Apa itu Content Placement – SEO adalah kependekan dari search engine optimization. Sebuah ilmu untuk optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman hasil pencarian search engine, melalui keyword tertentu yang ditargetkan. Ilmu ini sendiri terdiri dari 4 jenis teknik penerapan. 4 jenis teknik penerapan tersebut adalah On Page SEO, Off Page SEO, Technical SEO dan juga Local SEO.
Di dalam artikel ini, kita hanya akan fokus untuk membahas Off Page SEO saja. Off Page SEO sendiri adalah teknik optimasi website yang seluruh langkah-langkahnya sama dengan On Page SEO, tetapi dilakukan di luar website utama atau website alternatif. Website alternatif tersebut kemudian memberikan tautan balik kepada pengunjung di dalamnya yang mengarah kepada website utama Anda.
Di dalam Off Page SEO ini, kita bisa melakukan beberapa teknik. Dimulai dari backlink, blogwalking, guest post, brand mention, dan juga content placement. Di sini, kita akan fokus pada bagian content placement. Teruntuk Anda yang berprofesi sebagai blogger, pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah content placement bukan?.
Ya, bisa dibilang bahwa content placement adalah salah satu cara ampuh untuk Anda bisa mendapatkan lebih banyak referral traffic dari kegiatan link building. Referral traffic sendiri adalah jenis traffic yang didapatkan bukan dari hasil search engine, tetapi dari tautan balik di website lain atau media sosial.
Content placement sendiri menjadi salah satu bentuk monetisasi yang jadi andalan untuk para blogger. Lantas, apa itu content placement?. Mengapa strategi ini begitu ampuh untuk membantu website meningkatkan jumlah total trafficnya?.
Untuk Anda yang penasaran dengan jawaban pertanyaan di atas, silahkan simak baik-baik artikel di bawah ini ya!.
Apa itu Content Placement?
Sesuai dengan namanya, content placement adalah strategi untuk dapat menempatkan konten Anda di dalam website alternatif. Adapun konten yang dimaksud tersebut dapat berbentuk artikel, gambar, video dan lain-lain. Tujuan daripada content placement adalah untuk memperluas jangkauan audiens bisnis.
Biasanya website yang diminta untuk bekerja sama adalah website yang memiliki niche yang sejenis atau relevan. Ini tentunya akan menjadikan strategi perluasan audiens marketing jadi tetap tepat sasaran. Adapun cara kerja daripada strategi ini adalah mitra atau partner yang Anda minta untuk menyebarkan luaskan konten, cukup sediakan media website saja.
Mitra atau partner yang diminta tidak harus capai membuat konten brand Anda tersendiri. Yang mereka lakukan hanyalah memuat konten yang telah Anda kreasikan, baik itu gambar, video ataupun ke artikel ke dalam bagian strategis yang mudah terlihat pengunjung. Bisa di bagian sidebar website, header, body, atau bahkan footer.
Terkhusus untuk artikel, biasanya pebisnis akan meminta kepada partnernya untuk dapat menuliskan ulang (tapi tidak 100%) agar tidak terindikasi plagiasi. Cara seperti ini perlu dilakukan mengingat Google sangat memegang teguh nilai orisinalitas.
Manfaat Content Placement untuk Website
Sumber: Slideplayer.com
Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari content placement ini. Terlebih lagi untuk perkembangan website bisnis. Adapun manfaatnya dimulai dari;
- Bantu tingkatkan brand awareness website. Konten bisnis Anda yang sering muncul di dalam website yang memiliki niche bisnis sejenisnya, tentunya akan membantu peningkatan brand awareness. Pengunjung website setidaknya akan selalu teringat bahwa di dalam website tersebut ada iklan Anda. Ya, setidaknya brand awareness bisa meningkatkan hingga ke tahap brand recognition atau brand recall.
- Membantu website mendapatkan peningkatan metrik traffic. Ya, seperti yang sudah MinTiv jelaskan di awal, content placement adalah salah satu cara ampuh untuk kita bisa meningkatkan traffic website, terutama yang berjenis referral traffic.
- Bantu bisnis untuk menghemat lebih banyak biaya promosi. Ya, kegiatan content placement ini tentunya akan membantu bisnis menghemat lebih banyak biaya untuk jangkau audiens marketing luas yang tertarget. Terlebih lagi jika mitra atau partner yang diajak kerjasama begitu aktif untuk produksi konten berkualitas di dalam websitenya.
- Strategi promosi jadi lebih kreatif dan juga inovatif. Strategi content placement seperti ini jelas jauh lebih menarik ketimbang memanfaatkan iklan tradisional seperti Tv, billboard, ataupun face to face. Menggunakan content placement adalah cara terbaik untuk kita jalankan soft selling atau soft promotion.
Cara Memilih Mitra atau Partner Terbaik untuk Content Placement
Sebelum lanjut menjelaskan cara memilih mitra yang tepat, pelajari terlebih dahulu cara membuat konten yang menarik. Yang konten tersebut benar-benar mengandung nilai USP (Unique Selling Point) menarik. Tentukan jenis konten yang tepat yang ingin Anda produksi, baik itu konten artikel, gambar ataupun video.
Setelah proses ini selesai, maka buat kontrak perjanjian yang di dalamnya menguntungkan untuk bersama. Biasanya content placement dilakukan untuk jangka waktu tertentu. Ada juga yang permanen, tergantung bagaimana nanti kesepakatan Anda dengan calon mitra.
Apabila Anda sudah memahaminya, maka inilah tips dan trik cara memilih mitra yang tepat untuk content placement. Dimulai dari;
- Calon mitra atau partner memiliki website dengan traffic blog yang cukup tinggi.
- Website yang mereka miliki memiliki nilai DA PA yang cukup, sekitar 15-30, atau bisa lebih tergantung kebutuhan Anda.
- Tampilan serta performa daripada website tersebut benar-benar baik dan maksimal.
- Rekam jejak website yang jelas, dan tidak pernah terindikasi dengan konten-konten negatif.
- Karya atau seluruh konten yang ada di dalam website adalah original milik pemilik konten. Atau setidaknya mematuhi aturan hak cipta.
- Website memiliki niche bisnis yang sejenis atau relevan dengan niche bisnis Anda.
- Calon mitra atau partner aktif, atau selalu memberikan pembaruan konten di dalam website nya.
Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu content placement. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa Kelola Website Lengkap dengan layanan Content Placement, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Cara Membuat Konten Berkualitas di Website
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Apa itu Content Placement dan Bagaimana Optimasinya? […]