Cara Mengoptimalkan Mobile SEO – SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Sebuah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman pertama Google, search engine terpopuler di dunia. Ilmu optimasi website ini dijalankan melalui keyword tertentu yang menjadi target utama. Di dalam prosesnya, ada banyak hal yang mesti dipelajari.
Salah satu dari sekian banyak hal yang mesti dipelajari tersebut adalah Mobile SEO. Apa itu Mobile SEO?. Sesuai dengan namanya, Mobile SEO adalah proses mengoptimalkan website untuk dapat perform pada perangkat seluler atau mobile. Mobile SEO menjadi salah satu teknik penting yang mesti pebisnis jalankan. Hal ini wajar mengingat perangkat mobile adalah perangkat teknologi informasi dengan penyumbang traffic terbesar bagi website.
Didapatkan dari data Statcounter, 60% pengunjung website adalah mereka yang menggunakan perangkat mobile. 56% di antaranya bahkan berakhir dengan pembelian melalui website bisnis. Selain itu, mobile SEO menjadi sebuah keharusan dikarenakan Google telah mematenkan website mobile friendly sebagai salah satu faktor rankingnya.
Baca Juga: Cara Menjalankan SEO untuk Keperluan Personal Branding
Google lebih memprioritaskan website yang mobile friendly untuk dapat tampil di halaman pertama SERP (Search Engine Results Page) sejak tahun 2019 lalu. Semua data dan fakta di atas pastinya sudah cukup untuk menyakinkan pebisnis segera mengoptimalkan mobile SEO.
Lalu, bagaimana cara mengoptimalkan mobile SEO?. MinTiv akan berbagi 5 tips jitunya untuk Anda. Penasaran apa saja?, simak baik-baik ya!.
5 Cara Mengoptimalkan Mobile SEO
1. Website Menggunakan Desain Responsive
Tips jitu cara mengoptimalkan Mobile SEO yang pertama adalah dengan memastikan website memiliki desain yang responsive. Responsive yang dimaksud adalah website mampu menyesuaikan penampilannya berdasarkan alat pengaksesnya.
Semisal website diakses oleh pengunjung melalui perangkat mobile, maka website tersebut dapat menyesuaikan tampilannya sesuai dengan perangkat mobile tersebut. Untuk bisa menerapkan tips yang pertama ini sangatlah mudah.
Terlebih lagi kebanyakan website sekarang menggunakan konsep template. Untuk Anda yang menggunakan website berjenis CMS (Content Management System) seperti WordPress bisa saja mengandalkan situs download template premium atau gratis di internet. Salah satu rekomendasi terbaiknya dari MinTiv jatuh kepada Envato.
Tapi, jika Anda menggunakan website hasil dari website builder drag and drop seperti Wix dan sejenisnya. Maka pastikan terlebih dahulu layanan website builder tersebut memiliki fitur responsive design otomatis.
Lalu, bagaimana dengan website yang dibangun menggunakan koding dan hosting manual?. Anda bisa melakukan konsultasi lebih banyak kepada tim programmer yang dimiliki.
2. Meningkatkan Page Speed Website
Cara yang kedua adalah dengan berusaha meningkatkan pagespeed website. Tentu saja ada banyak teknik-teknik penting di dalamnya yang bisa Anda jalankan. Dimulai dari;
- Memilih layanan hosting yang tepat.
- Menggunakan redirect URL dengan tepat.
- Memaksimalkan fitur cache website.
- Jalankan teknik Above The Fold Content.
- Memperhatikan urutan code. Sebisa mungkin untuk menempatkan kode JavaScript di bagian paling dasar koding website. Hal ini dimaksudkan agar website lebih memprioritaskan kode HTML yang notabene berisikan konten untuk tampil terlebih dahulu.
- Melakukan minifies CSS/JavaScript. Anda bisa menggunakan bantuan dari tools CSSNano ataupun YUI Compressor.
- Kompresi data. Salah satu tools rekomendasi terbaik untuk melakukan kompresi data dari MinTiv adalah Gzip. Selain itu, Anda juga bisa melakukan kompresi data sederhana pada setiap gambar atau video yang bakal diupload di dalam website.
- Menggunakan layanan Cloudflare CDN.
- Mengurangi penggunaan plugin atau function yang tidak berguna atau jarang digunakan.
