Apa itu Teknik Skyscraper – Ada banyak teknik konten yang mesti Anda pelajari ketika menjalankan SEO marketing. Sebuah teknik pemasaran yang memanfaatkan proses optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman pertama search engine. Satu di antara banyak teknik konten tersebut adalah teknik skyscraper. Apa itu teknik skyscraper?, apa saja manfaatnya? dan bagaimana cara menjalankan teknik skyscraper ini?. MinTiv akan menjawab pertanyaan Anda ini lengkap di dalam artikel. Jadi simak baik-baik ya!.
Apa itu Teknik Skyscraper?
Teknik skyscraper adalah teknik produksi konten yang dipopulerkan oleh Brian Dean. Brian Dean sendiri adalah salah satu dari 10 SEO marketer ternama dunia yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya.
Baca Juga: 10 SEO Marketer Ternama Dunia
Brian Dean mempopulerkan teknik skyscraper ini melalui websitenya yang bernama Backlinko.com. Dijelaskan olehnya, teknik skyscraper adalah teknik produksi konten website yang masuk ke dalam kategori White Hat SEO.
Sebuah metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya sesuai dengan aturan dan algoritma terbaru Google. Teknik skyscraper sendiri adalah metode pembuatan konten menggunakan wawasan yang mendalam, demi dapat mengungguli konten sejenis yang sebelumnya telah berhasil perform di SERP (Search Engine Results Page).
Intinya, teknik skyscraper bertujuan agar Anda bisa mendapatkan proses produksi konten yang berkualitas dan mampu mencapai puncak tertinggi.
Manfaat Teknik Skyscraper untuk SEO Website
Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penerapan teknik skyscraper ini. Beberapa di antaranya adalah;
- Membantu Anda untuk mendapatkan backlink berkualitas secara gratis. Teknik skyscraper yang berhasil diterapkan, biasanya akan menempatkan konten berada di urutan teratas halaman pertama search engine. Konten seperti ini, pada umumnya akan menjadi sumber referensi untuk konten website dengan niche sejenis.
- Anda bisa “mencuri” backlink berkualitas yang sebelumnya mengarah ke konten website kompetitor.
- Memotivasi Anda untuk membuat konten yang jauh lebih berkualitas dari konten-konten yang ada sebelumnya.
Cara Menjalankan Teknik Skyscraper untuk SEO
Secara umum, ada 3 langkah penting yang harus Anda lakukan untuk bisa menerapkan teknik skyscraper ini. 3 langkah ini dimulai dari proses yang pertama, yakni;
1. Menemukan Konten Kompetitor
Yang pertama adalah dengan menemukan konten milik kompetitor terlebih dahulu. Sebisa mungkin untuk menemukan konten yang itu dapat membantu performa visibilitas website Anda. Alias relevan dengan tujuan website marketing Anda. Semisal Anda adalah seorang blogger dengan niche utamanya adalah tips dan trik teknologi.
Maka Anda bisa mencari di Google seputar tips dan trik teknologi, semisal Cara Mengatasi Blue Screen of Death Windows, kemudian membacanya dan menemukan hal-hal menarik yang ada pada konten tersebut. Perlu diketahui bahwa ada banyak jenis konten yang cocok diterapkan teknik ini. Beberapa di antara adalah;
- Konten panduan cara melakukan sesuatu.
- Konten perbandingan.
- Panduan fundamental.
- Listicle.
- Review.
- FAQ Konten.
- Template.
Setelah menemukan konten kompetitor yang tepat untuk diterapkan teknik skyscraper, langkah selanjutnya yang mesti Anda lakukan adalah dengan melakukan analisis konten. Analisis konten ini berkaitan dengan readability dan juga backlink.
Anda bisa menggunakan beberapa tools digital untuk pengecekkan readability seperti, Flesch-Kincaid Scale, Grammarly, Hemingway Editor, WebFX, Grammar dan lain-lain.
