Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa logo apel yang digigit separuh bisa menjadi simbol yang ikonik dari perusahaan Apple? Lalu, mungkin ada yang pernah melihat logo Google atau FedEx? Kedua logo tersebut hanya menggunakan tulisan yang sama persis seperti nama perusahaannya, dan sekilas tampak sederhana.
Dua contoh tadi disebut sebagai logotype. Lantas, apa itu logotype? Apa yang membuat logotype jadi sangat powerful?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita harus melihat ke anatomi dari logo tersebut. Hampir setiap jenis logo memiliki anatominya masing-masing yang mengekspresikan suatu nilai atau estetika tersendiri.
Baca Juga: Contoh Logo Brand Terbaik Lokal dan Internasional
Logotype bukan pengecualian di sini, dan bahkan anatominya tidak semudah yang dikira. Karena itulah MinTiv ingin membahas terkait apa itu logotype beserta anatominya.
Yuk simak ulasan berikut!
Daftar Isi
ToggleApa itu Logotype?
Yang perlu dibedakan terlebih dahulu adalah logo dengan logotype. Logo merupakan simbol atau desain yang berfungsi dalam mengidentifikasi dan merepresentasikan suatu perusahaan atau brand. Jenis logo ada macam-macam, dan salah satunya adalah logotype.
Biasanya logo menggabungkan berbagai elemen seperti teks dan gambar. Namun, logotype hanya berisi teks saja.
Nah, logotype sendiri adalah jenis logo yang sangat menonjolkan tipografi atau font sebagai elemen visual utamanya. Logotype umumnya berisi nama suatu perusahaan tanpa embel-embel apapun seperti pada logo Coca-Cola, Google, atau FedEx. Di dunia desain, logotype sering disebut sebagai wordmark
Logotype merupakan lawan dari logomark. Jika logotype mengandalkan tipografi yang cantik untuk menciptakan identitas visual yang menarik, maka logomark menggunakan simbol visual atau elemen grafis. Contoh dari logomark bisa ditemukan pada Apple, Pepsi, atau Twitter (logo yang lama).
Di dunia bisnis, logotype memainkan peran yang sangat penting dalam membentuk branding lewat desain grafis yang mencerminkan nama atau identitas perusahaan secara langsung. Logotype cenderung didesain agar mudah diingat, praktis, dan serbaguna.
Hal tersebut memungkinkan logotype untuk bisa dipajang di mana saja tanpa harus dimodifikasi baik itu di hp, brosur, papan reklame, hingga gedung sekalipun.
Baca Juga: 7 Contoh Gambar Logo & Tips Memilihnya
Anatomi Logotype
Pasti di sini sudah banyak yang tidak sabar untuk mengetahui apa saja anatomi dari logotype.
Ada tiga anatomi yang membuat logotype bisa sukses mengangkat nama brand di mata audiens, yaitu tipografi, spasi, dan detail-detail tersembunyi. Biar lebih jelas, berikut ini MinTiv telah merangkum apa saja anatomi logotype:
1. Tipografi

Sumber: Google Images
Tipografi adalah teknik merangkai dan menulis kata atau huruf agar terlihat cantik tapi tetap mudah dibaca. Di bidang desain grafis, tipografi bukanlah sekedar teks belaka, tapi juga identitas yang akan dibangun pada suatu brand.
Inilah salah satu alasan mengapa logotype lebih rumit di mata para desainer, karena mereka harus menghabiskan waktu lama untuk memilih font yang tepat dan sesuai dengan identitas brand.
Bagi orang awam, mungkin font hanya berfungsi agar sebuah teks bisa enak dilihat. Meskipun tidak salah, tapi setiap font juga memiliki karakternya masing-masing yang sangat melekat.
Ada banyak sekali jenis font, tapi kali ini MinTiv akan menguraikan karakteristiknya secara singkat dari yang paling umum digunakan saja:
- Serif: Tradisional, dapat dipercaya, terlihat formal/resmi, memiliki kesan terhormat, cocok untuk kutu buku.
- Sans-serif: Bersih, modern, teknis, lugas dan jelas.
- Script: Elegan, informal, feminin, friendly, bersahaja.
- Display: Dramatis, tebal, dinamis, canggih, bergaya urban.
2. Spacing

