Di marketing modern, kepercayaan sangatlah penting untuk memuluskan kampanye pemasaran suatu brand. Kepercayaan ini biasanya didapat dari bukti sosial orang-orang yang menggunakan suatu produk secara luas. Namun, itu saja tidak cukup, karena brand tetap membutuhkan validasi dari orang-orang yang kompeten di bidangnya, atau disebut Key Opinion Leader (KOL).
Nah, KOL marketing adalah salah satu teknik promosi yang sangat efektif untuk meningkatkan kredibilitas brand. Misal Anda sedang memilih satu dari dua brand skin care yang sama-sama memiliki ribuan ulasan pelanggan yang positif. Ternyata salah satu brand tersebut kualitasnya diakui oleh seorang pakar kecantikan, sedang yang satunya tidak. Pasti Anda akan memilih yang diakui oleh pakar bukan?
Menyadari betapa pentingnya KOL marketing, MinTiv akan membahasnya secara tuntas pada ulasan berikut!
Daftar Isi
ToggleApa Itu KOL Marketing?
KOL marketing adalah strategi yang melibatkan kolaborasi antara publik figur yang berpengaruh besar dengan suatu brand untuk mempromosikan produknya. Namun berbeda dari influencer yang pengaruhnya didapat dari kepopuleran atau raut wajahnya, KOL mendapatkan pengaruh besar dari keahlian dan kompetensi pada bidang yang ia tekuni. Dengan begitu, pendapatnya akan lebih dipercaya pada niche yang ia bicarakan.
Ibaratnya, brand akan ‘meminjam‘ suara dari seorang KOL untuk ditempatkan pada konten atau kampanye iklan untuk meningkatkan reputasi brand di mata konsumen. Meskipun harus mempromosikan brand tertentu, tapi KOL juga harus menggunakan data dan argumen yang sesuai dengan fakta agar tidak mencemarkan keahliannya. Oleh karena itu KOL biasanya hanya mau mempromosikan produk yang berkaitan dengan kompetensinya.
Namun pada saat ini, banyak KOL yang merangkap jadi influencer, sehingga kedua istilah tersebut sering dianggap sama. Biasanya KOL akan melakukan review produk, mengisi seminar, hingga menjadi pembicara siniar, sehingga opini yang dibahas akan lebih otentik. Bahkan, 90% konsumen sangat menekankan pentingnya otentisitas dan kualitas brand sebelum membelinya.
Manfaat KOL Marketing
Mungkin banyak yang mengira jika influencer jauh lebih berpengaruh karena cenderung menggunakan pendekatan emosional dan personal yang bisa memuaskan konsumen. Namun jangan salah, pengetahuan dan kepakaran KOL yang mendalam juga dibutuhkan sebagai sarana informasi dan edukasi untuk konsumen. Lebih dari itu, ada beberapa manfaat KOL marketing untuk bisnis seperti:
1. Meningkatkan Kredibilitas Brand
Pada dasarnya KOL adalah orang yang memiliki otoritas di bidangnya, sehingga bisa dipercaya pendapatnya. Contohnya, ada ilmuwan yang mempromosikan obat-obatan herbal yang Anda jual, pasti audiens akan menanggapi opini ilmuwan tersebut dengan serius. Jadi, ada kesan bahwa produk yang Anda jual sudah memenuhi standar.
Rekomendasi dari KOL terkadang bisa membawa dampak yang lebih besar dari pada influencer. Bahkan, ada penelitian yang menunjukkan bahwa konsumen cenderung membeli, menggunakan, dan merekomendasikan produk yang dipromosikan oleh KOL yang kredibel dibanding metrik influencer lain. Jadi, KOL biasa memberi semacam legitimasi pada brand.
Baca Juga: Manfaat dan Tips Memilih KOL Marketing untuk Bisnis
2. Memiliki Target Audiens yang Lebih Jelas
Jika ada KOL yang ahli di bidang teknologi, maka sudah pasti audiensnya juga orang-orang yang menyukai teknologi. Hal itu berlaku untuk seluruh bidang yang ditekuni KOL, yang pasti target audiensnya memiliki ketertarikan yang serupa.
Hal ini bisa jadi peluang besar jika dimanfaatkan dengan baik oleh suatu perusahaan. Jika Anda mampu berkolaborasi dengan KOL yang tepat, maka besar kemungkinan brand Anda akan mencapai target audiens yang dituju. Dengan begitu, relevansi brand Anda di pasaran juga akan meningkat.
3. Meningkatkan Engagement
Jika kita membandingkan teknik pemasaran tradisional dan modern, maka akan terlihat satu perbedaan jelas, yaitu interaksi. Marketing tradisional cenderung pasif, kaku, dan statis, sehingga jarang ada interaksi timbal-balik antara konsumen dengan brand.
Namun dengan munculnya sosial media, interaksi marketing ini bisa berjalan dua arah. Terlebih lagi jika Anda menggunakan jasa KOL untuk membangun interaksi dan komunitas pelanggan, maka engagementnya akan semakin besar.
