk Logo Podcast
Demam bikin konten podcast pun merambah di mana-mana, dan bahkan banyak artis-artis tanah air yang sekarang fokus mengembangkan konten podcastnya. Terutama di dalam konten Youtube mereka, sebut saja;
- Deddy Corbuzier (Deddy Corbuzier)
- Vincent Desta (VINDES)
- Pras Teguh (HAS Creative)
- Ayu Ting Ting (Qiss You TV)
- Denny Sumargo (Curhat Bang Denny Sumargo)
- Attta Halilintar (Need A Talk)
- Gritte Agatha (GA)
- dan lain-lain.
Meskipun agak mirip dengan acara TalkShow yang biasanya muncul di televisi, perkembangan podcast sekarang ini memiliki dua perbedaan yang mencolok. 2 perbedaan itu adalah media yang digunakan yakni YouTube, dan topik yang diangkat di podcast bukanlah topik pembicaraan umum di Televisi, alias lebih bebas.
Tidak hanya artis tapi banyak pebisnis-pebisnis tanah air yang juga ikut serta meramaikan pasar podcast marketing ini. Bukan tanpa sebab podcast marketing ini langsung menjadi salah satu marketing channel terfavorit saat ini.
Data dari Global Web Index (GWI) mengatakan bahwa Indonesia adalah negara terbesar pendengar podcast kedua di dunia per kuartal III 2021. 35,6% pengguna internet berumur 16-62 adalah pendengar podcast.
Lantas bagaimana caranya agar kita dapat memanfaatkan marketing channel yang satu ini?.
Apa itu Podcast Marketing
Sebelum mempelajari strategi yang tepat untuk podcast marketing ini, ada baiknya Anda tahu dulu pengertiannya.Â
Podcast marketing adalah strategi pemasaran memanfaatkan audio sebagai distribusi utama informasi konten. Mengikuti perkembangan zaman, kita juga dapat menambahkan sisi visual ke dalam podcast, meskipun tetap saja, poin utamanya adalah audio atau topik pembicaraan.
Baca Juga: Apa Saja Algoritma Terbaru Instagram
Pengertian ini MinTiv dapatkan dari hasil pemaknaan definisi podcast marketing dari Quill. Quill sendiri menyatakan bahwa podcast marketing adalah strategi marketing yang bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan awareness serta jumlah audiens sebuah podcast.
Podcast marketing sendiri memiliki banyak kelebihan, yang 3 di antaranya adalah;
- Bisa didengarkan kapan saja dan di mana saja.
- Tema atau topik pembicaraan yang lebih beragam dan juga tidak kaku.
- Pembicaraan tidak terpotong dengan adanya siaran iklan.
Manfaat Menjalankan Podcast Marketing
Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari dijalankannya strategi marketing channel yang satu ini. 4 di antaranya menurut bCast, adalah;
1. Meningkatkan brand awareness
Sama seperti manfaat marketing channel pada umumnya, podcast marketing juga dapat diandalkan untuk tingkatkan brand awareness. Apalagi melihat perkembangan audiens podcast dari Global Web Index sebelumnya.
2. Membangun Citra dan Koneksi yang Baik dengan Penonton
Manfaat yang berikutnya adalah membangun hubungan dan juga loyalitas audiens Anda. Anda bisa membangun citra yang baik di mata audiens sebagai orang yang berpengalaman pada topik pembicaraan tertentu.
Apabila Anda sudah mendapatkan feedback yang cukup, semisal komentar positif di kolom komentar Anda, maka Anda bisa memasarkan produk-produk berkaitan dengan topik pembicaraan di sela-sela podcast berlangsung.Â
3. Meningkatkan Konversi
Selanjutnya adalah meningkatkan konversi. Ini adalah efek domino dari manfaat sebelumnya.
4. Mampu Meningkatkan Traffic Bisnis
Terakhir adalah mampu meningkatkan traffic bisnis. Peluang Anda untuk mendapatkan program kerjasama dari brand atau B2B akan meningkat. Dengan catatan konten podcast Anda memang menarik.