Untuk proses analisis backlink, Anda bisa mengandalkan tools SEMrush. Melalui tools tersebut, Anda jadi dapat mengetahui backlink apa saja yang mengarah ke konten tersebut, dan juga link manakah yang sering dijadikan sebagai tujuan outbound link. Bisa dikatakan pada langkah pertama teknik skyscraper ini, secara umum berkaitan dengan proses data enrichment proses riset konten.
2. Mulai Membuat Konten
Langkah selanjutnya dalam teknik skyscraper adalah dengan mulai membuat konten. Ada beberapa hal penting yang mesti Anda perhatikan pada proses ini. Dimulai dari;
- Menjadi lebih komprehensif
- Menjadi lebih unik.
- Menjadi lebih enak dibaca dan dekat dengan pengunjung.
- Lebih kredibel.
- Lebih informatif dengan menempatkan beberapa elemen multimedia konten tambahan seperti gambar atau video.
Kunci pentingnya, adalah membuat konten yang lebih baik. Contohnya Anda ingin membuat konten tentang Cara Mengatasi Blue Screen of Death Windows.
Anda lalu menggunakan 5 hasil pencarian teratas dari keyword Cara Mengatasi Blue Screen of Death Windows, untuk kemudian diteliti. Dari 5 hasil tersebut, rata-rata menggunakan 700-1000 jumlah kata.
Baca Juga: Cara Membuat Konten Cepat Kurang dari 1 Jam
Rata-rata menjelaskan sedikitnya 5-8 cara untuk mengatasi Blue Screen of Death Windows. Ada yang menjelaskan tutorialnya dengan menempatkan keterangan penyebab dan tips mencegahnya.
Nah, Anda bisa mulai menuliskan konten Cara Mengatasi Blue Screen of Death Windows dengan jumlah kata yang lebih banyak. Memberikan lebih banyak tips cara mengatasinya, semisal sampai 15 cara. Sebelum itu, Anda juga bisa memberikan keterangan lengkap tentang penyebab blue screen of death terjadi beserta dengan 8 tips mencegahnya.
Anda bahkan juga merekomendasikan tempat service Windows terbaik jika cara-cara yang diberikan tidak kunjung memberikan hasil. Tidak lupa, Anda menyajikan konten tersebut dengan tata bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh pemula.
3. Mulai Melakukan Email Marketing
Langkah selanjutnya adalah mulai melakukan email marketing. Gunakan data hasil analisis backlink sebelumnya, dan hubungi kontak yang ada. Cari di halaman kontak website, dan hubungi mereka melalui email.
Kirimkan mereka email dengan pesan yang mengatakan bahwa Anda tertarik pada website mereka, dan menemukan bahwa mereka telah memberikan backlink ke konten artikel kompetitor. Katakan padanya bahwa konten yang menjadi tujuan backlink itu bagus, TAPI, jangan lupa sampaikan bahwa Anda telah membuat konten yang lebih bagus lagi.
Untuk langkah yang terakhir ini, memang terdengar ekstrim untuk dilakukan. Anda bermain lebih halus dengan menyarankan pemberi backlink dengan kalimat;
“Saya juga telah membuat artikel tentang [topik] ini, tapi dengan pembahasan yang lebih mendalam dan up to date. Saya berharap Anda bersedia untuk membacanya. Jika Anda menyukainya, mungkin Anda bisa mempertimbangkannya untuk menautkannya dengan website Anda”.
Jika Anda ragu, Anda bisa mengabaikan langkah ketiga ini.
FAQ Seputar Konten
- Apa itu teknik skyscraper?. Bertujuan agar Anda bisa mendapatkan proses produksi konten yang berkualitas dan mampu mencapai “puncak tertinggi” melebihi konten-konten yang telah ada sebelumnya.
- Apakah teknik ATM mirip dengan teknik skyscraper?. Sekilas mirip, hanya saja proses analisis pada teknik skyscraper lebih mendalam melibatkan proses analisis backlink.
Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu teknik skyscraper. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Lengkap, silahkan hubungi Creativism.id.
Baca Juga : 5 Hal yang Mengganggu User Experience Website
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.