Instagram Perlu Foto Produk – Instagram adalah media sosial yang pertama kali diciptakan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger pada tahun 2010. Saat itu Instagram diciptakan untuk fokus memudahkan penggunanya mengupload foto terbaik. Hanya berjarak satu tahun sejak peluncuran pertamanya, Instagram saat itu telah mendapatkan 10 juta pengguna.
Angka yang sangat fantastis untuk ukuran media sosial yang baru tercipta dengan konsep yang relatif sederhana. Semenjak itu, Instagram terus berbenah dan melakukan berbagai macam inovasi terbaru.
Perubahan demi perubahan tersebut bukan hanya memberikan dampak positif tapi juga dampak negatif. Salah satunya adalah keluarnya kedua founder Instagram, Kevin Systrom dan Mike Krieger di tahun 2018 tepatnya pada tanggal 24 September 2018 lalu.
Keluarnya kedua founder ini diduga dipicu oleh kasus Cambridge Analytica yang melibatkan Mark Zuckerberg dari Facebook. Perusahaan yang saat itu telah mengakuisisi Instagram.
Baca Juga: Apa itu RSS Feed untuk SEO Website?
Keluarnya founder Instagram jelas adalah berita buruk saat itu. Tapi nyatanya, Instagram sekarang ini justru tampil lebih dinamis, lebih fleksibel dan kekinian. Salah satu bukti nyatanya adalah mereka yang mulai berani bermain di ranah video pendek dengan Reels. Ya, tidak lagi stag dengan mengandalkan konten feed.
Ya, reels seolah menjadi ujung tombak baru bagi Instagram untuk terus mendapatkan audiens atau pengguna baru, bersaing dengan media sosial lainnya seperti TikTok. Meskipun fokus Instagram mulai terpecah belah dengan adanya konsep Reels ini, tidak bisa dipungkiri juga bahwa konsep feed gambar atau foto, masih banyak diminati.
Bahkan foto/gambar di feed tersebut sangat ampuh digunakan untuk pebisnis lakukan branding. Ya, kita tidak boleh serta merta meremehkan konten seperti ini. Apalagi untuk Anda yang merupakan pebisnis produk fisik. Anda butuh feed Instagram yang menampilkan lebih banyak karya produk Anda.
Bagaimana caranya?. Salah satu cara terbaiknya adalah dengan memaksimalkan strategi foto produk.
Alasan Mengapa Instagram Bisnis Perlu Foto Produk
1. Meningkatkan Daya Tarik
Alasan yang pertama adalah foto produk mampu meningkatkan daya tarik daripada audiens. Terlebih jika Anda pebisnis yang menjual produk fisik seperti baju, tas, furniture dan sejenisnya. Menggunakan teknik foto produk yang baik tentunya membantu bisnis tingkatkan daya tarik. Calon pembeli dapat melihat ukuran, bentuk warna, hingga fitur produk yang ditampilkan dengan jelas.
Apabila produk Anda difoto dengan angle yang baik, tentunya itu akan mempermudah proses pengambilan keputusan calon pembeli.
2. Memberikan Kesan Pertama yang Kuat
Alasan yang kedua adalah foto produk yang mampu memberikan kesan pertama yang begitu kuat. First impression yang baik adalah kunci penting yang harus Anda kuasai ketika ingin membangun level brand awareness lebih tinggi. Melalui foto produk, Anda bisa menciptakan brand perception yang baik, terutama yang berkaitan dengan pandangan kredibilitas dan profesionalitas.
3, Membantu Mempercepat Proses Marketing Funnel
Ketiga adalah dapat membantu bisnis untuk mempercepat proses marketing funnel yang ada. Ya, jika Anda adalah pebisnis yang menjual produk fisik, ada baiknya Anda lebih mengutamakan konten yang menampilkan bentuk fisik produk tersebut. Terlalu banyak mengandalkan konten edukasi malah akan membuat audiens merasa bosan.
Konsep ini mirip dengan cara Anda memahami search intent pada strategi SEO. Agar lebih mudah dipahami, anggaplah Anda adalah pebisnis furniture. Audiens atau mereka yang mencari produk Anda tentunya adalah orang-orang yang sudah tahu akan berbagai informasi dan manfaat furniture.
Informasi yang mereka perlukan praktis hanyalah desain dan model furniture yang Anda tawarkan. Mereka cenderung mengacuhkan konten-konten edukasi seperti perawatan furniture yang baik dan sejenisnya. Tapi, jika Anda tetap ingin memasukkan elemen konten edukasi seperti ini, maka berikan porsi persentasenya yang tidak terlalu banyak.
4. Konversi Bisnis Dapat Meningkat
Terakhir adalah dapat membantu pebisnis mendapatkan konversi yang maksimal. Bisa dibilang ini adalah efek domino dari manfaat-manfaat sebelumnya. Ya, contoh kecilnya ketika Anda melihat produk baju bayi yang difoto dengan model yang relevan.
Tentunya rasa ingin membeli dari pelanggan akan lebih tinggi. Mereka ingin mengetahui seperti apa tampilan bayi mereka ketika produk baju bayi tersebut sudah dibeli.
Inilah penjelasan lengkap tentang mengapa konten Instagram perlu foto produk. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa Admin Konten Instagram, lengkap dengan akses layanan foto produk terbaiknya, hubungi Creativism.id.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.