Apa itu Google Post – Di dalam artikel sebelumnya, kita telah mengetahui dengan pasti bahwa salah satu cara terbaik untuk mengoptimalkan Google My Business adalah dengan memanfaatkan Google Post.
Di dalam artikel tersebut MinTiv mengatakan dengan singkat definisi dari Google Post. Yakni salah satu cabang layanan dari Google My Business yang memudahkan penggunanya untuk upload postingan terbaru terkait dengan bisnis.
Ada banyak jenis post yang dapat diunggah di sana, beberapa di antaranya adalah;
- Apa yang Baru
- Acara
- Penawaran
- Produk
- Pembaruan Jam
- Dan lain-lain.
Tapi, apa sih yang sebenarnya dimaksud dengan Google Post ini?.
Awal mulanya, Google Post adalah layanan dari Google yang diperuntukan khusus untuk calon presiden AS. Fitur ini rilis pertama kali pada Januari 2016. 2 bulan kemudian, fitur ini dibuka untuk komersial bisnis, tetapi hanya untuk beberapa perusahaan lokal.
Baca Juga: Apa itu Google Reader Revenue
Setelah cukup lama beredar, fitur ini kemudian resmi dibuka untuk umum. Tenang, MinTiv tidak akan membahas lebih lanjut mengenai sejarah Google Post. Di dalam artikel ini MinTiv akan memberikan penjelasan lengkap tentang apa itu Google Post. Jadi simak baik-baik ya!.
Apa itu Google Post
Sesuai dengan namanya, Google Post adalah layanan Google yang memudahkan pengguna untuk melakukan posting konten. Postingan konten yang dimaksud mirip dengan postingan pada media sosial. Singkat dan padat dengan teks, konten visual dan juga hyperlink.
Secara garis besar manfaat daripada Google Post hampir mirip dengan manfaat posting konten di media sosial. Hanya saja memang lebih fokus kepada informasi penawaran, konten bisnis terbaru, info pemesanan, dan informasi musiman.
Google Post dapat bertindak layaknya alat promosi yang sederhana. Melalui Google Post pula seorang pelanggan bisa mendapatkan informasi terkait tindakan yang perlu diambil ketika tertarik dengan informasi bisnis yang diberikan. Adapun informasi yang diberikan dalam Google Post dapat bertahan selama 6 bulan sebelum dipindahkan ke posisi Knowledge Panel.
Pebisnis dapat menggunakan Google Post ini untuk membuat;
- Pengumuman perusahaan seperti produk baru, layanan baru, dan lain-lain.
- Acara yang akan datang.
- Halaman produk terlaris.
- Menu makanan dan minuman.
- dan lain-lain.
Cara Posting di Google Post
Anda dapat dengan mudah memposting konten bisnis di Google Post hanya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Dimulai dari;
- Login dan akses Google My Business Anda terlebih dahulu.
- Kunjungi profil Google My Business Anda dengan ketikan nama bisnis Anda
- Klik tepat pada bagian “Tambahkan pembaruan” lalu pilih jenis postingan yang mau ditambahkan.
- Isi kolom yang ada sesuai dengan konten yang ingin Anda sampaikan pada audience. Setelah selesai, posting, dan tunggu hingga hasilnya kelihatan.
Ingat untuk selalu posting konten yang terbaik, baik itu dari sisi copy, visual grafis, dan juga video. Adapun format terbaik untuk upload elemen multimedia gambar dan video di Google Post adalah;
- Format gambar: JPG atau PNG.
- Rasio aspek: 4:3, 1200 x 900 piksel, minimumnya 480 x 270 piksel, file size 5 MB.
- Spesifikasi video: resolusi minimum 720p, durasi 30 detik, dan file size 75 MB per video.
Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu Google Post. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Lengkap dengan layanan Local SEO, hubungi Creativism.
Baca Juga: Cara Memilih Jasa SEO Terbaik
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.