Lalu bagaimana sih agar manfaat-manfaat podcast marketing ini benar-benar Anda rasakan?. Jawabannya adalah Anda butuh strategi podcast marketing yang matang.
Strategi Podcast Marketing yang Bisa Dijadikan Referensi
1. Kuasai Materi Terlebih Dahulu
Yang pertama adalah dengan menguasai materi podcast terlebih dahulu.
Lakukan riset yang mendalam tentang bahasan yang ingin Anda angkat sebagai topik pembicaraan.
Anda tidak bisa serta merta mengandalkan pengetahuan umum semata, karena pendengar podcast Anda akan merasa bosan. Mereka merasa bahwa tidak ada insight baru yang bisa digali karena pembicaraan Anda jika hanya berkutat pada hal-hal umum saja.
Semisal jika Anda ingin membahas tentang bisnis, maka topik tentang Bisnis Apa yang Bakal Tren di 2023, Bisnis Apa yang Bakal Mati di 2023, dan sejenisnya akan jauh lebih menarik. Ketimbang topik Apa itu Bisnis, Pebisnis yang Baik itu Seperti Apa dan lain-lain.
2. Undang Pembicara yang Relevan
Kedua adalah dengan mengundang pembicara yang relevan.
Meskipun kita dapat menjalankan podcast model solo atau satu arah, nyatanya podcast interview lebih banyak disukai oleh banyak orang. Oleh sebab itu penting bagi Anda untuk mengundang pembicara yang relevan atau bahkan ahli sesuai dengan topik pembicaraan.
Jika Anda ingin membahas tentang kesehatan anak, maka Anda bisa mengundang seorang pediatric atau neonatologi. Atau alternatif yang lebih bersahabat adalah mengundang Ibu-Ibu yang sudah berpengalaman, atau bahkan yang baru menjadi Ibu.
3. Thumbnail yang Menarik, Sedikit Clickbait Juga Boleh
Ketiga adalah dengan menggunakan thumbnail yang menarik.
Bahkan banyak dari content creator yang memilih untuk jalankan podcast menggunakan thumbnail dengan sedikit gimmick atau judul yang sedikit clickbait. Salah satu yang podcaster yang sukses menggunakan teknik ini adalah Deddy Corbuzier.Â
4. Tampilkan Cuplikan Obrolan Menarik di Awal/Intro
Keempat adalah dengan menampilkan sedikit cuplikan obrolan menarik di awal.
Ya, daripada langsung membuka podcast dengan kata sapaan “Hai kembali lagi bersama saya di Podcast bla-bla”, ada baiknya Anda mengganti strategi intro tersebut dengan cara yang berbeda. Semisal memberikan sedikit cuplikan obrolan menarik di intro.
Contohnya jika Anda membuat konten tentang perkembangan bisnis tahun 2023 bersama pembicara ahli. Dan di dalam konten yang sudah selesai dibuat terdapat pertanyaan “Menurutmu, 5 bisnis apa yang bakal tren di 2023, dan Why?”. Nah scene pertanyaan inilah yang bisa Anda tampilkan sebagai opsi dari intro Anda.
5. Stealth Marketing
Selanjutnya adalah dengan menjalankan strategi stealth marketing.
Contohnya adalah dengan meletakkan brand tertentu semisal produk minuman Anda pada posisi yang mudah terlihat oleh audiens Anda (podcast di YouTube).
6. Pelajari SEO YouTube
Terakhir adalah dengan mempelajari SEO YouTube.Â
Perhatikan penggunaan keyword utama yang Anda gunakan di dalam judul, deskripsi, thumbnail dan juga transkip. Pastikan bahwa keyword yang Anda gunakan memiliki visibilitas yang cukup pada 4 bagian tersebut.
