Apa itu YMYL Page – Ketika mempelajari SEO, maka wajar jika Anda akan menemukan banyak istilah penting di dalamnya. Salah satunya adalah YMYL. Apa itu YMYL?. YMYL adalah singkatan dari Your Money Your Life.
Lantas apa hubungan kata ini dengan SEO?. Para ahli SEO mengatakan bahwa YMYL berkaitan erat dengan algoritma terbaru Google yakni E-E-A-T. Daripada tambah bingung, mari simak penjelasan terperinci tentang apa itu YMYL di sini!.
Apa itu YMYL Page?
YMYL page adalah halaman website yang berisikan informasi tentang produk atau jasa suatu bisnis. Produk atau jasa ini memberikan dampak lebih pada kesehatan, keuangan dan lain-lain.
Your Money Your Life adalah konten yang dapat berikan manfaat atau dampak positif pada pengunjungnya. Tidak memberikan sama sekali dampak negatif pada pengunjung website. Rata-rata hampir seluruh jenis website di internet menggunakan konten jenis ini.
Dimulai website dari perusahaan e-commerce, fashion, finance, healthcare dan lain-lain. Ada banyak topik yang bisa diangkat untuk masuk kategori ini. 6 di antaranya adalah;
1.Berita Terbaru
Yang pertama adalah topik berita terbaru, baik yang sifatnya internasional maupun lokal. Topik ini biasanya mengangkat peristiwa-peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar. Mulai dari bisnis, politik, ilmu pengetahuan, teknologi, kesehatan dan lain-lain.
Tapi terkhusus untuk olahraga, entertainment atau lifestyle tidak termasuk ke dalam kategori ini.
2. Kebijakan Pemerintah
Berikutnya adalah informasi mengenai kebijakan pemerintah. Informasi ini bisa berupa data tentang pemilu, layanan sosial pemerintahan dan masalah hukum lainnya.
3. Keuangan
Berikutnya adalah topik YMYL dari kategori keuangan. Informasi di dalam kategori ini bisa mencakup tentang investasi pajak, rencana pensiun, perbankan, asuransi dan lain-lain.
4. Informasi Belanja
Berikutnya adalah kategori informasi belanja. Sesuai dengan namanya, informasi yang diberikan akan berkutat seputar informasi produk atau jasa. Tentang kelebihan dan keuntungan yang bisa didapatkan oleh Anda sebagai calon pembeli.
5. Kesehatan
Berikutnya adalah kesehatan, berkaitan erat dengan konten informasi produk kesehatan, rumah sakit terpercaya, dan produk-produk kesehatan kulit sejenis (skin care).
6. Informasi Khusus
Kategori ini memiliki kriteria tertentu untuk audiens khusus. Umumnya informasi yang ada pada kategori ini adalah berita tentang etnis, materi agama, kebangsaan dan juga pemberdayaan sesama golongan.
Efek Konten YMYL untuk Algoritma Baru Google
Sebenarnya, ada banyak kaitan penting antara konten YMYL ini dengan algoritma terbaru Google yakni E-E-A-T. Kita akan mengupasnya di sini secara terperinci. Dimulai dari;
1. Experience
Bagian dari konten YMYL yang menjelaskan tentang pengalaman pembuat konten pada konten yang ia kreasikan sendiri.
2. Expertise
Yang kedua adalah konten YMYL dapat digunakan untuk memperkuat poin tentang keahlian pembuat konten. Apakah pembuat konten tersebut memang benar-benar ahli pada apa yang dia tulis atau tidak. Penilaian ini didapatkan dari cara Anda menuliskan konten YMYL itu sendiri.
3. Authoritativeness
Selanjutnya adalah pengaruh YML pada authoritativeness. Poin ini merujuk jelas pada otoritas si pemilik konten. Pemilik dapat dengan mudah melakukan perubahan pada konten yang diperlukan, apabila terjadi pembaruan informasi produk atau jasa pada konten YMYL.
4. Trustworthiness
Terakhir adalah trustworthiness. Bagian ini merujuk pada informasi yang diberikan si pembuat konten apakah dapat dipercaya atau tidak. Salah satu cara untuk bisa meningkatkan kepercayaan ini adalah dengan membuat outbound link sebagai sumber referensi.
Inilah penjelasan terperinci mengenai YMYL Page. Apabila Anda ingin mendapatkan Jasa SEO Terbaik, hubungi saja Creativism.
Baca Juga: Inilah Kriteria Lengkap Website yang SEO Friendly!
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar lengkap untuk handle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi lainnya untuk bisnis Anda. Hubungi WhatsApp 6281 22222 7920.