Apa itu Conversion Rate – Ada banyak metrik penting yang harus Anda pelajari ketika menjalankan berbagai jenis strategi channel marketing. Metrik sendiri adalah hasil dari pengukuran kuantitatif, dan biasanya digambarkan dalam bentuk rata-rata, rasio dan juga persentase. Metrik selalu berbicara tentang data berbentuk angka dan bukan teks.
Di dalam berbagai jenis strategi channel marketing sendiri. Metrik sering digunakan sebagai dasar untuk pengukuran keberhasilan sebuah strategi. Apakah telah mampu mencapai target tertentu atau tidak sama sekali. Seperti yang sudah MinTiv katakan di awal artikel, ada banyak metrik penting yang bisa kita gunakan. Salah satunya adalah Conversion Rate.
Apa itu Conversion Rate? dan bagaimana cara tepat untuk dapat menghitungnya?. Semua pertanyaan Anda ini, akan segera terjawab di dalam artikel ini. Jadi simak baik-baik ya!.
Apa itu Conversion Rate?
Conversion rate adalah metrik yang digunakan untuk mengukur persentase pelanggan yang datang ke media pemasaran yang digunakan semisal website. Digunakan juga untuk menghitung jumlah tindakan pelanggan yang dilakukan selama di media pemasaran tersebut. Biasanya tindakan yang dihitung adalah tindakan yang mengarah kepada transaksi penjualan atau tidak.
Tentu saja semakin besar jumlah tindakan yang mengarah kepada transaksi, maka akan semakin besar pula tingkat keberhasilan kampanye marketing yang didapatkan.
Cara Menghitung Conversion Rate
Untuk dapat menghitung conversion rate sangatlah sederhana. Yang perlu kita lakukan adalah dengan membagi jumlah conversion di media pemasaran tertentu semisal website. Kita bagi jumlah conversion tersebut dengan total rata-rata pengunjung yang ada di website pada periode waktu tertentu.
Hasil daripada pembagian ini kemudian Anda kalikan dengan angka 100.
Sebagai perbandingan, nilai rata-rata conversion rate yang digunakan untuk segala jenis industri bisnis adalah 2.35%. Jika nilai terlampaui, tentu saja Anda bisa meningkatkan standarnya lebih tinggi. Angka yang sebenarnya tidak terlalu tinggi, terlebih lagi sekarang bisnis sudah terintegrasi baik dengan sistem online.
Cara Meningkatkan Conversion Rate
Setelah mengetahui tentang apa itu conversion beserta dengan cara menghitungnya, maka selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah cara meningkatkannya. Tentu saja ada banyak cara untuk bisa meningkatkannya. Dimulai dari cara yang fundamental, seperti mempertajam skill untuk memahami brand knowledge. Memahami dengan baik Unique Selling Point. Menciptakan business plan yang matang termasuk juga dengan marketing funnel nya.
Kita juga dapat meningkatkan conversion rate ini dengan pendekatan yang lebih praktis. Di dalam artikel ini MinTiv akan menjelaskan tentang 3 caranya. Dimulai dari;
1. Membuat Landing Page yang Menarik
Yang pertama adalah dengan membuat landing page yang menarik. Landing page sendiri adalah halaman website yang hanya terdiri dari satu bagian. Di dalamnya tidak terdapat menu yang menghubungkan pengunjung ke halaman website lainnya. Ya, hanya ada satu halaman yang berisikan informasi penuh tentang sebuah produk.
Tentu saja informasi produk yang ada di landing page tersebut dibuat dengan kalimat persuasif dan mengandung kaidah copywriting.
2. Menggunakan Layanan Customer Service
Kedua adalah dengan menjalankan strategi layanan customer service. Tentu saja strategi yang satu ini berkaitan erat dengan cara meningkatkan customer service secara fundamental. Seseorang yang menjadi customer service diharuskan untuk bisa memahami dengan baik brand knowledge. Memahami USP, dan tentunya memiliki kemampuan untuk menjalankan komunikasi efektif.
3. Remarketing
Terakhir, adalah dengan menjalankan strategi remarketing. Strategi ini sendiri sebenarnya berkaitan erat dengan cara kita menjalankan Pay Per Click Marketing. Strategi ini dijalankan agar iklan Anda kembali ditayangkan kepada audiens, meskipun di kesempatan pertama, ia tidak tertarik.
Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu conversion rate dan cara menghitungnya. Serta tentunya ada bonus untuk Anda bisa meningkatkannya melalui pendekatan yang praktis. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa Kelola Website Terbaik untuk dapatkan konversi yang maksimal, silahkan hubungi Creativism.id.
Baca Juga: 5 Topik Konten Instagram yang Bakal Populer di 2024!
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.