Bagi yang suka baca berita, mungkin sudah banyak yang sering mendengar jika ekonomi baik global maupun nasional sedang mengalami perlambatan, khususnya di tahun ini. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, karena perilaku konsumen saat ini juga lebih berhati-hati.
Fenomena ini menimbulkan preferensi konsumen baru yang lebih waspada dalam membeli barang. Lantas untuk kita yang ingin berbisnis, apa saja usaha dagang yang menjanjikan di tahun 2025?
Data terbaru menunjukkan bahwa prioritas konsumen saat ini didominasi oleh tiga hal: kebutuhan fisik (70%), perencanaan masa depan (64%), dan kesehatan mental (60%). Pergeseran tren ini seolah memberi pesan bahwa usaha dagang yang menjanjikan bukan lagi yang paling murah dan cepat balik modal.
Oleh karena itu, MinTiv akan merekomendasikan ide usaha menjanjikan yang sesuai dengan prioritas konsumen saat ini.
Daftar Isi
ToggleUsaha Dagang yang Menjanjikan 2025
Ide usaha yang akan MinTiv rekomendasikan mungkin membutuhkan modal investasi yang tidak sedikit dengan segmen pasar kelas menengah yang teredukasi secara memadai.
Namun, bisnis-bisnis ini juga berpeluang untuk terus tumbuh dan relevan dalam jangka panjang. Berikut ini adalah beberapa usaha dagang yang menjanjikan:
1. Makanan Organik Hiperlokal

Sumber: Google Images
Tahukah Anda jika permintaan akan pasar makanan organik di Indonesia tumbuh sekitar 15% di tahun ini? Hal tersebut tidak bisa dilepaskan dari peningkatan kesadaran akan makanan sehat yang minim bahan kimia, khususnya pasca pandemi. Namun, bagaimana caranya agar daging, sayur, dan buah bisa sampai ke tangan konsumen dengan keadaan segar tanpa bahan kimia?
Nah, kata “hiperlokal” di sini menjadi kunci utama, di mana semua produk organik akan dipasok langsung dari petani-petani lokal dalam radius kurang dari 100 km dari pusat distribusi. Dengan rantai pasok yang singkat, tentu makanan tersebut akan tetap segar dan minim jejak karbon, yang mana sesuai dengan pertumbuhan minat akan makanan organik saat ini.
Mungkin Anda pernah mendengar Segari dan Sayurbox, salah dua pemain besar yang bergerak di bidang ini. Biar jadi pembeda, Anda bisa menyediakan platform langganan berbasis web atau aplikasi supaya pelanggan bisa mengustomisasi pesanan dan jadwal pengirimannya sendiri. Selain itu, buatlah storytelling menarik lewat sosial media untuk membangun identitas brand, contohnya cerita tentang para petani lokal dan metode pertaniannya
2. Upcycle Thrifting

Sumber: Google Images
Di sosial media ada banyak sekali akun thrifting yang bertebaran, menunjukkan adanya antusiasme anak muda pada sektor ini. Namun, thrifting pernah menimbulkan pro dan kontra, seperti kualitasnya yang sudah tidak bagus dan dianggap seperti limbah, serta rata-rata pakaiannya merupakan barang impor dan tidak memberdayakan desainer dan pengrajin lokal.
Oleh karena itulah mindset recycle di sini harus diubah menjadi upcycle, di mana pakaian bekas bukan hanya sekedar didaur ulang, tapi juga diberikan nilai tambah baik dari sisi estetika maupun fungsi. Namun, pakaian bekasnya harus diseleksi ketat yang masih bagus dan menarik secara visual. Selain itu, bisnis dagang ini juga harus memberdayakan desainer lokal dengan menjadikan kualitas jahitan sebagai standar utama.
Untuk membina relasi yang lebih dekat dengan konsumen, Anda bisa membangun komunitas aktif di mana anggota-anggotanya bisa melakukan barter. Adakan juga workshop upcycling rutin yang mengundang para desainer lokal. Jangan lupa untuk membuat akun sosial media yang mendokumentasikan seluruh cerita usaha ini mulai dari proses seleksi pakaian bekas, desain dan jahitannya, serta nilai vintagenya.
Baca Juga: Ide Jualan Apa yang Cepat Laku dan Menguntungkan? Berikut 10 Rekomendasinya!
3. Katering Sehat

