Apa itu Content Hook – Ada banyak hal penting yang mesti kita pelajari ketika memutuskan untuk terjun ke dunia digital marketing. Satu yang pasti, kita harus dapat memahami dengan baik proses perumusan content marketing. Sesuai dengan namanya, content marketing adalah taktik pemasaran yang memanfaatkan konten sebagai poros utamanya.
Di dalamnya, kita dapat mengenal 2 bagian utama, yakni Content Pillar dan juga Distribusi Konten. Kedua bagian ini, harus dapat Anda rancang sebaik mungkin, terlebih untuk bagian Content Pillar. Anda harus benar-benar dapat menyusun content pillar yang benar-benar “nendang”, alias dapat menarik perhatian target audience.
Apabila proses perumusan content pillar ini sudah tepat sasaran, maka langkah Anda selanjutnya untuk membuat konten turunannya akan jauh lebih mudah. Di dalam perumusan content pillar dan juga turunannya ini, ada satu bagian kecil yang tidak boleh terlewatkan.
Baca Juga: Apakah Anggapan SEO Gitu Gitu Aja Adalah Benar?
Bagian kecil ini adalah Content Hook. Bagian atau elemen kecil inilah yang nantinya dapat membantu promosi konten Anda mendapatkan perhatian lebih dari banyak target audience. Lantas, apa itu content hook? apa saja fungsi atau manfaatnya, dan bagaimana cara membuatnya?.
MinTiv akan menjelaskan semua pertanyaan Anda di atas lengkap di dalam artikel ini. Jadi, simak baik-baik ya!.
Daftar Isi
ToggleApa itu Content Hook?
Hook adalah istilah yang sebenarnya lebih akrab dalam dunia olahraga tinju. Hook adalah pukulan setengah memutar yang mendarat di wajah lawan. Pada gerakan ini, siku terlipat, dan tangan mengepal menghadap ke bawah, siap untuk menyerang.
Ketika hook dilepaskan, tubuh petinju akan berputar searah jarum jam, mengandalkan daya putar batang tubuh dan pinggul. Ini adalah salah satu senjata efektif untuk petinju bisa mengalahkan lawannya. Ketika lawan terkena pukulan, tentu saja perhatian mereka untuk bisa memenangi pertandingan menjadi terpecah.
Nah, mungkin saja ada content marketer yang terinspirasi dari jurus ini, lalu merumuskannya ke dalam strategi konten. Dalam dunia content marketing, content hook dapat kita artikan sebagai elemen konten yang dapat memecah perhatian target audience, dan juga membangkitkan hasrat mereka terhadap sesuatu yang diinformasikan atau dipromosikan.
Hook sangat diperlukan untuk setiap jenis konten digital, baik itu di media sosial, atau pun di dalam website. Peran content hook sangat krusial di detik-detik pertama target audience melakukan interaksi.
Fungsi Content Hook
Ada banyak fungsi atau manfaat yang bisa kita dapatkan dari Content Hook ini. Beberapa di antaranya seperti;
- Dapat menarik perhatian target audience.
- Membangkitkan rasa ingin tahu dari target audience.
- Efektif memicu interaksi dari audiens, entah itu berupa komentar, share atau tindakan lainnya yang memengaruhi metrik engagements.
- Membantu transisi konten lebih cepat.
- Penyampai pesan inti.
Bagaimana Cara Membuat Content Hook yang Menarik?
Sebelum lanjut menjelaskan bagaimana caranya, ada baiknya untuk Anda memahami terlebih dahulu beberapa jenis daripada content hook ini. Secara umum, content hook dapat dibagi menjadi 6 jenis utama. 6 jenis utama ini dimulai dari;
- Pertanyaan provokatif. Semisal: “AI Semakin Berkembang, Benarkah SEO Bakalan Mati?”.
- Fakta menarik. Semisal “Tahukah Kamu?, 5 di antara 10 Website Populer Dikunjungi oleh Netizen Indo, adalah Web Anime”.
- Quote. Semisal “Memahami SEO itu Memang Mudah, Menjalankan SEO Secara Konsisten, Itu yang Sulit!”.
- Cerita pribadi. Semisal “Hanya dalam 1 Tahun, Kami Berhasil Mendapatkan 3.K Traffic Web Organic, Stabil”.
- Narasi visual. Semisal menampilkan talent yang sedang ingin duduk dan kemudian membicarakan topik konten. Kita bisa menyebut jenis content hook ini sebagai visual hook.
- Tawaran eksklusif. Semisal “Hanya di Bulan Ini Saja, Terdapat Potongan Harga Spesial untuk Setiap Pembelian bla-bla”.
Setelah mengetahui jenis jenis content hook di atas, kini saatnya mempelajari cara membuat content hook yang menarik.
Tips dan Trik Content Hook Menarik
- Tetapkan tujuan utama konten Anda, entah itu untuk edukasi atau untuk mendapatkan konversi langsung.
- Pahami dengan baik siapa target audience Anda. Dapatkan data buyer persona yang benar-benar relevan dengan tujuan kampanye konten Anda.
- Gunakan salah satu jenis content hook sebelumnya. Anda bisa saja menggunakan 2 jenis content hook atau bahkan mengombinasikannya.
- Pelajari lebih dalam emotional marketing. Anda bisa sesekali memanfaatkan trend yang tengah berlangsung.
- Pastikan content hook tetap sederhana. Anda harus bisa menggunakan kombinasi kata yang singkat dan mudah dipahami oleh target audience.
- Pastikan kata kunci utama konten, ada di dalam content hook ini.
- Lakukan uji coba berulang kali. Jika gagal di percobaan pertama, lakukan lagi di percobaan kedua dengan strategi yang berbeda pula.
FAQ Seputar Konten
- Apa itu Content Hook?. Elemen konten yang dapat memecah perhatian target audience, dan juga membangkitkan hasrat mereka terhadap sesuatu yang diinformasikan atau dipromosikan.
- Bisakah content hook ini terapkan pada SEO marketing?. Tentu saja bisa, Anda bisa menggunakan content hook ini untuk keperluan judul, atau subheading konten.
Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu content hook. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa Konten Digital Terbaik, baik itu untuk keperluan Instagram, TikTok, atau SEO website, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Jasa SEO Jogja Creativism, Pelayanan Lengkap dan Terbaik
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.