Situs yang mudah ditemukan membantu mesin pencari merekomendasikan kepada orang lain. Ketika orang dengan mudah menemukan situs Anda, maka makin banyak traffik yang didapatkan.
Traffik yang berdatangan dapat dikelola untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Tetapi, tujuan tersebut hanya dapat terwujud ketika Anda melakukan strategi SEO yang tepat. Salah satu dari sekian banyak strategi SEO tersebut adalah Pillar Page.
Pillar page menjadi cara untuk memetakan situs supaya memudahkan pekerjaan search engine mengunjungi setiap halaman. Metode ini masih digunakan sampai sekarang karena dampak positifnya pada performa SEO maupun bisnis digital.
Baca Juga: Analisis Website Kompetitor dan Penerapannya yang Benar
Pada ulasan ini, MinTiv akan membahas apa saja manfaat pillar page terhadap performa SEO.
Daftar Isi
ToggleManfaat pillar page
Pillar page masih jadi metode yang diminati karena dapat bertahan dari perubahan algoritma Google. Menyajikan informasi yang relevan dan berkelanjutan adalah kunci agar bisnis Anda berumur panjang.
Manfaat ini dapat Anda temukan melalui aktivitas pillar page. Berikut ini adalah manfaat pillar page.
Membangun Reputasi Keahlian dan Spesialisasi Bisnis Anda
Pillar page merupakan cara untuk menunjukan keahlian bisnis Anda secara komprehensif. Anda dapat memasukan berbagai hal seperti hasil kerja, studi kasus, wawancara, hingga temuan terkait bisnis Anda.
Konten yang dibangun haruslah relevan, mengedepankan manusia, memberi manfaat, dan membangun reputasi dengan menunjukan kredibilitas. Melalui cara ini, mesin pencari akan merekomendasikan bisnis Anda kepada calon konsumen Anda.
Meningkatkan Performa SEO
Menyajikan konten bermanfaat dan relevan bagi pengunjung akan menarik mesin pencari untuk mempromosikan situs Anda. Secara tidak langsung, situs Anda lebih mudah ditemukan karena mendapat ranking Google.
Pillar page dapat menjadi cara untuk membangun tautan internal antara pilar page ke cluster page, atau sebaliknya. Teknik ini dapat meningkatkan relevansi dan otoritas situs Anda.
Meningkatkan Pengalaman dan Keterlibatan Pengunjung
Menyajikan konten berkualitas secara menyeluruh berdampak langsung pada pengalaman pengunjung situs Anda. Terutama jika Anda menyusun content pillar yang jelas, bervariasi, dan relevan dengan topik utama untuk menaikan durasi kunjungan.
Bentuk lain dari pillar page ialah memudahkan pengunjung Anda mencari informasi yang mereka butuhkan. Sebab, pillar page sering digunakan sebagai pintu masuk ke website.
Pintu masuk semakin ramai pengunjung jika di dalamnya banyak tempat-tempat penyedia informasi. Jika Anda masih bingung, maka bayangkan saja Anda melewati pintu masuk taman bermain kemudian dihadapkan dengan beragam wahana.
Mensukseskan Strategi Content Marketing
Pillar page bukan hanya sekadar tempat menampung tautan internal, tetapi dapat mendukung keberhasilan strategi content marketing.
Membangun strategi content marketing memakai pillar page membantu menjaga kualitas dan efektivitas eksekusi. Menyederhanakan proses editorial dan memudahkan pemantauan kinerja konten.
Kemudahan ini membuat bisnis Anda lebih kompetitif, relevan, dan mudah ditemukan mesin pencari dan pengunjung.
Langkah-Langkah Membuat Pillar Page
Anda dapat membuat pillar page untuk bisnis Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:
Menentukan Tema Konten
Sebelum memutuskan membuat pillar page, tentukan tema konten yang akan Anda kerjakan. Pilihlah tema yang sesuai dengan bisnis atau situs Anda.
Katakanlah Anda menjalankan bisnis distributor Air Conditioner untuk gedung perkantoran. Berdasarkan hal itu, maka Anda dapat memakai tema “AC untuk Gedung Perkantoran” sebagai pillar page.
