Apa itu Pagination – Website adalah sarana terbaik untuk pebisnis dapat mentransfer informasi bisnisnya kepada target audience. Website memungkinkan mereka untuk melakukan promosi melalui berbagai jenis konten multimedia. Dimulai dari teks, audio, gambar, video, dan juga animasi.
Website banyak dipilih oleh para pebisnis karena dapat membantu mereka untuk menghemat lebih banyak ruang penyimpanan data. Ya, ini wajar saja karena data-data tersebut tidak harus memenuhi perangkat fisik teknologi, tetapi hanya akan memenuhi perangkat server website. Alias data dapat diakses melalui jaringan online, tidak membebani memori perangkat fisik seperti komputer, ataupun smartphone.
Lalu, bagaimana pebisnis biasanya melakukan promosi di website?. Tentu ada banyak cara yang bisa pebisnis lakukan dalam proses promosi di dalam website bisnisnya. Yang paling kentara, tentu saja adalah dengan menjalankan blog marketing.
Blog di dalam website bisnis, biasanya menjadi kekuatan sendiri untuk proses berbagai jenis press release. Tentunya, konten informasi yang ditampilkan bukan hanya 1 atau 2, tetapi bisa sampai ratusan atau ribuan, tergantung dari lamanya strategi blog marketing dijalankan.
Semakin banyak konten informasi yang dikreasikan, maka Anda jelas perlu menambahkan halaman tambahan untuk blog tersebut. Menggunakan fitur infinite scrolling untuk sebuah website, bisa jadi pilihan terbaik. Tetapi, fitur seperti ini akan menyulitkan Anda untuk lakukan evaluasi konten secara cepat dan tepat.
Akan lebih mudah jika konten informasi blog yang semakin banyak tersebut, dibuat menjadi halaman-halaman tersendiri yang diberi nomor. Kita bisa menyebut teknik ini sebagai pagination. Apa itu pagination?. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya untuk Anda, simak baik-baik ya!.
Apa itu Pagination?
Didapatkan dari Site Checker, pagination adalah teknik penomoran halaman yang dilakukan secara berurutan. Ya, definisi yang diberikan oleh Site Checker ini, mirip dengan apa yang sudah MinTiv terangkan sebelumnya.
Pagination, memberikan pengunjung website banyak keuntungan. Di antaranya, adalah mereka yang mendapatkan tampilan website sederhana dengan halaman yang penuh informasi. Mereka menjadi lebih nyaman untuk melakukan navigasi website, dan juga kuota mereka akan lebih banyak terselamatkan, karena tidak harus memuat lagi informasi yang sebelumnya telah diakses. Ya, pagination sangat melengkapi kekurangan dari infinite scrolling.
Tidak heran jika banyak website, seperti e-commerce, jurnal online, dan lain-lain, menggunakan konsep pagination. Untuk pemilik website, pagination memudahkan mereka dalam mengatur penempatan informasi dengan tepat.
Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari pagination;
- Memudahkan proses navigasi website.
- Website memiliki struktur yang rapi.
- Struktur yang rapi ini, akan memudahkan tim teknis lakukan evaluasi dan perbaikan.
- Waktu reload page yang relatif singkat.
- Mampu memancing engagement konten tinggi dari pengunjung.
- Secara tidak langsung membantu meningkatkan penjualan produk.
Pengaruh Pagination untuk SEO
Berbicara tentang pengaruh pagination untuk SEO, lebih dari sekedar membicarakan pengaruhnya untuk faktor ranking Google, user experience. Memang benar bahwa pagination memiliki pengaruh positif untuk user experience. Tetapi di sini MinTiv akan menjelaskan pengaruh pagination untuk SEO dari 3 sisi pengaruh yang berbeda.
3 sisi tersebut adalah;
1. Proses Crawling
Pengaruh yang pertama adalah proses crawling. Hal ini wajar, mengingat semakin banyaknya data di dalam website, maka bot crawler search engine akan menggunakan anggaran crawling mereka dengan bijak.
Semakin banyak pagination di dalam website, maka semakin besar pertimbangan mesin crawler untuk memasukkan konten konten yang ada ke dalam proses indexing.
Crawler hanya akan memilih konten-konten yang memang berkualitas. Nah, dari sini, kemungkinan besar ada konten yang tidak masuk proses crawling, apalagi untuk terindeks. Oleh sebab itu, pastikan konten utama Anda, selalu berada di halaman utama website.
2. Sinyal Ranking
Pengaruh pagination untuk SEO yang kedua, terdapat pada sisi sinyal ranking. Hal ini wajar saja, karena search engine akan membagi otoritas website pada seluruh halaman. Pembagian inilah yang kemudian dapat melemahkan sinyal ranking. Disarankan untuk menerapkan strategi link building, terutama dalam upaya mendapatkan backlink yang relevan dan berkualitas.
3. Duplicate Content
Pengaruh pagination yang terakhir adalah risiko munculnya duplicate content. Duplicate content sendiri menjadi sesuatu yang amat dibenci oleh Google. Ya, hal ini wajar mengingat Google sangat mementingkan konten berkualitas yang benar-benar orisinil. Hal ini terbukti dengan rilisnya algoritma terbaru mereka di tahun lalu, yakni E-E-A-T.
Anda bisa membaca lebih lengkap mengenai algoritma E-E-A-T Google melalui link artikel di bawah ini;
Baca Juga: Apa itu Algoritma E-E-A-T Google?
Cara Memaksimalkan Pagination untuk SEO Website
Setelah mengetahui tentang apa itu pagination, Anda pasti akan bertanya-tanya bukan?. Bertanya mengenai cara yang tepat untuk dapat memaksimalkan pagination demi SEO website. Anda bisa melakukan berbagai cara, dimulai dari;
- Menggunakan link URL yang SEO Friendly.
- Mengatur robots.txt untuk tidak mengikutsertakan hasil klik pagination ke dalam indexing.
- Hampir mirip dengan cara yang kedua, adalah jangan pernah menyertakan pagination ke dalam sitemap XML.
- Dan lain-lain.
Inilah penjelasan lengkap mengenai apa itu pagination. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Manager Terbaik, lengkap dengan tim teknisnya, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Manfaat Adanya Strategi Bisnis
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Apa itu Pagination dan Bagaimana Cara Mengoptimalkannya? […]