Apa itu Tangential SEO – Ketika mempelajari SEO, maka ada banyak istilah yang akan kita temukan di dalamnya. Beberapa di antara banyak istilah tersebut mungkin jarang terdengar di telinga Anda, para pemula. Salah satunya mungkin adalah tangential SEO. Apa itu tangential SEO?.
Dapat dikatakan bahwa tangential SEO adalah satu dari sekian banyak teknik SEO yang digunakan untuk dapat menarik perhatian banyak pengunjung website dan sifatnya soft selling. Jika sekilas pengertian tentang tangential SEO ini tidak dapat membantu, MinTiv akan menjelaskannya lebih dalam di artikel ini. Jadi simak-baik ya!.
Apa itu Tangential SEO?
Tangential SEO adalah strategi SEO yang fokus pada proses pembuatan konten keyword yang tidak berhubungan langsung dengan bisnis Anda, tetapi masih relevan dengan target audience yang ada. Semisal Anda adalah pebisnis jual beli sepeda.
Biasanya Anda mungkin akan membuat konten tentang rekomendasi sepeda terbaik, 5 sepeda terbaik untuk bla-bla, dan lain sebagainya. Nah, di tangential SEO, konten yang dibuat akan sedikit berbeda. Semisal menjadi konten “Cara Sederhana Menjaga Tubuh Tetap Bugar”.
Konten seperti ini tentunya masih selaras dengan target audience dari bisnis jual beli sepeda. Pelanggan yang tertarik dengan sepeda, tentunya adalah mereka yang juga tertarik dengan konten-konten kesehatan, terlebih konten yang niche utamanya adalah olahraga.
Di dalam outline konten tersebut, Anda bisa menempatkan sedikit keterangan tentang bisnis jual beli sepeda Anda. Praktik tangential SEO ini juga, sudah sering MinTiv terapkan di dalam blog Creativism.
Manfaat Tangential SEO
Ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dari penerapan tangential SEO ini. Beberapa di antaranya seperti;
- Tangential SEO memungkinkan Anda untuk menghindari persaingan keyword dengan kompetitor pada topik konten yang mainstream. Semisal Anda adalah pebisnis desain interior. Daripada membuat konten “5 Desain Interior Rumah Terbaik” atau sejenisnya, yang itu pasti ada banyak konten kompetitornya, konten berbeda seperti “Trend Interior dengan Kamar Mezzanine, Bangun Kesan Mewah di Rumah Sederhana” tentu akan lebih membantu Anda dapatkan traffic tanpa harus bersaing ketat.
- Membantu bisnis Anda untuk lebih mudah diliput oleh pers. Ya, perlu diketahui bahwa pers lebih suka meliput konten-konten yang anti mainstream.
- Membantu meningkatkan brand awareness website, terlebih pada target audience yang memiliki ketertarikan relevan pada niche utama bisnis Anda.
- Membantu website mendapatkan lebih banyak backlink.
- Membantu website untuk meningkatkan metrik traffic.
- Tangential SEO dapat menjadi solusi terbaik ketika Web Content Writer mengalami writer’s block.
Cara Menjalankan Tangential SEO
Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan tangential SEO ini. Tapi, agar lebih mudah, di sini MinTiv akan memberikan 3 cara jitunya saja. 3 cara jitu ini dimulai dari;
1. Membuat Mind Map
Ya, cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat mind map terlebih dahulu. Tentu saja mind map yang dibuat adalah mind map yang berisikan ide-ide konten relevan dengan niche utama bisnis Anda. Anda bisa membagi mind map yang ada, ke dalam 4 bagian penting. 4 bagian penting ini adalah;
- Target audience.
- Fitur.
- Manfaat.
- Marketing channels.
Setiap 4 bagian penting ini, Anda uraikan lagi menjadi beberapa ide konten baru. Anda bisa melihat contoh gambar di atas sebagai referensi.
2. Menggunakan AI
Hampir mirip dengan sebelumnya, hanya saja cara kedua ini mengandalkan bantuan dari robot AI (Artificial Intelligence). Anda bisa memanfaatkan berbagai tools AI yang ada. Yang paling powerful dan populer saat ini tentu saja adalah Chat GPT. Anda bisa menggunakan rumus TCEPFT untuk penulisan prompt.
3. Memanfaatkan Situs atau Forum Tanya Jawab
Terakhir adalah dengan memanfaatkan situs atau forum tanya jawab. Konsepnya kurang lebih sama dengan cara membuat konten dengan outlinenya berbasis FAQ (Frequently Asked Questions).
FAQ Seputar Konten
- Apa itu tangential SEO?. Strategi SEO yang fokus pada proses pembuatan konten keyword yang tidak berhubungan langsung dengan bisnis Anda, tetapi masih relevan dengan target audience yang ada.
- Apa saja contoh penerapan tangential SEO yang terkenal?. Anda bisa melihatnya pada brand Michelin. Perusahaan ban ini menghubungkan audience yang menyukai perjalanan dan juga makanan lezat sebagai targetnya.
Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu tangential SEO. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Terbaik dan Lengkap, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: 6 Jenis Sumber Backlink yang Bisa Anda Maksimalkan
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda.
Promo Spesial Agustus 2024
Di bulan yang spesial ini, Creativism tengah mengadakan Promo naSEOnal untuk paket Bronze. Anda bisa membaca keterangan lengkap mengenai promo naSEOnal spesial ini melalui Instagram mereka di @creativism.id.
Silahkan hubungi mereka melalui nomor WhatsApp 081 22222 7920 untuk konsultasi lebih lanjut. Semoga informasi ini bermanfaat.