Cara Membuat Konten Berkualitas – Website marketing adalah salah satu jenis channel marketing yang banyak dipilih oleh pebisnis. Hal ini wajar mengingat website menjadi media yang ampuh untuk kita bisa melakukan transfer brand knowledge dengan mudah. Kita bisa memuat banyak informasi bisnis di dalamnya dalam berbagai bentuk visualisasi data. Tentu saja visualisasi data yang dilakukan tersebut dapat dilakukan melibatkan berbagai elemen multimedia.
Dimulai dari teks, audio, gambar, animasi, dan juga video. Elemen-elemen multimedia tersebut kemudian dimuat menjadi 1 konten yang mampu menarik perhatian pengunjung website. Ada banyak jenis konten yang dapat kita buat di website. Dimulai dari membuat konten artikel, membuat landing page, halaman produk, dan lain-lain.
Setiap konten yang Anda kreasikan tersebut, pastinya harus memiliki nilai kualitas yang tinggi. Lalu bagaimana kita dapat mengetahui sebuah konten memiliki nilai kualitas yang tinggi atau tidak?. Jawabannya sederhana, sebuah konten website dapat dikatakan berkualitas atau tidak apabila konten tersebut dapat bermanfaat untuk target audience dalam proses memahami brand Anda.
Apabila dengan konten tersebut target audience jadi lebih mudah memahami brand Anda. Maka proses transaksi atau proses target audience melewati marketing funnel yang telah Anda rancang sebelumnya, jadi lebih mudah. Selain itu, sebuah konten terkhusus konten website dapat dikatakan berkualitas apabila konten tersebut dapat muncul atau terindeks di search engine. Menempati urutan teratas halaman hasil pencarian sesuai dengan keyword yang ditargetkan.
Setelah mengetahui seperti apa konten berkualitas itu untuk website, Anda pastinya juga bertanya-tanya tentang bagaimana cara membuat konten berkualitas. Beruntung, karena di dalam artikel ini MinTiv akan menerangkannya kepada Anda secara lengkap.
Tips ini MinTiv dapatkan dari keterangan yang ada di Blog Yoast SEO. Salah satu plugin SEO powerful untuk WordPress. Penasaran bagaimana penjelasan lengkapnya?. Simak baik-baik artikel ini ya!.
Cara Membuat Konten Berkualitas untuk Website
1. Tuliskan Konten untuk Target Audience Anda
Sederhana bukan?. Meskipun sederhana, tidak semua pebisnis terutama yang memilih web marketing memahaminya. Kebanyakan dari mereka justru lebih suka menuliskan konten dengan tata bahasa yang hanya dapat dimengerti oleh mereka saja. Ini jelas adalah kesalahan yang fatal.
Tata bahasa yang rumit malah menunjukan Anda tidak terlalu peduli dengan target audience Anda. Ini akan menjadi penghambat di mana target audience merasa terkucilkan dan tidak menjadi prioritas dari bisnis Anda. Belum lagi fakta bahwa rata-rata target audience malas untuk memahami sebuah informasi. Untuk itu Anda perlu meracik sebuah konten dengan tata bahasa yang ringan dan mudah dipahami. Terpenting adalah membuatnya menjadi semenarik mungkin.
2. Menarik
Kedua adalah dengan membuatnya menjadi begitu menarik. Di sini Anda bisa menempatkan banyak kalimat bernada persuasif. Kombinasikan beberapa teknik copywriting yang Anda ketahui. Dimulai dari yang sederhana seperti AIDA, lalu kepada teknik copywriting lain yang lebih rumit tetapi masih dengan tata bahasa yang mudah dimengerti.
Pikirkan struktur konten dengan baik, Apabila Anda menggunakan banyak teks atau paragraf di dalamnya, maka itu akan membuat pengunjung jadi malas membacanya. Jabarkan informasi brand tersebut dalam poin-poin penting dengan sedikit deskripsi yang menyertainya.
Teknik seperti ini sangat penting untuk Anda pelajari terlebih jika jenis konten website yang Anda produksi tersebut adalah halaman produk atau landing page.
3. Pelajari Search Intent Keyword yang Ditargetkan
Tips atau cara membuat konten berkualitas di website berikutnya adalah dengan mempelajari search intent keyword. Search intent sendiri adalah tujuan seseorang ketika mengetikan kata kunci tertentu di search engine. Semisal Anda menuliskan kata kunci pencarian Jasa Video TikTok, maka tujuan atau maksud pencarian Anda berdasarkan kata kunci tersebut adalah komersial.
Anda ingin mendapatkan informasi tentang di manakah Anda bisa mendapatkan layanan Jasa Video TikTok tersebut. Lengkap dengan informasi-informasi komersial lainnya seperti fitur layanan yang ditawarkan, harga investasi, dan juga S&K yang berlaku.
Search intent sendiri terdiri dari 4 jenis, yakni komersial, transaksional, informasi, dan juga navigasi. Anda bisa membaca lebih lengkap tentang search intent lebih lengkap, melalui link artikel di bawah ini;
Baca Juga: Apa itu Search Intent, Jenis-Jenisnya, dan Cara Mengoptimalkannya!
4. Memuat Poin Kepercayaan atau Social Proof
Tak bisa dipungkiri bahwa salah satu alasan terbesar calon pelanggan berubah menjadi pelanggan adalah mereka yang melihat adanya bukti bahwa brand Anda, worth it. Tentu saja Anda bisa memanfaatkan hal ini dengan memuat cukup banyak testimoni positif dari pelanggan sebelumnya.
Ini akan jadi social proof. Muatlah testimoni positif dari pelanggan sebelumnya secara natural sebagai bagian dari konten website. Selain dengan memuat testimoni positif, Anda juga dapat menggunakan foto produk asli, atau foto saat kegiatan layanan jasa Anda berlangsung.
5. Konten yang Selalu Di-Up To Date
Terakhir, adalah konten yang selalu di up to date. Ya, website marketing adalah salah satu jenis channel marketing, yang menuntut penggunanya untuk selalu aktif berikan pembaruan. Adanya gerakan pembaruan ini jelas akan meningkatkan kualitas konten Anda dari hari ke hari.
Website yang terus up to date akan mendapatkan brand perception positif dari pengunjung website yang ada. Perlahan tingkat kepercayaan pun akan meningkat.
Sebagai tambahan, pelajari juga metrik-metrik penting dalam website marketing. Inilah penjelasan lengkap tentang cara membuat konten berkualitas di website.
Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa Kelola Website Berkualitas Lengkap, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Cara Menghitung Conversion Rate di Website
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Cara Membuat Konten Website yang Berkualitas […]