Jenis-jenis Logo. Jika Anda ingin membuat branding bisnis Anda berkesan, salah satu hal penting yang perlu dipertimbangkan adalah pemilihan logo. Untuk mendapatkan logo terbaik, maka Anda harus memahami jenis-jenis logo terlebih dahulu.
Hal ini dikarenakan memilih jenis logo menjadi langkah awal untuk memberikan kesan pertama yang positif sekaligus meninggalkan jejak pada ingatan audiens. Di dalam artikel ini, MinTiv akan menjelaskan tentang jenis-jenis logo unik untuk branding yang berkesan. Penasaran?, Simak baik-baik artikel ini ya!.
Daftar Isi
ToggleApa Itu Logo?
Logo adalah elemen visual untuk mewakili merek, yang digunakan oleh individu atau organisasi. Logo ini bisa berupa desain, simbol, tipografi dan kombinasi ketiganya, dengan tujuan mengkomunikasikan suatu merek agar mudah diingat.
Baca Juga: 8 Manfaat Logo Profesional yang Luar Biasa untuk Bisnis
Biasanya logo memiliki filosofi yang bisa menjadi ciri khas tertentu agar dapat dibedakan yang satu dengan lainnya, misalnya dari segi tampilan, bentuk, hingga warna.
Jenis-Jenis Logo Unik untuk Branding
Pada saat branding, salah satu kegiatan yang dilibatkan adalah menciptakan logo. Untuk branding yang berkesan, berikut adalah jenis-jenis logo unik yang bisa menjadi inspirasi bisnis Anda.
1. Logo Letterform

Sumber: Google Images
Logo letterform menjadi salah satu logo unik, karena menampilkan satu huruf tunggal untuk mewakili merek secara grafis. Hal ini juga menjadi salah satu keuntungan jika Anda menggunakan jenis logo ini, karena elemen yang digunakan sedikit, bentuk huruf juga mudah diperkecil untuk kebutuhan ikon media sosial.
Jenis logo ini bukan merupakan kata, sehingga Anda harus memastikan satu huruf yang berdiri sendiri itu bisa mewakili karakteristik bisnis Anda dengan lebih berani. Misalnya seperti logo dengan bentuk huruf ‘Y’, yang secara otomatis akan mengingatkan pada nama merek di benak konsumen yaitu milik Yahoo. Contoh lain yang menggunakan logo letterform adalah Westinghouse, Motorola, FourSquare, Univision, SeaTrain Lines, Universitas Vanderbilt, Uber dan AirBnB.
2. Logo 3D

Sumber: Google Images
Logo unik selanjutnya adalah logo 3D. Hal ini dikarenakan logo ini kekinian dan tidak dibatasi pada dua dimensi. Logo 3D memiliki ciri khas yang tidak dimiliki logo lain dengan memanfaatkan kontur dan bayangan untuk membangkitkan kedalaman suatu simbol.
Efektivitas logo 3D bergantung pada eksekusi. Jika dibuat oleh orang awam, bisa tampak dibuat-buat dan ketinggalan zaman. Namun, jika dieksekusi dengan benar bisa menghasilkan keunikan yang berkesan pada merek. Contoh logo 3D diantaranya adalah Renault, Block, Cognizant, Webex, Rosetta Stone, Best Western, UTA, Conax dan Royal Academy of Engineering.
3. Logo Animasi

Sumber: Google Images
Logo animasi terbilang unik karena telah meninggalkan batasan dua dimensi. Apalagi di era digital saat ini, logo seperti ini menjadi semakin populer.
Logo animasi menyertakan beberapa elemen gerakan dan tidak statis seperti logo pada umumnya. Gerakan tersebut juga bukan hanya sekedar estetika saja, tetapi memiliki makna untuk mewakili suatu merek.
Jenis logo ini memang terkesan modern dan menarik. Namun, jika Anda menggunakannya untuk mewakili brand, pastikan animasi tidak berlebihan yang membuat audiens bingung atau bahkan merasa terganggu. Contoh logo animasi meliputi Medium, Amazon, Dreamworks, Mixcloud, Slack, dan Snapchat.
4. Logo Dinamis

