Pernah melihat akun Instagram suatu brand dengan susunan feed yang rapi? Elemen visual di setiap postingannya bisa terlihat serasi dengan yang lain, dan seolah-olah membentuk satu bingkai besar.
Padahal, satu bingkai tersebut mungkin berisi 9 konten sekaligus. Tidak bisa dipungkiri feed yang estetik seperti itu memang akan membuat audiens lebih tertarik pada akun tersebut. Namun, bagaimana cara membuat feed Instagram yang cantik?
Baca Juga: 4 Cara Mengaktifkan Akun Instagram yang Sebelumnya Dinonaktifkan
Kesan pertama audiens dalam suatu akun bukan terletak pada foto atau reelsnya, tapi justru dari feed. Mungkin bisa saja jika ada satu foto atau reels Anda yang tampil di laman eksplor, lalu mereka tertarik dengan akun Anda.
Namun kalau tidak bagaimana? Itulah pentingnya feed Instagram, untuk menangkap perhatian audiens tepat ketika mereka membuka suatu akun. Kebetulan, kini MinTiv akan membahas cara membuat feed Instagram.
Yuk simak ulasan berikut!
Daftar Isi
ToggleCara Membuat Feed Instagram
Feed Instagram sangat penting untuk membuat akun Anda lebih menonjol dari yang lain. Oleh karena itu, MinTiv akan memberikan beberapa cara yang bisa dilakukan agar feed Instagram terlihat estetik, rapi, dan menarik perhatian:
1. Jangan Hiraukan Aspek Simetris
Jika Anda mendesain logo atau konten, mungkin sisi simetrisnya perlu diperhatikan dengan teliti, walau sebenarnya tidak terlalu jika desainnya out-of-the-box. Namun pada desain feed, memaksakan simetri hanya membuat tampilan profil terasa monoton.
Kalau perlu, jangan terlalu perhatikan aspek simetris saat mendesain feed. Coba eksperimen sendiri dengan berbagai elemen seperti membuat komposisi diagonal atau menggeser-geser gambar. Intinya, feed Instagram adalah tempat yang bebas bagi Anda untuk berkreasi.
2. Atur Pencahayaan yang Sesuai
Feed tanpa penyesuaian pencahayaan dan bayangan akan terlihat hampa dan datar. Mungkin Anda bisa mendesain feed dengan pilihan warna yang mencolok agar sekilas terlihat cantik. Namun, masalahnya banyak akun lain yang melakukan hal serupa, sehingga ide tersebut tidak ada unik-uniknya.
Di sisi lain, aspek pencahayaan dan bayangan bisa menambah misteri tersendiri pada feed, sehingga audiens yang melihatnya akan lebih penasaran. Coba atur pencahayaan sampai benar-benar sesuai dengan tema feed Anda untuk menciptakan kesan dramatis yang dapat menarik perhatian audiens.
3. Manfaatkan Storytelling Visual
Desain visual juga dapat memanfaatkan elemen storytelling dengan sangat efektif, dan itu bisa dilakukan siapa saja, bahkan dengan kemampuan desain yang minim. Pada feed IG, elemen visual bisa menunjukkan ceritanya sendiri lewat rangkaian gambar yang saling melengkapi.
Anda bisa menciptakan rangkaian tersebut dengan gambar-gambar yang saling terkait. Jika ingin yang lebih engaging, Anda bisa membuat semacam puzzle feed, yang mana gambar atau informasi yang ada hanya bisa dilihat jika audiens membuka atau membaca semua kontennya.
Jadi, pastikan narasi visual yang Anda buat mampu memancing rasa penasaran netizen.
Baca Juga: Arti Feed IG: Pengertian, Ide Desain, dan Tips Kontennya
4. Buat Elemen Visual yang Koheren
Komposisi garis pada feed mungkin bisa tidak simetris, begitupun elemen pencahayaannya yang sangat bebas untuk dikreasikan. Namun, elemen visual harus tetap koheren. Misalnya Anda memiliki bisnis atau organisasi yang identik dengan warna hijau.
Maka, gunakanlah palet warna yang cocok dengan hijau agar identitas brand atau organisasi Anda tetap konsisten di semua postingan.
Koherensi visual ini sangat penting agar audiens lebih mudah dalam mengingat akun Anda. Selain itu, elemen visual yang dipilih di sini juga merepresentasikan identitas Anda.
Agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan aplikasi edit foto seperti Photoshop atau Canva untuk membuat visual yang menarik dan profesional.
5. Membuat Grid Foto Besar
Bagi yang masih bingung mencari ide feed, mengapa tidak membuat grid foto besar saja? Sederhananya, grid foto besar adalah sebuah layout di mana satu gambar besar dipecah-pecah menjadi beberapa kotak.
Sudah dapat bayangannya jika ditampilkan di feed bukan? Lantas, bagaimana cara membuatnya? Nah, MinTiv akan jelaskan caranya tepat setelah ini.
