Apa itu Strategi Bisnis – Untuk bisa menjalankan sebuah usaha yang sukses, maka diperlukan strategi bisnis yang mumpuni. Tanpa adanya strategi bisnis, usaha yang dijalankan, tentunya tidak akan mencapai tujuan utamanya. Di dalam dunia pengusaha sendiri, kita bisa menemukan banyak model atau jenis strategi bisnis yang dijalankan.
Baca Juga: Kenapa SEO Menjadi Strategi Bisnis Terbaik untuk Pemula?
Semua itu bergantung pada tujuan yang ingin dicapai. Lalu, apa sih yang dimaksud dengan strategi bisnis tersebut?. MinTiv akan menjelaskannya, secara lengkap kepada Anda tentang apa itu strategi bisnis di dalam artikel ini. Jadi simak baik-baik ya!.
Apa itu Strategi Bisnis?
Strategi bisnis adalah model sketsa atau perencanaan yang digunakan untuk dapat menjadi panduan aktivitas bisnis agar berada dalam koridor menuju tujuan utama. Sketsa dan rencana ini harus dapat didefinisikan dengan baik di awal proses bisnis.
Strategi bisnis yang didefinisikan dengan baik di awal, akan membantu Anda untuk;
- Mencapai tingkat efektivitas dan efisiensi tinggi.
- Memudahkan Anda untuk melihat peluang dan memanfaatkannya.
- Mobilisasi sumber daya jadi lebih tepat sasaran.
- Dapat memenuhi tantangan yang ada, dan mampu memberikan respon yang baik pada ancaman yang datang.
- Proses bisnis dapat dikendalikan.
Strategi bisnis yang baik sendiri, dapat kita ketahui melalui berbagai indikator. Indikator paling mudah yang bisa digunakan untuk mengukur layaknya sebuah strategi bisnis adalah dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini;
- Apa alasan utama bisnis dilakukan?.
- Apa yang menjadi kekuatan inti dari bisnis yang ingin dijalankan?.
- Siapakah yang menjadi target audience Anda?.
- Mengapa strategi ini perlu dijalankan?.
Jika strategi bisnis yang telah Anda rancang mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan sederhana di atas. Maka jalannya bisnis diprediksi tidak akan mengalami kendala yang berarti.
Manfaat Strategi Bisnis yang Perlu Diketahui
Berbicara tentang manfaat strategi bisnis, tentunya kita bisa menyebutkan banyak di antaranya. Tetapi, untuk mempersingkat dan mempermudah kita memahami manfaat yang ada, MinTiv akan membaginya dalam 5 bagian penting. 5 bagian penting tersebut adalah;
1. Perencanaan
Ya, yang pertama adalah perencanaan. Strategi bisnis yang baik akan memudahkan pebisnis untuk mencapai tujuan dan sasaran yang tepat. Perencanaan menuju tujuan dan sasaran ini jadi lebih matang dan lebih berbobot.
2. Kelebihan dan Kekurangan
Bagian kedua adalah strategi bisnis yang dapat membuka cakrawala pengetahuan bisnis Anda. Terlebih kepada kelebihan dan kekurangan bisnis yang dimiliki. Ketika informasi ini diketahui, tentunya Anda bisa dengan mudah melakukan strategi untuk menonjolkan sisi kelebihan bisnis yang ada. Lalu, untuk kekurangan, Anda bisa melakukan evaluasi dan juga perbaikan kualitas.
3. Efisiensi dan Efektivitas
Ya, efek domino dari perencanaan yang matang tentunya akan menjadikan proses pelaksanaan bisnis jadi sistematis. Proses yang runut dan tidak terburu-buru inilah, yang pada akhirnya akan membawa bisnis pada efisiensi dan efektivitas tinggi. Tingkat produktivitas bisnis pun dapat meningkat di berbagai metrik penting yang digunakan.
4. Bantu Anda Lebih Mudah untuk Bersaing dengan Kompetitor
Manfaat strategi bisnis berikutnya adalah memudahkan Anda untuk bersaing dengan kompetitor. Perlu diketahui juga bahwa salah satu contoh strategi bisnis yang banyak digunakan adalah analisis kompetitor. Melalui proses analisis ini, Anda dapat mengetahui kelemahan kompetitor, dan kemudian memanfaatkannya untuk jadi bagian powerful bisnis Anda.
5. Kontrol
Yang terakhir adalah kontrol. Ya, ini berkaitan erat dengan proses evaluasi hasil dan monitoring.
Komponen Utama Strategi Bisnis
Secara garis besar, kita dapat memahami strategi bisnis ini berdasarkan 4 komponen utama. 4 komponen utama tersebut adalah;
- Visi, misi, tujuan bisnis. Komponen ini menjadi semacam garis lurus yang memandu Anda untuk lebih mudah tentukan strategi bisnis yang tepat. Visi dan misi bisnis, juga dapat menjadi nilai tambah untuk Anda dapat menerapkan etika bisnis yang baik.
- Core values. Ya, dapat dikatakan bahwa ini adalah hasil pemahaman yang baik dari bagian visi dan misi bisnis. Core values adalah nilai-nilai yang coba dibangun oleh pebisnis untuk membangun relationship marketing yang baik.
- Rencana anggaran bisnis. Bagian ini akan menjelaskan detail tentang rencana pengelolaan keuangan dan penggunaan sumber daya lainnya dengan tepat.
- Evaluasi hasil. Proses evaluasi ini, biasanya menjadi paket lengkap untuk Anda lakukan monitoring proses bisnis.
Inilah penjelasan lengkap mengenai apa itu strategi bisnis. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan partner bisnis terbaik, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Cara Memunculkan Design Thinking untuk Pebisnis
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.