SEO Audit Tools – SEO adalah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman pertama Google. Ilmu optimasi website ini difokuskan pada keyword tertentu yang menjadi target utama. Di dalam prosesnya, Anda harus dapat memahami dengan baik 4 metode SEO utama, yakni On-Page SEO, Off-Page SEO, Local SEO, dan juga Technical SEO.
4 metode SEO ini harus dapat Anda jalankan secara maksimal dan juga sesuai dengan algoritma terbaru Google. Ya, ada banyak hal yang mesti Anda pahami dan jalankan ketika memilih SEO sebagai channel marketing utama. Terlebih lagi yang menyangkut soal SEO audit.
Sesuai dengan namanya, SEO audit adalah proses evaluasi performa website dalam hal SEO. Proses ini dilakukan demi dapat mengetahui persentase metrik performa yang sudah didapatkan oleh website dan itu berhubungan dengan SEO.
Baca Juga: Apa itu Tangential SEO?
Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari proses ini. Beberapa di antaranya seperti;
- Anda jadi dapat mengetahui konten manakah yang memiliki performa terbaik, dan mana yang memiliki performa kurang baik atau bahkan buruk.
- Anda jadi tahu bagian website manakah yang perlu perbaikan atau optimasi lebih.
- Sumber backlink yang bernada toxic, bisa dengan mudah Anda ketahui. Anda bisa menghapus sumber backlink tersebut.
- Sumber backlink yang potensial bisa Anda ketahui dan manfaatkan.
- Dan lain-lain.
Untuk dapat melakukan SEO audit sendiri bukanlah perkara yang sulit. Terlebih lagi di era serba digital sekarang ini. Kita dapat memanfaatkan banyak SEO audit tools yang tersedia di internet. 5 di antara banyak SEO audit tools tersebut akan MinTiv kupas lengkap di dalam artikel ini. Penasaran apa saja?, simak baik-baik artikel ini ya!.
5 SEO Audit Tools yang Wajib Anda Coba
1. Google Search Console
SEO audit tools pertama yang akan MinTiv bahas adalah Google Search Console. Sesuai dengan namanya, Google Search Console adalah layanan gratis dari Google yang memungkinkan penggunanya untuk dapat memonitor performa website.
Di dalam tool ini, pengguna bisa mengetahui banyak metrik-metrik penting seperti jumlah klik yang didapatkan, jumlah page indexing, performa metrik experience, terutama yang berkaitan dengan Core Web Vitals, metrik Enhancements dan lain-lain.
Di dalam Google Search Console, pengguna juga bisa mendapatkan informasi penting mengenai penyebab mengapa halaman atau konten website tertentu gagal terindeks. Keterangan yang diberikan akan memudahkan pengguna untuk melakukan prosedur Technical SEO.
2. Google Pagespeed Insights
Kedua, adalah Google Pagespeed Insights. Sama seperti sebelumnya, Google Pagespeed Insights adalah layanan gratis yang disediakan oleh Google untuk penggunanya. Di dalam tool audit satu ini, Anda bisa mengetahui performa website terutama pada 2 jenis perangkat akses utama, yakni mobile dan juga device.
Di dalamnya, Anda dapat mengetahui performa website terutama yang berkaitan dengan metrik Core Web Vitals. Anda dapat mengetahui kecepatan loading konten yang server website Anda miliki.
Di dalamnya, Anda juga dapat melihat catatan diagnosa mengenai kesehatan website. Catatan diagnosa ini, bisa Anda manfaatkan untuk keperluan Technical SEO.
3. Google Analytics
Ketiga, masih dari layanan gratis yang disediakan oleh Google untuk penggunanya. Kali ini kita akan membahas tentang Google Analytics. Sesuai dengan namanya, Google Analytics akan memudahkan penggunanya untuk melakukan analisa performa website, mirip dengan Google Search Console, hanya saja dengan analisis metrik yang lebih luas dan juga bersifat real-time.
Di Google Analytics, Anda dapat mengetahui demografi pengunjung lengkap. Seperti dapat mengetahui jenis perangkat apakah yang sering mereka gunakan untuk mengakses website utama Anda.
Dari lokasi manakah mereka berasal. Jam atau di waktu apakah website Anda ramai dikunjungi, jumlah bounce rates yang didapatkan, aktivitas apa saja yang pengunjung website lakukan, dan lain-lain. Perlu diketahui bahwa Google Analytics ini juga sering digunakan untuk kegiatan SEM (Search Engine Marketing).
4. Google Keyword Planner
Lagi-lagi dari layanan gratis yang disediakan Google. SEO audit tools keempat yang akan kita bahas adalah Google Keyword Planner. Seperti yang sudah bisa Anda tebak, Google Keyword Planner adalah tool yang memudahkan penggunanya untuk melakukan riset keyword.
Tool ini dapat membantu pengguna mengetahui prospek dari keyword tertentu yang akan menjadi target utama. Di dalamnya, pengguna bisa melihat metrik search volume, dan juga level competition dari keyword yang bakal ditargetkan.
Google Search Console sendiri memiliki 2 fitur utama, yakni Discover new keywords dan juga Get search volume and forecasts. Perlu diketahui bahwa Google Keyword Planner adalah bagian dari fitur Google Ads. Sebuah tool yang digunakan untuk kegiatan SEM.
5. SEMrush
Terakhir adalah SEMrush. Dapat dikatakan bahwa SEO audit tools yang terakhir ini, menjadi yang paling powerful dibandingkan dengan 4 tool sebelumnya.
Di SEMrush, kita bisa melakukan banyak hal yang berkaitan dengan audit. Kita dapat mengetahui performa website dari banyak metrik-metrik, mengetahui content gap dari web kompetitor, analisis backlink, dan juga audit kesehatan website.
Satu-satunya yang mungkin menjadi kekurangan dari SEMrush, terlebih bagi pemula di bidang SEO adalah harga berlangganannya yang cukup tinggi.
FAQ Seputar Konten
- Apakah kita bisa melakukan SEO audit secara manual tanpa tools sama sekali?. Tentu saja bisa. Kita bisa mulai dari membaca konten website yang ada, apakah menarik atau tidak. Memastikan setiap link di dalam website tersebut tidak berakhir dengan deadlink, dapat diakses dengan baik di perangkat mobile, dan lain sebagainya. Tentu saja, cara manual seperti ini akan memakan waktu yang sangat lama.
- Apakah ada saran tools lainnya?. Ada. Anda dapat mencoba untuk menggunakan Ahrefs, SEO Surfer, Ubersuggest, dan lain sebagainya.
- Berapa kali saya harus melakukan SEO audit?. Anda bisa melakukannya setiap seminggu sekali atau 1 bulan sekali. Tapi, perlu diketahui bahwa waktu ini tergantung dari kebutuhan dan tujuan website sendiri.
Inilah penjelasan lengkap tentang SEO audit tools. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Lengkap dan Bergaransi, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Apakah Favicon Memengaruhi Performa SEO Website?
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda.
Silahkan hubungi mereka melalui nomor WhatsApp 081 22222 7920 untuk konsultasi lebih lanjut. Semoga informasi ini bermanfaat.