Sumber: Google Images
Di Instagram dan YouTube, sudah banyak KOL dari kalangan kesehatan dan kebugaran yang menjadi influencer. Engagement mereka pun juga cukup besar, sehingga tak terelakkan lagi dapat memengaruhi perilaku konsumen untuk memilih makanan yang sehat. Nah, hal ini bisa jadi peluang bagi Anda untuk membuka usaha katering sehat.
Jadi, katering ini akan disesuaikan dengan kebutuhan spesifik konsumen seperti penurunan berat badan, peningkatan massa otot, hingga mengelola kadar diabetes. Terlebih lagi, saat ini ada tren global yang juga sampai ke Indonesia, yaitu personalized nutrition. Makanan sehat tak lagi dikategorikan satu untuk semua, karena semuanya harus disesuaikan dengan masing-masing tubuh konsumen.
Namun, memang ada satu tantangan besar pada katering sehat, yaitu rasa. Tidak bisa dipungkiri rata-rata makanan sehat memiliki rasa hambar. Karena itu sebaiknya investasikan modal yang cukup besar untuk meriset dan menciptakan hidangan dengan rasa yang tidak hambar, tapi tetap dapat memenuhi kebutuhan setiap konsumen. Jangan lupa juga untuk menawarkan paket katering yang disertai konsultasi online dengan ahli gizi atau pakar kebugaran.
4. Produk Anak Premium dan Edukatif

Sumber: Google Images
Tidak sampai sepuluh tahun lagi, generasi milenial dan Z akan menjadi orang tua yang memiliki anak. Sedangkan kedua generasi ini merupakan yang paling terpapar dan teredukasi akan isu-isu lingkungan dan parenting dari sosial media. Produk anak ini harus memenuhi kriteria: modern dan estetik, dibuat dengan bahan yang aman dan berkelanjutan, dan memiliki nilai edukasi yang jelas.
Anda bisa mengintegrasikan konsep montessori ke dalam mainan anak, yaitu pendekatan yang menekankan anak untuk belajar mandiri dengan lingkungan yang disesuaikan. Contohnya seperti puzzle telur untuk melatih motorik halus dan pengenalan bentuk. Nanti setiap mainannya akan dikategorisasi secara spesifik berdasarkan rentang usia anak. Lalu tentunya bahan-bahannya juga harus yang ramah lingkungan dan non-toksik untuk anak.
Untuk membangun basis konsumen yang kuat, Anda bisa mencontoh strategi Tupperware dengan membentuk komunitas atau kelompok sosial berisi ibu-ibu lewat berbagai kegiatan. Nanti, produk mainan tersebut bisa didemonstrasikan dari cara memakainya hingga manfaatnya bagi tumbuh kembang anak.
FAQ Seputar Konten
- Bagaimana cara mengetahui ide bisnis sesuai tren atau tidak?. Anda bisa meriset kata kunci yang sedang tren di Google Trends atau Google Keywords Planner. Selain itu, Anda juga bisa membaca-baca laporan dan survei yang dikeluarkan oleh platform seperti Katadata, McKinsey, Nielsen, dll.
- Apakah pemula bisa mencoba ide bisnis di atas?. Walaupun memerlukan modal yang tidak sedikit, tapi ide-ide yang MinTiv berikan bisa dicoba tanpa background berjualan sekalipun. Yang terpenting adalah tekad serta ketekunan Anda untuk belajar, menguji ide, dan beradaptasi dengan tren.
- Model bisnis seperti apa yang cocok secara online atau offline?. Untuk bisnis seperti makanan organik mungkin akan lebih baik dilakukan secara offline karena memerlukan pusat distribusi fisik. Sedangkan bisnis seperti thrifting upcycle bisa dipromosikan cukup lewat sosial media.
- Apa pentingnya komunitas untuk suatu ide bisnis?. Komunitas akan menciptakan basis konsumen yang loyal. Dengan begitu, brand awareness bisa tersebar secara luas.
- Apa saja yang harus dimaksimalkan agar usaha dagang efektif?. Beberapa aspek yang perlu dioptimalkan di antaranya adalah storytelling kelebihan dan keunikan produk, menggunakan testimoni sebagai bukti sosial, memaksimalkan marketing media sosial, hingga berkolaborasi dengan influencer atau KOL.
Baca Juga: 5 Ide Promo Akhir Tahun untuk Meningkatkan Penjualan
Dapatkan Free Audit
Sebelum kita sampai kepada kesimpulan dari pembahasan “Usaha dagang yang menjanjikan” ini, MinTiv ingin menginfokan kepada Anda, bahwa Creativism sedang ada jasa Free Audit Website.
Bagaimana cara mendapatkannya?
Anda cukup klik tombol Free Audit, kemudian isi detail formulirnya. Hasil audit akan kami kirim via whatsapp/email.
Kesimpulan
Di tengah ketidakpastian ekonomi, konsumen cenderung lebih waspada dalam membeli barang. Karena itulah ide usaha dagang yang menjanjikan rata-rata memerlukan modal yang tidak sedikit serta ketekunan yang tinggi.
Setelah membaca ulasan MinTiv, apakah di sini ada yang tertarik untuk mencoba salah satu ide bisnis di atas? Jawab di kolom komentar ya!
Artikel ini, dikreasikan oleh Tim Agency SEO Creativism. Agency SEO yang siap berikan pelayanan SEO terbaik dan lengkap sesuai dengan kebutuhan website klien. Hubungi kami langsung melalui WhatsApp 6281 22222 7920, untuk dapat layanan Jasa SEO Website Terbaik, segera!.