Anda bisa membaca lebih lengkap tentang 9 teknik ini, melalui link artikel di bawah;
Baca Juga: Cara Meningkatkan Mobile Page Speed Website dengan Mudah
3. Menjalankan Metode Local SEO
Cara ketiga untuk dapat mengoptimalkan Mobile SEO adalah dengan mempelajari lebih dalam metode Local SEO. Local SEO adalah teknik optimasi website yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada pencarian lokal serta optimalisasi Google My Business.
Metode SEO yang satu ini, memiliki kaitan erat dengan Mobile SEO. Hal ini wajar mengingat 76% pengguna Google melalui mobile adalah mereka yang melakukan pencarian lokal.
Penerapan Local SEO yang baik menjadi alasan kuat mengapa website bisa menghasilkan lebih banyak metrik lead dan konversi. Bahkan, 28% dari 76% pengguna Google melalui mobile, berakhir pada pembelian di toko fisik bisnis.
Di dalam Local SEO ini sendiri, Anda bisa menjalankan berbagai teknik penting. Dimulai dari;
- Mendaftarkan bisnis di Google My Business.
- Menautkan media sosial di dalam profil Google My Business. Jangan lupa untuk aktif posting konten di Google Post.
- Membuat konten spesifik untuk lokasi tertentu. Manfaatkan penggunaan Local Keyword. Semisal Anda adalah pebisnis Sepeda Bekas di area Jogja, maka Anda bisa membuat konten yang di dalamnya membahas sedikit tentang Jogja dengan keyword utamanya seperti “Tempat Sepeda Bekas Jogja”.
- Memaksimalkan Google Reviews.
4. Memahami Lebih Dalam Voice Search Optimization
Cara yang keempat adalah dengan memahami lebih dalam voice search optimization. Sesuai dengan namanya, voice search optimization adalah metode optimasi website yang ditujukan agar dapat perform di voice search engine. Contohnya seperti Google Assistant ataupun Siri.
Voice search optimization akrab dijalankan melalui perangkat mobile. Itulah sebabnya voice search optimization menjadi bagian penting dari Mobile SEO. Ada banyak cara untuk Anda bisa mengoptimalkan voice search optimization ini. Satu di antara banyak cara tersebut adalah dengan memahami dengan baik question keyword.
Question keyword sendiri adalah bagian dari Latent Semantic Keyword atau pencarian semantik alias semakna dengan keyword yang sebenarnya dituju oleh pengguna Google. Sesuai dengan namanya, question keyword adalah kata kunci pencarian layaknya sebuah pertanyaan.
Question keyword sendiri, terdiri dari 3 jenis utama, yakni Direct Answer Questions, Short Answer Questions, dan Long Answer Questions.
Anda bisa membaca lebih lengkap tentang jenis-jenis question keyword ini melalui link artikel di bawah;
Baca Juga: Jenis Jenis Question Keyword
5. Menggunakan Structured Data
Tips yang terakhir adalah dengan menggunakan structured data. Structured data atau sering disebut juga Structured data markup adalah barisan kode yang berfungsi sebagai petunjuk agar web crawler bisa lebih mudah memahami konten Anda.
Anda bisa membuatnya dengan mudah melalui berbagai layanan online, salah satunya adalah dari Merkle.
FAQ Seputar Konten
- Apa itu Mobile SEO?. Sesuai dengan namanya, Mobile SEO adalah proses mengoptimalkan website untuk dapat perform pada perangkat seluler atau mobile.
- Mengapa Mobile SEO begitu penting?. Didapatkan dari data Statcounter, 60% pengunjung website adalah mereka yang menggunakan perangkat mobile. 56% di antaranya bahkan berakhir dengan pembelian melalui website bisnis. Mengabaikan Mobile SEO jelas akan menghilangkan peluang Anda mendapatkan metrik lead dan konversi secara maksimal dari website.
Inilah penjelasan lengkap tentang cara mengoptimalkan Mobile SEO. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Lengkap, hubungi saja Creativism.id
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda.
Promo Spesial Agustus 2024
Di bulan yang spesial ini, Creativism tengah mengadakan Promo naSEOnal untuk paket Bronze. Anda bisa membaca keterangan lengkap mengenai promo naSEOnal spesial ini melalui Instagram mereka di @creativism.id.
Silahkan hubungi mereka melalui nomor WhatsApp 081 22222 7920 untuk konsultasi lebih lanjut. Semoga informasi ini bermanfaat.