Dengan menentukan tema konten, Anda bisa dengan mudah membuat konten yang sejalan dengan bisnis. Dengan ini, reputasi dari bisnis Anda perlahan terbangun.
Menentukan Subtopik
Setelah menentukan tema, buatlah daftar sub topik yang saling berkaitan dengan tema besar konten. Sub topik ini nantinya Anda gunakan untuk membangun cluster page.
Mengambil contoh tema “AC untuk Gedung Perkantoran’, sub topik yang sesuai dengan tema ini adalah
- Bagaimana cara menghitung beban pendinginan AC untuk Gedung Perkantoran
- Cara instalasi AC untuk Gedung Perkantoran
- Penyebab AC Gedung Perkantoran Tidak Dingin
- Jenis AC untuk Gedung Perkantoran
Menentukan User Intent
User intent merupakan kata kunci intensi ketika hendak mencari sesuatu di mesin pencari. Pendekatan ini dapat Anda gunakan ketika membuat pillar page.
Menentukan user intent tidak selalu berdasarkan kata kunci. Lebih dari itu, Anda dapat membuat sistem, bagaimana dan mengapa situs Anda harus dikunjungi.
Membuat Content Strategy
Pillar page tidak akan berjalan jika tidak ada strategi konten. Buat dan susunlah konten-konten agar saling terhubung satu sama lain.
Identifikasi bagaimana setiap konten saling berkaitan untuk mendukung pillar page demi keberhasilan bisnis Anda. Langkah ini dapat Anda mulai dengan melakukan riset kata kunci untuk setiap konten.
Kemudian, menyusun rencana pembuatan konten untuk situs Anda.
Buatlah Jadwal Rilis Konten
Langkah berikutnya adalah membuat jadwal rilis konten untuk pillar page. Merilis konten secara berkala membantu Anda mendatangkan leads, otoritas, dan membangun reputasi.
Buat Struktur Pillar Page
Setelah dapat jadwal rilis, buatlah struktur pillar page yang meliputi internal link dan cluster page. Umumnya pillar page dimulai dari tema besar secara umum.
Pillar page lebih banyak menjelaskan hal-hal umum dan generik terkait sebuah topik. Kemudian, topik umum ini dapat Anda arahkan ke cluster page untuk mendapatkan informasi detail dan mendalam.
Masukkan Tautan Internal
Tautan konten ke pillar page ke cluster page, begitu juga sebaliknya. Langkah ini cocok untuk konten baru atau konten yang sudah ada.
Memasang tautan internal ke halaman lain memudahkan pengunjung dan mesin pencari menavigasi situs Anda. Dengan ini performa SEO dan pengalaman pengguna semakin membaik.
FAQ Seputar Konten
- Apa itu pillar page? : Pillar Page adalah halaman yang menguraikan informasi dalam satu tempat. Informasi merujuk pada konten pada tema yang sama untuk diinformasikan kepada pengunjung.
- Apa manfaat pillar page : Pillar page bermanfaat untuk membangun reputasi situs Anda, menaikkan performa SEO, dan mensukseskan strategi content marketing.
Dapatkan Free Audit
Sebelum kita sampai kepada kesimpulan dari pembahasan “Manfaat Pillar Page” ini, MinTiv ingin menginfokan kepada Anda, bahwa Creativism sedang ada jasa Free Audit Website.
Bagaimana cara mendapatkannya?.
Anda cukup klik tombol Free Audit, kemudian isi detail formulirnya. Hasil audit akan kami kirim via whatsapp/email.
Kesimpulan
Manfaat pillar page bagi bisnis Anda adalah membangun otoritas, mendukung performa SEO, dan mensukseskan strategi content marketing. Menyusun pillar page dapat dimulai dari menyusun tema, sub tema, itensi, jadwal rilis, dan kerangka pillar page.
Artikel ini, dikreasikan oleh Tim Agency SEO Creativism. Agency SEO yang siap berikan pelayanan SEO terbaik dan lengkap sesuai dengan kebutuhan website klien. Hubungi kami langsung melalui WhatsApp 6281 22222 7920, untuk dapat layanan Jasa SEO Website Terbaik, segera!.