Apa itu SEO Forecasting – SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Sebuah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman pertama Google. Ilmu optimasi website ini, difokuskan pada keyword tertentu yang menjadi target utama. Di dalam prosesnya, kita akan mengenal banyak istilah-istilah penting. Salah satunya mungkin adalah SEO forecasting.
Ini jadi salah satu istilah yang sering terdengar di telinga SEO expert. Mempelajari SEO forecasting akan membantu pebisnis untuk menemukan strategi SEO yang ampuh dan jitu untuk mendatangkan banyak lead dan konversi.
Baca Juga: Apakah Domain Authority Memengaruhi Performa SEO Website?
Lantas, apa yang dimaksud dengan SEO forecasting?. Apa saja manfaatnya dan bagaimana cara menjalankannya?. Semua pertanyaan Anda ini, akan MinTiv jawab lengkap di dalam artikel. Jadi, simak baik-baik artikel ini ya!.
Apa itu SEO Forecasting?
SEO forecasting adalah cara untuk dapat mengetahui seberapa efektif strategi SEO yang akan dijalankan. Dapat kita katakan bahwa SEO forecasting adalah metode prediksi akan tingkat keberhasilan yang mungkin diraih dari strategi SEO tertentu. Pada umumnya, efektivitas strategi SEO diukur berdasarkan jumlah organic traffic yang didapatkan.
Selain organic traffic, terdapat metrik-metrik lainnya yang biasa dijadikan sebagai standar penilaian, sebut saja seperti;
- Conversion rate.
- Click-through rate.
- Search intent.
- Seasonal keywords.
- Bounce rate.
SEO forecasting sendiri memiliki banyak manfaat untuk pebisnis. Beberapa di antaranya adalah;
Manfaat SEO Forecasting
1. Menjadikan Keputusan Bisnis Jadi Lebih Matang
Manfaat pertama dari SEO forecasting adalah membantu menjadikan keputusan bisnis jadi lebih matang. Melalui SEO forecasting, seorang pebisnis bisa dengan mudah memperkirakan lama waktu yang diperlukan untuk kegiatan On-Page SEO dan juga Technical SEO.
2. Memudahkan Anda untuk Melihat Celah Persaingan dengan Kompetitor
Manfaat kedua dari SEO forecasting ini adalah memudahkan Anda untuk melihat celah persaingan dengan kompetitor. Ya, ketika Anda sudah mengetahui celah yang ada tersebut, Anda bisa dengan mudah melakukan beberapa strategi konten jitu. Seperti menerapkan strategi skyscraper content atau strategi flanking marketing untuk keseluruhan bisnis.
3. Memudahkan Anda untuk Melakukan Pitching dengan Calon Klien
Apabila Anda bekerja sebagai SEO specialist atau bagian dari Agency SEO, maka SEO forecasting ini dapat membantu Anda meningkatkan konversi bisnis. Materi-materi yang didapatkan dari SEO forecasting, dapat Anda jadikan sebagai materi pitching untuk klien. Ini tentu akan meningkatkan minat lebih mendalam dari calon klien.
4. Memudahkan Anda untuk Melakukan Perencanaan, Pembuatan dan Publish Konten
Manfaat terakhir, adalah Anda yang bisa membuat lebih banyak perencanaan konten yang lebih mendalam untuk satu topik tertentu. Anda bisa dengan mudah menyusun setiap topik konten yang ingin dibuat agar saling terikat satu sama lain. Orphaned content, bisa dengan mudah diatas, dan website Anda memiliki keunggulan lebih dalam hal topical authority.
Cara Menjalankan SEO Forecasting
Untuk bisa menjalankan SEO forecasting ini tidaklah sulit-sulit amat. Terlebih sekarang ada banyak tools SEO yang bisa Anda gunakan untuk kegiatan ini. Favorit MinTiv sendiri masih dipegang oleh SEMrush. Tapi, Anda bisa saja menggunakan alternatif lain seperti Ahrefs, Ubersuggest, dan berbagai tools gratis dari Google seperti Google Analytics, Google Search Console dan juga Google Trends.
Anda bisa menggunakan satu di antara banyak deretan tools di atas, untuk membuat perkiraan performa yang bisa dicapai, berdasarkan Key Performance Indicator yang ditetapkan sebelumnya. Agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan berbagai template SEO yang sudah disediakan oleh salah satu SEO marketer dunia, Neil Patel, di sini.
FAQ Seputar Konten
- Apa itu SEO forecasting?. SEO forecasting adalah cara untuk dapat mengetahui seberapa efektifkah strategi SEO yang akan dijalankan.
- Metrik apa saja yang bisa digunakan untuk SEO forecasting?. Anda bisa menggunakan metrik organic traffic, conversion rate, click-through rate, search intent, seasonal keywords, dan bounce rate.
- Apa manfaat SEO forecasting ini?. Salah satunya adalah memudahkan Anda untuk melakukan perencanaan, pembuatan dan publish konten.
Inilah penjelasan singkat, padat dan jelas tentang SEO forecasting. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Lengkap, Terbaik dan Tepercaya, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Jasa SEO Jogja Creativism, Pelayanan Lengkap dan Terbaik
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.