Sumber: designshack.net
Walaupun berisi teks, tentu saja cara kerja desainnya bukan seperti mengetik tulisan belaka. Yang harus diperhatikan secara teliti dan berpengaruh besar terhadap keterbacaan logo adalah spacing.
Pada desain logo, spacing adalah pengelolaan dan penjarakan spasi di antara berbagai elemen yang ada dalam logo. Fungsi spacing bukan hanya untuk keterbacaan saja, tapi juga keseimbangan visual yang mampu menyampaikan identitas brand. Spacing sendiri terbagi jadi tiga:
- Kerning: Metode penyesuaian spasi antara dua huruf atau karakter dalam satu kata agar jaraknya tidak terlalu berdekatan atau berjauhan. Jika tidak diperhatikan, maka kedua elemen pada teks akan menyatu dan sulit dibaca.
- Tracking: Metode ini mirip seperti kerning, hanya fokusnya bukan cuma pada dua huruf/karakter saja, melainkan seluruh huruf yang ada dalam teks.
- Leading: Jika logotype memiliki lebih dari satu kata yang menempati dua garis vertikal berbeda, maka leading adalah metode yang memisahkannya. Fokusnya pun mirip, yakni menjaga agar bagian atas dan bawahnya tidak berdekatan atau kejauhan.
3. Detail Tersembunyi

Sumber: Wikimedia.org
Apakah Anda pernah melihat logo Amazon? Jika dilihat sekilas, logo tersebut hanya berisi tulisan biasa yang mungkin memang merefleksikan identitasnya. Namun, tahukah Anda jika identitas tersebut justru dicerminkan oleh detail kecil yang tak banyak orang ketahui?
Jika diperhatikan, logo Amazon memiliki tanda panah berwarna kuning. Ternyata, tanda tersebut memiliki simbolisasi yang cukup substansial. Tanda panah itu mulai dari huruf A ke huruf Z, yang bermakna bahwa Amazon menjual apapun dari A-Z.
Lambang panahnya juga melengkung seperti senyuman, yang mengisyaratkan bahwa Amazon sangat mengutamakan pelayanan konsumen.
Itulah pentingnya detail tersembunyi pada logotype, yakni untuk menambah kedalaman makna pada identitas suatu brand. Bahkan detail sekecil apapun dapat dengan jelas menggambarkan nilai, sejarah, dan filosofi brand.
Elemen tersembunyi ini juga membuat audiens lebih terhubung dan merasa terdorong untuk menganalisis makna di baliknya.
FAQ Seputar Konten
- Mengapa beberapa brand lebih memilih logotype dari pada logomark?. Beberapa brand memilih logotype karena lebih mudah dibaca di semua media tanpa harus disesuaikan ulang atau kehilangan nilai identitasnya. Untuk perusahaan teknologi, logotype sangat penting karena nama perusahaan adalah identitasnya.
- Apakah bisa menggabungkan logotype dan logomark?. Tentu saja, dan banyak brand yang mengombinasikan keduanya. Contohnya adalah Adidas, NBC, atau Mastercard. Tujuannya adalah menyeimbangkan kejelasan teks dengan branding minimalis berupa elemen visual.
- Bagaimana konteks budaya memengaruhi desain logotype?. Konteks budaya cukup memengaruhi pembuatan logo. Contohnya, di beberapa budaya Asia, simetri dan keseimbangan pada tipografi melambangkan harmoni. Sedangkan di barat, logo minimalis melambangkan modernitas dan progresivitas.
- Kesalahan apa yang sering dilakukan desain pemula saat membuat logotype?. Biasanya desainer awam atau pemula terlalu berfokus pada nilai estetik, seperti memilih font yang terlihat keren tapi tidak mempertimbangkan keterbacaan dan identitas brand. Selain itu, penyesuaian kerning juga jadi isu utama, yang seringkali jadi tidak terlihat profesional.
- Apa yang terjadi pada logotype jika ada rebranding?. Ketika rebranding, rata-rata perusahaan tetap mempertahankan inti dari logotypenya, tapi juga memodifikasi spacing, ketebalan font, atau palet warna. Dengan begitu, suatu brand bisa tetap dikenal walaupun sudah mengalami pergeseran identitas.
Dapatkan Free Audit
Sebelum kita sampai kepada kesimpulan dari pembahasan “Apa itu logotype” ini, MinTiv ingin menginfokan kepada Anda, bahwa Creativism sedang ada jasa Free Audit Website.
Bagaimana cara mendapatkannya?
Anda cukup klik tombol Free Audit, kemudian isi detail formulirnya. Hasil audit akan kami kirim via whatsapp/email.
Kesimpulan
Demikianlah ulasan seputar apa itu logotype beserta anatominya. Kesuksesan suatu logotype tidak dipisahkan dari tipografi, spacing, dan penambahan detail-detail penting yang tersembunyi. Logo yang bagus bukan hanya sekedar estetik, tapi dapat menyampaikan identitas brand dengan makna yang cukup mendalam.
Artikel ini, dikreasikan oleh Tim Agency SEO Creativism. Agency SEO yang siap berikan pelayanan SEO terbaik dan lengkap sesuai dengan kebutuhan website klien. Hubungi kami langsung melalui WhatsApp 6281 22222 7920, untuk dapat layanan Jasa SEO Website Terbaik, segera!.



