Faktor Ranking Website.- SEO adalah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman hasil pencarian search engine. Ilmu ini difokuskan pada keyword tertentu yang ditargetkan. Dalam prosesnya, ada banyak hal penting yang mesti Anda pelajari. Dimulai dari 4 metode SEO penting yakni Local SEO, Technical SEO, On Page SEO, dan Off Page SEO.
Belum lagi, Anda diharuskan untuk memahami tren konten dan algoritma terbaru dari Google. Tentu saja semua ini bisa Anda lewati secara perlahan, apabila Anda telah menemukan roadmap yang pas. Nah, untuk membantu Anda menemukan roadmap SEO yang pas, MinTiv akan menjelaskan 9 faktor ranking website.
Mengapa?
Mempelajari 9 faktor ranking website ini, akan membantu Anda untuk menentukan strategi SEO terbaik, termasuk dalam proses mempelajari SEO. Dan penjelasan mengenai faktor ranking web ini, akan MinTiv mulai dari search intent terlebih dahulu. Salah satu materi roadmap belajar SEO yang paling awal.
9 Faktor Ranking Website
1. Search Intent
Search intent adalah tujuan sebenarnya pengguna search engine ketika mengetikan kata kunci tertentu. Setiap pengguna search engine pastinya memiliki search intent yang berbeda-beda. Menyesuaikan kata kunci yang mereka berikan. Search intent sendiri terdiri dari 4 jenis, yakni;
- Commercial.
- Informational.
- Navigational.
- Transactional.
Anda bisa membaca lebih lengkap tentang apa itu search intent, melalui link artikel di bawah ini;
Baca Juga: Apa itu Search Intent, Jenis-Jenisnya dan Apa Saja Contohnya?
2. Konten
Faktor ranking website yang kedua adalah konten. Tentu saja konten yang dapat memberikan manfaat besar untuk perkembangan website adalah konten yang berkualitas. Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa membuat konten yang berkualitas?.
Konten yang berkualitas adalah konten yang memiliki tingkat relevansi yang tinggi terhadap search intent. Selain relevan dengan search intent, konten tersebut juga harus dapat memuat 4 poin penting yakni Experience, Expertise, Authority dan Trust. Ya, sesuai dengan algoritma E-E-A-T.
Baca Juga: Cara Membuat Konten yang Berkualitas di Website
Tentunya Anda harus dapat membuat konten yang berkualitas ini secara konsisten di website. Buatlah jadwal produksi konten tersendiri. Agar lebih mudah, kelompokkan konten tersebut menjadi beberapa topic cluster.
3. Backlink
Berikutnya adalah backlink. Backlink adalah link yang berada di website atau platform berbeda, yang mengarahkan pengunjungnya ke dalam website utama Anda. Backlink menjadi salah satu faktor daripada ranking website, dikarenakan perannya yang mampu meningkatkan authority website.
Peluang untuk mendapatkan traffic berlimpah berjenis redirect pun terbuka lebar. Adapun backlink yang berkualitas bisa Anda dapatkan dari website yang memiliki;
- Niche relevan dengan website utama Anda.
- Memiliki DA PA yang tinggi.
- Memiliki search traffic yang cukup
- Rekam jejak domain website yang jauh dari hal-hal negatif.
4. Site Speed
Faktor ranking website berikutnya adalah site speed. Ya, kecepatan website menjadi salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi performa website. Faktor yang satu ini berkaitan erat dengan user experience. Apabila site speed rendah, maka itu akan meninggalkan pengalaman yang buruk untuk pengunjung.
Baca Juga: Cara Meningkatkan Kecepatan Akses Website
5. Target Keyword yang Optimal
Selanjutnya adalah target keyword yang optimal. Ada banyak jenis keyword yang bisa Anda maksimalkan pada website. Pada umumnya, pebisnis lebih memilih untuk menghindari persaingan yang sengit di short-tail keyword. Mereka lebih memilih untuk bersaing di persaingan keyword yang cukup rendah atau bahkan rendah di long-tail keyword.
Untuk dapat mengoptimalkan keyword tertentu di dalam konten website. Anda harus dapat menyematkannya se-relevan mungkin di bagian-bagian penting seperti;
- Title tag
- Heading 2, Heading 3
- Meta description
- Image alt text.
- Anchor text/URL.
6. Mobile Friendliness
Berikutnya adalah mobile friendliness. Hampir sama dengan site speed, ini adalah salah satu faktor ranking website yang berhubungan langsung dengan user experience. Di mana website yang mampu diakses di mobile dan tampil dengan performa cukup baik, akan dinilai memiliki tingkat aksesibilitas dan fleksibilitas tinggi oleh Google.
Terlebih lagi kebanyakan dari pengunjung website adalah mereka yang berasal dari platform mobile. Google juga telah memprioritaskan mobile first-indexing di tahun 2020.
7. Keamanan Website
Lagi-lagi, ini adalah faktor ranking website yang memiliki pengaruh besar pada user experience. Website yang memiliki sertifikat SSL sendiri, telah dikonfirmasi oleh Google akan mendapatkan prioritas yang lebih.
Hal ini wajar, mengingat Google ingin menjaga pengalaman usernya dari mengunjungi website-website yang berbahaya.
8. Struktur Website yang Baik
Menjelang akhir, ada struktur website yang baik. Struktur website yang baik sendiri, dapat kita pahami dengan mudah, apabila tidak membingungkan pengunjung. Selain itu, struktur website yang baik, adalah struktur website memudahkan proses crawling dan indexing.
Untuk itu Anda harus dapat mengoptimalkan penggunaan schema markup dan juga robots.txt. Apabila Anda menjalankan website berjenis online shop atau e-commerce, maka penggunaan breadcrumbs akan sangat krusial.
9. On Page Experience
Terakhir, adalah On Page Experience. Kita dapat mengukur On Page Experience yang baik pada website melalui beberapa metrik penting. Seperti dwell time, bounce rate, CTR, Page Views dan lain-lain.
- Dwell time adalah lama waktu yang digunakan oleh pengunjung selama berada di dalam website, dan beralih ke halaman lain di website yang sama.
- Bounce rate adalah lama waktu yang digunakan oleh pengunjung selama berada di dalam website, sebelum kembali ke SERP, atau website yang lain.
- CTR adalah ukuran rasio antara jumlah klik yang dibagi dengan jumlah impresi.
- Page Views adalah jumlah pengunjung halaman website tertentu.
Inilah penjelasan lengkap mengenai 9 faktor ranking website.
Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Website Terbaik lengkap dengan layanan backlinknya, hubungi segera Creativism.id.
Baca Juga: Apa itu Google Hummingbird?
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: 9 Faktor yang Mempengaruhi SEO Website […]
[…] Baca Juga: Faktor Faktor Ranking Konten di Google […]
[…] Baca Juga: Faktor Faktor Ranking Website di Google […]