4. Membawa ROI yang Lebih Tinggi
Seperti yang sudah disebutkan, KOL dapat meningkatkan peluang engagement. Nah dari engagement tersebut, maka potensi konversi penjualannya pun juga akan meningkat. Berkat keahliannya, KOL akan memiliki basis massa yang memahami nilai opini yang dikeluarkannya.
Dari situlah engagement akan meningkat, karena target audiens akan menganggapnya dengan bersungguh-sungguh. Sebagai hasilnya, jumlah penjualan akan meningkat pesat, dan tingkat ROI juga lebih tinggi. Dengan begitu, bisa dikatakan teknik KOL marketing adalah alternatif yang hemat biaya.
5. Ide Konten Jadi Lebih Beragam
KOL yang juga merangkap sebagai influencer dan konten kreator akan memiliki keunggulan khusus. Konten-konten yang dibuat lebih terasa unik, fresh, dan bisa mengikuti tren dengan baik. Namun karena ini adalah KOL, maka kontennya akan penuh dengan informasi, insight, dan ide yang mungkin belum pernah didengar sebelumnya.
Bayangkan jika brand Anda berhasil menggandeng KOL seperti itu. Misal Anda menjual makanan bergizi, lalu produk Anda dipromosikan oleh ahli gizi/kesehatan ternama lewat konten tutorial yang menarik. Bukankah potensi viralnya juga semakin besar? Selain itu, kolaborasi dengan KOL juga memastikan audiens Anda mendapatkan asupan konten dengan format yang beragam.
6. Membangun Basis Konsumen yang Loyal
Persis seperti influencer, KOL juga memiliki basis audiens yang loyal. Hal itu bisa akan menjadi keuntungan yang besar jika dimanfaatkan dengan baik oleh brand. Ketika KOL sudah merekomendasikan suatu brand, maka bukan tidak mungkin jika basis massanya juga akan menggunakan serta membagikannya ke khalayak luas.
FAQ Seputar Konten
- Apa bedanya KOL dengan brand ambassador?. Brand ambassador biasanya memiliki kontrak jangka panjang, dan terikat dengan brand dalam jangka waktu yang ditentukan. Sedangkan jasa KOL cenderung digunakan untuk kampanye spesifik yang sesuai dengan kompetensi tokoh tersebut.
- Bagaimana cara mengukur kesuksesan kampanye marketing KOL?. Keberhasilan kampanye KOL bisa diukur dengan berbagai KPI seperti engagement rate, trafik, link referral, konversi, pertumbuhan jumlah followers, ROI, dan masih banyak lagi.
- Platform apa yang paling cocok untuk KOL marketing?. Semua platform sebenarnya cocok, hanya kebutuhannya saja yang berbeda. Misal untuk industri kecantikan dan fashion, mungkin akan lebih cocok menggunakan Instagram dan TikTok. Lalu untuk perusahaan teknologi akan lebih sesuai jika menggunakan LinkedIn.
- Apa perbedaan strategi marketing KOL dan influencer?. Marketing influencer lebih menekankan estetika, storytelling, dan tren. Di sisi lain, marketing KOL berfokus pada keahlian, fakta, dan opini yang akurat. Jadi, marketing KOL lebih bersifat edukasi dibanding influencer.
- Apa risiko bekerja sama dengan KOL yang tidak tepat?. Keahlian KOL sangatlah spesifik, dan tidak semuanya sejalan dengan nilai dan produk brand. Jika Anda menggunakan jasa KOL di bidang pendidikan untuk brand sepatu sepak bola, maka hasilnya akan kontra-produktif. Akibatnya, audiens bisa bingung, reputasi brand jadi turun, dan biaya marketingnya akan sia-sia.
Dapatkan Free Audit
Sebelum kita sampai kepada kesimpulan dari pembahasan “KOL marketing adalah” ini, MinTiv ingin menginfokan kepada Anda, bahwa Creativism sedang ada jasa Free Audit Website.
Bagaimana cara mendapatkannya?
Anda cukup klik tombol Free Audit, kemudian isi detail formulirnya. Hasil audit akan kami kirim via whatsapp/email.
Kesimpulan
KOL marketing adalah salah satu teknik pemasaran yang paling efektif dan relevan di zaman modern ini. Jika suatu brand sudah melakukan banyak cara tapi belum menghasilkan sesuatu yang signifikan, maka kemungkinan disebabkan karena kurangnya legitimasi. Hal itulah yang menandakan betapa pentingnya KOL marketing saat ini.
Artikel ini, dikreasikan oleh Tim Agency SEO Creativism. Agency SEO yang siap berikan pelayanan SEO terbaik dan lengkap sesuai dengan kebutuhan website klien. Hubungi kami langsung melalui WhatsApp 6281 22222 7920, untuk dapat layanan Jasa SEO Website Terbaik, segera!.