Cara Membuat Grid Foto Besar
Grid foto adalah salah satu ide feed yang paling banyak digunakan dan masih terbukti cukup efektif. Pada akun-akun bisnis, grid foto biasanya digunakan saat peluncuran produk unggulan baru, pengumuman promo besar-besaran, hingga sebagai media rebranding.
Ada banyak cara untuk membuat grid, tapi kali ini MinTiv akan rekomendasikan dua alat yang paling mudah untuk membuat grid foto besar.
1. Canva
Canva sangat populer untuk mendesain konten sosial media. Tools ini bisa Anda gunakan dengan aplikasi mobile atau langsung lewat web resminya. Anda bisa mengunggah gambar sendiri, ataupun memakai stok gambar yang ada di Canva untuk membuat grid. Untuk caranya, ikuti langkah-langkah berikut:
- Pilih template postingan Instagram yang kosong.
- Atur elemennya dan pilih grid dengan dimensi 3×3. Namun, Anda bebas menentukan dimensinya.
- Pencet tombol Shift + R pada keyboard untuk mengeluarkan penggaris di Canva, lalu tarik sampai menyentuh grid
- Jika sudah, hapus gridnya dan unggah foto Anda.
- Tarik foto tersebut agar memenuhi seluruh ruang pada template grid
- Jika sudah, unduh gambar tersebut, lalu pisah-pisahkan dengan web DesignHub
- Sekarang, Anda bisa mengunggah setiap potongan foto grid tersebut secara berurutan.
2. Aplikasi Grid Post
Grid Post adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk membuat foto grid besar dan tersedia untuk Android maupun iOS secara gratis. Caranya pun sangat mudah, Anda hanya perlu mengikuti tahapan berikut:
- Unduh dan buka aplikasinya.
- Pilih bagian “Create Grids”, dan pilih “Select Photo Grids”.
- Unggah gambar yang ingin dibuat grid dan tentukan dimensinya sesuka Anda.
- Tekan “Next” lalu Anda bisa berkreasi dengan mengedit atau menambah filter.
- Setelah itu, Anda akan diarahkan pada layar yang menunjukkan urutan posting setiap potongan foto grid
- Simpan gambarnya, lalu unggah di Instagram sesuai urutan.
Baca Juga: 6 Contoh Feed Instagram untuk Ide Bisnis Anda
FAQ Seputar Konten
- Apakah perlu jadi desainer grafis untuk membuat feed yang cantik?. Skill desain memang sangat membantu, tapi tidak terlalu penting. Banyak sekali platform desain gratis dan mudah seperti Canva atau Mojo yang memungkinkan pemula untuk membuat feed yang menarik.
- Berapa postingan yang cocok untuk membuat feed?. Idealnya, feed terdiri dari 9 postingan dengan dimensi 3×3 agar terlihat serasi satu sama lain.
- Warna apa yang paling cocok untuk feed Instagram?. Sejatinya, warna harus disesuaikan dengan identitas akun Anda, apapun itu warnanya. Namun, penggunaan palet warna pada feed harus konsisten dan sesuai dengan vibes.
- Apakah memakai layout grid akan membatasi kreativitas?. Justru layout grid sangat membantu kreativitas, khususnya dalam membuat framework. Dengan layout Anda bisa berkreasi dengan membuat feed seperti puzzle, quotes, teaser, dll.
- Bagaimana caranya agar feed tidak tampak berantakan?. Yang pasti jangan gunakan teks yang kebesaran, dan batasi penggunaan elemen desain di setiap postingan. Pastikan ada ruang di setiap postingan agar tidak tumpang tindih.
Dapatkan Free Audit
Sebelum kita sampai kepada kesimpulan dari pembahasan “Cara Membuat Feed Instagram” ini, MinTiv ingin menginfokan kepada Anda, bahwa Creativism sedang ada jasa Free Audit Website.
Bagaimana cara mendapatkannya?
Anda cukup klik tombol Free Audit, kemudian isi detail formulirnya. Hasil audit akan kami kirim via whatsapp/email.
Kesimpulan
Cara membuat feed Instagram ternyata tidak memerlukan kemampuan desain yang advanced.
Anda hanya perlu memikirkan konsep dan identitas, lalu buatlah feed yang sesuai dengan identitas tersebut dengan tools gratisan seperti Canva. Jadi, sudah ada yang tertarik untuk membuat feed Instagram? Jawab di kolom komentar ya!
Artikel ini, dikreasikan oleh Tim Agency SEO Creativism. Agency SEO yang siap berikan pelayanan SEO terbaik dan lengkap sesuai dengan kebutuhan website klien. Hubungi kami langsung melalui WhatsApp 6281 22222 7920, untuk dapat layanan Jasa SEO Website Terbaik, segera!.




