Apa itu Favicon – SEO adalah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman pertama hasil pencarian search engine. Terutama search engine terpopuler di dunia yakni Google. Ilmu ini mengharuskan Anda untuk dapat memahami 4 metode SEO utama, yakni SEO On-Page, SEO Off-Page, Local SEO, dan juga juga Technical SEO.
Semua teknik penerapan yang ada di dalam 4 metode SEO ini, harus dapat Anda jalankan dengan baik dan pastinya sesuai dengan algoritma terbaru Google. Anda harus dapat memastikan seluruh elemen website yang ada berjalan dengan maksimal. Termasuk dengan elemen terkecil sekalipun layaknya favicon.
Apa itu favicon?. Mengapa kita perlu memaksimalkan favicon, dan bagaimana pengaruhnya untuk SEO?. Semua pertanyaan Anda ini, akan MinTiv jawab lengkap di dalam artikel, jadi simak baik-baik ya!.
Apa itu Favicon?
Favicon adalah singkatan dari favorit icon, sebuah icon yang biasanya muncul di sebelah kiri alamat URL website yang terbuka di tab browser. Favicon berfungsi sebagai representasi visual dari website yang dikunjungi pelanggan. Memudahkan mereka untuk mengenali website Anda.
Dapat dikatakan bahwa favicon adalah salah satu peneperan dari brand visual. Biasanya favicon berisikan logo dari brand itu sendiri. Lalu, bagaimana caranya membuat favicon ini?. Tentu saja Anda harus dapat mengetahui ukuran terbaik dari favicon itu sendiri.
Anda bisa menggunakan beberapa desain ukuran favicon di bawah ini sebagai referensi;
- 16×16 pixel untuk tab browser.
- 32×32 pixel untuk bookmark dan juga shortcut.
- 48×48 pixel untuk Windows shortcut.
- 64×64 pixel untuk perangkat dengan resolusi layar tinggi.
Adapun formatnya, yang paling umum adalah ICO. Tapi Anda juga bisa menggunakan format PNG, GIF atau pun SVG.
Secara umum, favicon untuk website memiliki banyak manfaat terutama yang berhubungan dengan kekuatan branding atau identitas. Adanya favicon tentu akan menjadikan pengalaman pengunjung website lebih baik. Mereka bisa dengan mudah menandai tab tertentu. Favicon juga menjadikan kesan profesional pada web bisnis bertambah.
Bagaimana Pengaruh Favicon untuk SEO?
Kita sudah mengetahui manfaat favicon secara umum untuk website bisnis. Lalu, bagaimana pengaruhnya untuk SEO?. Perlu diketahui bahwa favicon tidak memiliki dampak langsung untuk SEO. Tapi, favicon dapat membantu target audience lebih mudah mengenali web Anda di SERP.
Baik itu di versi desktop dan juga versi mobile. Google juga tidak pernah merincikan apakah favicon ini benar-benar memiliki pengaruh langsung pada SEO atau tidak. Meskipun begitu, favicon tetap memiliki pengaruh pada SEO walau tidak secara langsung. Pengaruh favicon pada SEO ini berkutat pada elemen user experience.
FAQ Seputar Konten
- Apakah favicon wajib ada untuk semua website?. Tidak wajib, hanya saja penggunaan favicon sangat direkomendasikan karena dapat memperkuat brand visual bisnis Anda.
- Apakah favicon berbentuk animasi diperbolehkan? Boleh, tetapi favicon berbentuk animasi cenderung lebih berat untuk di load oleh server website.
- Bolehkah saya menggunakan favicon yang berbeda untuk setiap halaman?. Tentu saja boleh. Hanya saja menggunakan satu favicon untuk seluruh halaman akan menciptakan kesan brand visual yang konsisten.
Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu favicon dan bagaimana pengaruhnya untuk SEO. Apabila Anda ingin mendapatkan Jasa SEO Terbaik dan Lengkap, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: 10 Ide Bisnis yang Bisa Kamu Terapkan di Yogyakarta
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda.
Promo Spesial Agustus 2024
Di bulan yang spesial ini, Creativism tengah mengadakan Promo naSEOnal untuk paket Bronze. Anda bisa membaca keterangan lengkap mengenai promo naSEOnal spesial ini melalui Instagram mereka di @creativism.id.
Silahkan hubungi mereka melalui nomor WhatsApp 081 22222 7920 untuk konsultasi lebih lanjut. Semoga informasi ini bermanfaat.