Sumber: Google Images
Logo dinamis termasuk logo unik karena dirancang agar dapat berubah bentuk atau tampilannya, biasanya dalam format digital. Perubahan ini mencakup warna, bentuk atau bahkan animasi logo tergantung dimana logo tersebut digunakan.
Meski tampilan untuk logo dinamis itu fleksibel, tetapi identitas mereknya tetap konsisten. Contohnya adalah logo Google Doodle yang berubah setiap hari perayaan, tetapi tetap dikenali sebagai Google. Selain itu, contoh lainnya adalah City of Melbourne, Casa Da Musica, Nickelodeon, MTV, dan MIT Media Lab.
Kriteria Jenis Logo yang Efektif untuk Branding
Logo bukan sekedar simbol, tetapi elemen penting dalam strategi branding. Logo yang efektif bisa menjadi kekuatan untuk membangun kesadaran brand, berkomunikasi dengan target audiens dan pembeda dengan pesaing.
Dengan adanya jenis-jenis logo, itu membuat Anda harus memilih salah satu jenis logo. Sebelum memilih logo untuk bisnis Anda, pertimbangkan kriteria berikut ini.
1. Kesederhanaan
Logo yang efektif adalah logo dengan desain simpel, sehingga menciptakan kesan sederhana yang memudahkan audiens untuk mengingat dan mengenali logo meski hanya sekilas pandang.
2. Unik dan Berkesan
Logo yang Anda pilih harus unik, dengan menggunakan elemen desain kreatif sehingga berbeda dari yang lain. Karena memiliki ciri khas, maka logo akan membuat audiens terkesan dan tidak mudah dilupakan.
3. Relevan dengan Target Audiens
Logo yang digunakan oleh suatu bisnis harus mampu berkomunikasi dengan target audiens. Oleh karena itu, untuk warna, bentuk, serta font yang dipilih harus relevan dengan karakteristik bisnis Anda. Cara menciptakan logo yang relevan ini adalah dengan memahami audiens.
4. Fleksibel
Logo biasanya akan ditampilkan secara digital dan fisik, juga akan diubah ke berbagai ukuran dengan tujuan dicetak atau diunggah misalnya untuk gambar profil atau lainnya. Dengan desain yang fleksibel, logo bisnis Anda bisa efektif digunakan di berbagai platform.
5. Timeless
Logo yang sesuai dengan kriteria adalah mampu bertahan lama, maksudnya adalah tetap relevan dan efektif untuk bertahun-tahun bahkan dekade. Apapun jenis logo yang dipilih, pastikan desainnya tidak hanya sekedar ikut-ikut tren yang tidak bertahan lama.
6. Profesional
Logo harus mencerminkan kesan profesionalitas dan kredibilitas bisnis Anda. Jadi pastikan logo untuk bisnis Anda dibuat oleh desainer yang memahami prinsip desain logo serta mampu menerapkannya sehingga logo tampak profesional.
7. Memiliki Makna
Logo bukan hanya gambar yang menarik, tapi biasanya memiliki makna mendalam dan ada cerita dibaliknya. Jadi pada saat membuat logo, pastikan komponen desain yang dipilih memiliki tujuan untuk menceritakan sesuatu terkait bisnis Anda.
8. Konsistensi Warna
Warna pada logo dapat mempengaruhi persepsi dan emosi audiens. Oleh karena itu, pemilihan warna harus konsisten dengan brand Anda dan cocok untuk digunakan di berbagai latar belakang untuk konten media sosial.
9. Aspek Budaya
Logo yang efektif harus mempertimbangkan aspek budaya, karena di berbagai budaya atau negara memiliki konotasi berbeda untuk bentuk simbol, warna dan elemen desain tertentu. Jadi pastikan, logo bisnis Anda bisa diterima di berbagai budaya.
FAQ Seputar Konten
- Apa itu logo yang baik? Logo yang baik adalah logo yang sederhana, mudah diingat, sesuai dengan brand, dan fleksibel digunakan di berbagai media.
- Apakah bisnis kecil perlu logo? Ya. Meskipun bisnis Anda masih kecil, logo tetap penting untuk membangun identitas dan kepercayaan pelanggan sejak awal.
- Apakah bisa menggunakan logo gratis dari internet? Sebaiknya tidak. Logo dari internet bisa melanggar hak cipta dan tidak mencerminkan identitas unik brand Anda. Gunakan jasa desain logo profesional atau buat desain orisinal.
Dapatkan Free Audit
Sebelum kita sampai kepada kesimpulan dari pembahasan “Jenis-jenis Logo” ini, MinTiv ingin menginfokan kepada Anda, bahwa Creativism sedang ada jasa Free Audit Website.
Bagaimana cara mendapatkannya?
Anda cukup klik tombol Free Audit, kemudian isi detail formulirnya. Hasil audit akan kami kirim via whatsapp/email.
Kesimpulan
Dengan memahami jenis-jenis logo unik, Anda bisa memilih jenis logo yang bisa mencerminkan karakteristik bisnis Anda. Pertimbangkan juga berbagai kriteria sebelum memilih jenis logo. Tujuannya adalah agar logo yang dipilih dapat membangun branding yang berkesan.
Artikel ini, dikreasikan oleh Tim Agency SEO Creativism. Agency SEO yang siap berikan pelayanan SEO terbaik dan lengkap sesuai dengan kebutuhan website klien. Hubungi kami langsung melalui WhatsApp 6281 22222 7920, untuk dapat layanan Jasa SEO Website Terbaik, segera!.