Tugas Utama SEO Agency – SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Sebuah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman pertama Google, search engine terpopuler di dunia. Ilmu optimasi website ini biasanya dilakukan pada keyword tertentu yang menjadi target utama. Di dalamnya, Anda akan mempelajari banyak hal penting, terutama yang menyangkut soal 4 metode utama yakni On-Page SEO, Off-Page SEO, Local SEO dan juga Technical SEO.
Selain itu, Anda juga diharuskan peka terhadap algoritma terbaru dari Google. Hal ini penting untuk Anda perhatikan karena dapat memengaruhi jalannya berbagai strategi di 4 jenis metode SEO utama. Tentu saja menjalankan keempat metode sekaligus memastikannya sesuai dengan algoritma terbaru Google bukanlah perkara yang mudah.
Terlebih untuk pebisnis yang sibuk lalu lalang memperhatikan kinerja karyawan, data penjualan dan meeting dengan calon klien. Tidak heran jika kebanyakan pebisnis lebih memilih untuk menjalankan SEO marketing ini menggunakan jasa pihak ketiga, yakni SEO agency.
Secara garis besar, SEO agency memiliki tugas utama untuk menerapkan keempat metode SEO sebelumnya sesuai dengan algoritma terbaru. Tapi, agar Anda lebih mengerti apa saja tugas utama SEO agency, di dalam artikel ini, MinTiv akan menjelaskannya secara terperinci dalam 5 bagian. Penasaran apa saja 5 bagian utama SEO agency itu?, simak baik baik artikel ini ya!.
Tugas Utama SEO Agency yang Wajib Anda Ketahui
5 bagian yang MinTiv maksud terdiri dari keyword research, content creation, technical SEO, link building, dan juga reporting. Berikut adalah penjelasan lengkap masing-masing dari 5 bagian tersebut, dimulai dari;
1. Keyword Research
Keyword research adalah proses untuk dapat menemukan keyword utama yang relevan dengan niche utama konten website. Proses ini akan memberikan Anda output berupa keyword mapping. Sesuai dengan namanya, keyword mapping adalah peta kata kunci, yang di dalamnya terdapat daftar main keyword beserta dengan keyword pendukung untuk main keyword tersebut atau kita bisa menyebutnya secondary keyword.
Adanya keyword mapping akan memudahkan Anda, untuk menyusun struktur topik konten lebih rapi dan sehat. Website akan terhindar dari orphaned content, atau konten yang tidak terhubung dengan konten lainnya di dalam domain yang sama. Pengalaman baik yang didapatkan oleh pengunjung website akan meningkat, hal ini wajar terjadi, mengingat struktur konten yang rapi, mampu membantu website memiliki navigasi yang mudah dimengerti.
Hal ini juga akan berimbas pada tingginya dwell time yang dimiliki website tersebut. Nah, proses ini sudah menjadi tugas wajib dari SEO Agency. Tentu saja, keyword yang ditargetkan untuk website klien adalah keyword yang sudah dipikirkan matang-matang.
SEO Agency tidak boleh sembarangan memilih keyword tertentu untuk langsung dioptimalkan. SEO Agency yang baik, pasti akan menjelaskan terlebih dahulu kondisi website Anda. Mereka, SEO Agency tepercaya tidak akan ujug-ujug mengoptimalkan keyword dengan tingkat kesulitan tinggi jika memang website Anda masih baru atau masih butuh banyak proses di bagian low-hanging fruit keyword terlebih dahulu.
2. Content Creation
Sesuai dengan arti katanya, content creation adalah proses produksi konten. Konten website untuk SEO sendiri biasanya terdiri dari 2 jenis, yakni artikel, dan halaman promosi atau landing page. Di dalamnya, Anda diwajibkan untuk memahami 2 jenis ilmu produksi konten, yakni SEO Content Writing dan juga SEO Copywriting.
SEO Content Writing adalah ilmu produksi konten yang di dalam prosesnya melibatkan kaidah penulisan SEO friendly. Ilmu ini banyak diterapkan sebagai bagian dari strategi transfer brand knowledge. Membantu target audience atau pengunjung memahami lebih dalam niche bisnis Anda.
Semakin dalam mereka mengerti niche bisnis Anda, maka semakin mudah pula mereka untuk tertarik bergabung atau terlibat sebagai pembeli di dalam niche bisnis Anda tersebut.
Sedangkan SEO Copywriting adalah ilmu produksi konten yang di dalamnya tidak hanya melibatkan kaidah penulisan SEO friendly saja, tapi juga melibatkan berbagai teknik copywriting populer. Sebut saja seperti AIDA, PAS, BAB, KISS, dan lain sebagainya.
Ini jadi salah satu tugas wajib daripada SEO Agency. SEO Agency yang baik tentu saja akan menjamin Anda mendapatkan proses produksi konten secara berkala. Terlebih lagi yang menyangkut soal proses produksi konten artikel harian atau bulanan. Konten yang diproduksi tentu saja adalah konten yang menarik, baik itu secara teks, maupun ilustrasi yang ditampilkan di dalamnya.
3. Technical SEO
Tugas utama SEO Agency berikutnya adalah Technical SEO. Technical SEO sendiri adalah metode SEO yang seluruh langkah-langkah bersifat teknis. Contoh saja seperti mengatasi masalah konten website yang sulit terindeks, kecepatan loading konten, keamanan dan juga kenyaman website. Metode ini berkaitan erat dengan salah satu faktor ranking Google, yakni User Experience.
SEO Agency yang baik biasanya akan melakukan audit website terlebih dahulu. Dari proses tersebut, dapat diketahui kekurangan, kelebihan serta potensi tersembunyi yang dimiliki sebuah website bisnis.
4. Link Building
Keempat adalah link building. Kita juga bisa menyebutnya sebagai link acquisition. Link building atau link acquisition sendiri adalah proses untuk dapat menanamkan link utama website Anda pada website atau platform yang berbeda. Dari kegiatan link building ini, kita bisa mendapatkan banyak manfaat. Beberapa di antaranya adalah;
- Meningkatkan traffic website, terutama yang berjenis referral traffic.
- Membantu meningkatkan otoritas website, terutama untuk topik konten tertentu.
- Kredibilitas website meningkat secara perlahan.
- Membantu Anda mendapatkan banyak relasi dan kemitraan yang positif.
- Secara tidak langsung, link building dapat membantu konten website Anda untuk perform di SERP (Search Engine Results Page).
Proses link building ini biasanya dilakukan melalui website yang relevan. Yang website website tersebut sudah dihubungi pemiliknya oleh SEO Agency untuk mau diajak kerja sama. SEO Agency lah yang bertanggung jawab untuk mengurus segala keperluan link building ini. Termasuk di dalamnya, membuat artikel backlink.
5. Reporting
Terakhir adalah laporan. Di dalam laporan ini, Anda bisa mendapatkan berbagai penjelasan penting mengenai perkembangan website yang sudah dipegang oleh SEO Agency. Dimulai dari perkembangan metrik, apa saja yang sudah dilakukan, dan juga saran strategi terbaik untuk bulan optimasi website berikutnya.
FAQ Seputar Konten
- Bagaimana caranya agar saya dapat menemukan SEO Agency terpercaya?. Selain dengan memastikan bahwa layanan yang diberikan mencakup 5 tugas utama di atas, Anda bisa membaca lebih lanjut tips dan trik memilih SEO Agency di sini.
Inilah penjelasan lengkap tentang tugas utama SEO Agency yang wajib Anda ketahui. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Lengkap, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Apa itu Visual Brand Guideline?
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.