Baca Juga: Cara Riset Keyword dengan Google Keyword Planner
Ya, 6 strategi di atas yang MinTiv berikan memang bersifat teknis dan MinTiv rasa itulah insight strategi yang sebenarnya dibutuhkan oleh pebisnis jika ingin jalankan podcast marketing.Â
Sebagai tambahan, Anda bisa melakukan promosi pada media sosial lain seperti memotong sedikit cuplikan podcast pada Reels Instagram ataupun VT (Video TikTok). Lakukan promosi pada komunitas yang relevan. Menjadi tamu di podcast lain juga patut dicoba.Â
Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu podcast marketing.Â
Pesan Sekarang: Jasa Konten Sosial Media Terbaik
Apabila Anda membutuhkan partner bisnis yang tepat untuk keperluan content marketing Anda, hubungi Creativism. Atau jika Anda ingin mengundang MinTiv sebagai pembicara di konten podcast bertemakan bisnis digital marketing, MinTiv sangat bersedia :D.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Strategi Sederhana Namun Efektif untuk Podcast Marketing […]
Saya punya podcast juga tapi mandek nggak ngelanjutin lagi..kayak bingung gitu mau ngelanjutin..sama nggak pede ajaa
Terima kasih telah berkunjung ke Blog MinTiv
Untuk masalah itu bisa gunakan cara lain seperti konten tidak menampakkan wajah..
MinTiv telah membuat artikel tentang 9 Ide Konten Tanpa Muka yang keren di blog ini. Silahkan dicari melaui fitur search yang ada di website 🙂
Meskipun pakai visual juga tapi namanya tetap podcast ya. Baru tahu saya kalo ada podcast kaya gitu. Emang seru sih dengerin podcast.
Terima kasih telah berkunjung ke Blog MinTiv.
Ya definisi daripada podcast dengan praktiknya sekarang memang sudah agak berbeda. Terlebih lagi memang penggagas podcast dengan visual adalah orang yang punya pengaruh besar. Bisa dikatakan Deddy Corbuzier adalah salah satu contoh sukses penggagas ide ini..
Bisa dibilang youtobe yang jadi podcast gak sih? Soalnya acaranya di youtobe tapi juga bisa didengarkan di podcast. Kalau aku sendiri lebih suka yg visual sih, bisa lihat gestur tubuh yang bicara, hehe.
Terima kasih telah berkunjung ke Blog MinTiv.
Ya, benar, YouTube jadi salah satu medianya. Fakta bahwa sistem monetisasi YouTube stabil dan menguntungkan, jadi alasan utama banyak kreator konten fokus jalankan strategi ini di kanal YouTube mereka.
Saya suka dengar podcast sembari mengerjakan tulisan … haha .. kebiasaan multitasking. Saya bukannya dengan musik tapi sembari mendengar percakapan sembari nulis.
Terima kasih telah berkunjung ke Blog MinTiv.
Mendengarkan podcast itu asik ya 😀
Aku sudah mulai bikin podcast seruuu sihh jadi spt wawancara santai gitu ngobrol seruuu…
Terima kasih telah berkunjung ke Blog MinTiv.
Semangat, semoga strategi di atas bisa menambah referensi
Seneng aja denger atau nonton konten Podcast di Youtube jadi banyak tau ttg cerita yg terbaru, tapi klo buat konten Podcast sendiri masih belum pede hehe
Terima kasih telah berkunjung ke Blog MinTiv.
MinTiv telah membuat artikel tentang 9 Ide Konten Tanpa Muka yang keren di blog ini. Silahkan dicari melaui fitur search yang ada di website. Solusi banget untuk kreator konten yang ingin tetap ngonten tanpa harus memperlihat muka sama sekali..🙂
Pernah mencoba untuk membuat podcast, ternyat abutuh effort juga, jadinya harus menyerah. Semoga di lin kesempatan bisa ikutan eksis di podcast
Terima kasih telah berkunjung ke Blog MinTiv.
Yaps, terutama untuk bagian editing audio yang jadi poin penting strategi marketing ini. Tapi dengan niat dan rencana yang matang, pasti bisa 🙂