Backlink Wajib Bernilai DoFollow – Salah satu strategi SEO yang banyak diterapkan oleh pebisnis adalah link building. Menjalankan link building sendiri adalah bagian dari penerapan metode Off Page SEO.
Off Page SEO adalah metode optimasi website yang langkah-langkahnya dilakukan di luar website utama alias pada website alternatif atau melalui website orang lain yang berada pada niche yang sama. Dalam proses link building, maka wajar jika Anda akan menemukan 2 jenis backlink bernilai DoFollow atau NoFollow.
Apa itu backlink DoFollow dan NoFollow?.
Backlink DoFollow adalah nilai dari atribut rel pada tag atau elemen anchor. Secara umum, backlink yang diterima dari setiap website bernilai DoFollow, kecuali jika pemilik website tersebut sudah merubah settingan defaultnya.
Backlink dengan nilai ini banyak diburu oleh pebisnis karena mampu membantu konten website yang ditautkan ikut serta dalam proses indexing bersamaan. Digunakan juga untuk dapat membantu website yang tertaut mendapatkan lebih banyak tambahan traffic berjenis redirect.
Lalu apa itu backlink NoFollow?. Backlink NoFollow adalah kebalikan dari DoFollow. Backlink jenis tidak akan mengikutsertakan konten website yang tertaut untuk ikut proses indexing bersamaan. Jenis backlink ini digunakan untuk menambah traffic berjenis redirect pada website tertaut.
Baca Juga: Apakah Semua Gambar di Website Wajib Diberi Alt Text?
Penjelasan antara perbedaan backlink DoFollow dan NoFollow ini seperti memberikan kita gambaran umum. Bahwa backlink DoFollow lebih berguna daripada Backlink NoFollow.
Apakah memang seperti itu?
Jika tujuan daripada strategi link building adalah mendapatkan lebih banyak konten yang terindeks Google, maka jelas jawabannya adalah iya. Tapi, apakah semua backlink yang dibangun dari proses link building ini harus bernilai DoFollow?.
Apakah Setiap Backlink Wajib Bernilai DoFollow?
Jawabannya tergantung pada tujuan dari pada proses link building Anda sendiri.
Backlink berjenis DoFollow selain dapat membantu konten tertaut lebih cepat terindeks, juga dapat membantu website secara keseluruhan mendapatkan peningkatan pada faktor otoritas. Peningkatan pada faktor kredibilitas dan pada akhirnya berimbas pada naiknya nilai PageRank website tertaut di SERP Google.
TAPI, Backlink DoFollow seperti ini sendiri bukanlah tanpa kelemahan. Bahkan ada banyak pebisnis yang lebih memilih backlink berjenis NoFollow karena takut kualitas daripada website pemberi backlink dapat mempengaruhi penilaian crawler terhadap kualitas website mereka.
Ya, apabila Anda mendapatkan backlink DoFollow dari konten yang tidak berkualitas, maka konten yang ditautkan akan berpotensi besar untuk juga dinilai tidak berkualitas. Apalagi jika konten yang dikreasikan dari website pemberi backlink hanya memprioritaskan nilai kuantitas ketimbang kualitas.
Baca Juga: Cara Menjalankan Strategi Off Page SEO Anti Mainstream
Semakin sering ini terjadi, maka Google akan mengelompokkan backlink yang didapat tersebut sebagai toxic backlink. Semakin banyak toxic backlink yang diterima, maka semakin besar resiko website Anda terkena penalti dari Google.
Salah satu contoh masalah yang ditimbulkan dari toxic backlink ini adalah sulitnya konten website Anda terindeks Google. Jangankan berharap untuk ranking di SERP Google, terindeks saja sulit. Bisa dibilang bahwa menjalankan link building dengan tujuan mendapatkan backlink DoFollow, layaknya berjudi.
Jika konten website pemberi backlink berkualitas, maka konten website Anda yang tertaut di dalamnya juga akan ikut dinilai berkualitas. Begitu juga sebaliknya.
Berbeda halnya dengan backlink bernilai NoFollow. Jika konten website pemberi backlink jenis ini tidak berkualitas, mesin crawler tidak akan melakukan penilaian yang sama terhadap link konten yang tertaut di dalamnya.
Dampak negatif yang mungkin Anda rasakan dari kasus di atas adalah website mendapatkan brand perception yang buruk dari audiens market.
Tips Memilih Backlink yang Berkualitas!
Jika backlink DoFollow maupun NoFollow memiliki peluang besar untuk berikan website dampak negatif, lantas apa yang harus Anda lakukan?.
Yang Anda harus lakukan tentu saja adalah menyusun rencana yang matang terlebih dahulu. Pastikan Anda memiliki kualifikasi mumpuni untuk proses seleksi website yang dipilih untuk proses link building Anda. Baik itu untuk mendapatkan backlink berjenis DoFollow dan juga berjenis NoFollow.
Anda bisa mencontek penilaian pemilihan backlink berkualitas dari Agency SEO Terbaik Creativism di bawah ini;
- Memiliki tampilan yang menarik, dan juga mobile friendly.
- Akses website yang tidak lebih dari 3 detik.
- Website tidak memiliki dead link sama sekali.
- Konten yang ada pada website yang akan dipilih benar-benar berkualitas dan enak untuk dibaca. Terpenting, memiliki niche yang relevan dengan konten utama website Anda.
- Minimal website sudah berumur lebih dari 6 bulan atau bahkan lebih. Domain yang dimiliki menarik.
- Memiliki DA dan PA yang tinggi.
- Pemilik daripada website tersebut mudah untuk dihubungi dan kooperatif.
Inilah penjelasan lengkap tentang apakah backlink wajib bernilai DoFollow. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Terbaik yang siap berikan Anda backlink berkualitas, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Cara Mendapatkan Backlink dari Google
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.