Berita SEO Terbaru – SEO adalah salah satu jenis channel marketing yang banyak dipilih oleh para pebisnis. Hal ini wajar saja mengingat SEO mampu meningkatkan ROI maksimal dengan modal yang minimal.
Ya, ketika kita menjalankan SEO, maka modal utama yang kita perlukan praktis hanyalah sebuah website. Kita mungkin hanya akan berkutat soal biaya di bagian pembayaran sewa domain dan hosting. Serta biaya untuk berlangganan tools research keyword premium jika ingin.
Ya, secara garis besar modal bisnis untuk menjalankan SEO tidak akan sebesar bahkan sebanding dengan tingginya biaya bisnis untuk menjalankan SEM (Search Engine Marketing) menggunakan Google Ads. Inilah yang menjadi salah satu alasan kuat mengapa SEO menjadi primadona untuk kebanyakan pebisnis.
SEO sendiri adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Sebuah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman hasil pencarian search engine. Ilmu ini biasanya difokuskan pada keyword tertentu yang menjadi target utama.
Di dalam prosesnya, kita perlu mempelajari banyak metode penting. 4 yang pasti, adalah On Page SEO, Off Page SEO, Technical SEO, dan Local SEO. Keempat metode ini perlu dipelajari dengan seksama menyesuaikan dengan perkembangan terbaru algoritma search engine. Terutama search engine terpopuler yakni Google.
Artinya setiap perubahan algoritma yang dilakukan oleh Google akan sangat memengaruhi cara Anda dalam melakukan proses optimasi website. Termasuk cara Anda menjalankan keempat metode SEO penting sebelumnya. Itu artinya juga Anda harus aware terhadap berita terbaru terkait Google. Anda harus tahu akan berita SEO terbaru.
Tidak mengetahui berita SEO terbaru, akan menjadikan proses optimasi website Anda kurang atau tidak tepat sasaran. Strategi yang Anda jalankan bisa berakhir dengan sia-sia. Nah, di dalam artikel ini, MinTiv akan berbagi berita SEO terbaru, yang berita ini juga akan sedikit mengubah definisi dari SEO beberapa tahun terakhir.
Berita SEO Terbaru: SERP Google Kembali ke Konsep Pagination
Berita SEO tersebut adalah Google yang bakal mengembalikan lagi hasil SERP menggunakan konsep pagination. Apa itu?, dan bagaimana dampaknya untuk website?.
Sumber: Google.com
Seperti yang kita ketahui bersama, Google mulai Desember 2022 kemarin mengaktifkan fitur terbaru untuk SERPnya yakni continuous scroll. Fitur ini sudah aktif di desktop sejak akhir tahun 2022 lalu. Pada versi mobile, fitur ini sudah aktif sejak tahun 2021, tepatnya pada bulan Oktober.
Continuous scroll sendiri adalah fitur SERP yang memungkinkan pengguna untuk terus mendapatkan jawaban dari keyword yang digunakan, tanpa harus melakukan klik pada nomor halaman berikutnya.
Pengguna cukup melakukan scrolling demi bisa mendapatkan jawaban beragam dari berbagai website berdasarkan keyword yang digunakan. Fitur ini jelas meminimalkan customer effort yang ada.
Plus memberikan kesempatan yang baik untuk website website kecil dapat perform tanpa harus terpaku menjadi nomor 1 di halaman pertama Google. Bisa dikatakan bahwa continuous scrolling memberikan banyak berkah untuk webmaster dalam upaya optimasi website.
Sayangnya, fitur continuous scrolling ini seperti menghilangkan kompetisi antara webmaster untuk produksi konten website yang berkualitas. Meskipun ini hanya opini pribadi MinTiv saja, tetapi Google tampaknya serius untuk mengembalikan kondisi kompetisi tersebut.
Didapatkan dari Search Engine Land, dimulai dari tanggal 25 Juni kemarin, Google akan perlahan-lahan menghapus fitur continous scrollingnya dan kembali pada konsep pagination.
Sumber: Googleapis.com
Ya, pagination sendiri adalah proses penyampaian informasi yang disampaikan secara berurutan melalui navigasi berbentuk nomor halaman.
Apa yang Harus Kita Lakukan?
Setelah mengetahui bahwa Google akan kembali ke konsep pagination, Anda pastinya jadi bertanya-tanya. Bertanya soal apa yang sebaiknya kita lakukan sebagai pebisnis yang mengandalkan SEO.
Jawabannya sudah pasti, adalah Anda yang harus tetap konsisten menghasilkan konten website berkualitas. Yang mampu bersaing dengan konten-konten lain dan meraih posisi tertinggi di halaman pertama Google. Konten-konten yang tidak tembus di halaman pertama Google, pada umumnya akan menghasilkan keyword click yang kecil. Apalagi jika kita mengharapkan konten tersebut untuk bisa menghasilkan organic traffic yang besar. Mustahil.
Berikut ini adalah beberapa tips sederhana untuk bisa menghadapi perubahan Google kembali ke SERP konsep pagination.
Tips dan Trik Sederhana untuk Hadapi Perubahan Google
- Konsisten menghasilkan konten website yang berkualitas. Anda harus dapat memastikan setiap konten yang dikreasikan memiliki persentase keyword density yang pas. Keyword utama yang digunakan harus muncul di bagian judul konten, url, meta description, paragraf pertama, subheading, dan juga alt image.
- Jangan lupa untuk pelajari lebih dalam apa itu SEO image.
- Lakukan link building dengan website lain yang niche kontennya relevan.
- Tautkan website utama Anda ke dalam laman Google My Business. Hal ini dapat membantu website Anda lebih perform di bagian Local SEO.
- Jangan lupa untuk pelajari Technical SEO. Paling mudah adalah Anda yang rutin melakukan audit website.
FAQ Seputar Konten
- Apa itu fitur continuous scrolling di SERP?. Fitur yang dapat memberikan pengguna Google jawaban dari keyword yang digunakan. Tanpa harus melakukan klik halaman hasil pencarian. Cukup dengan melakukan scrolling, jawaban akan terus didapatkan.
- Apa itu fitur pagination di SERP?. Fitur yang memungkinkan pengguna mendapatkan informasi berdasarkan halaman navigasi yang digambarkan dengan nomor.
- Mengapa Google ke konsep awal yakni pagination?. Google ingin kembali meningkatkan kualitas hasil pencarian mereka.
Inilah penjelasan lengkap tentang berita SEO terbaru terkait SERP yang bakal kembali ke pagination. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Terbaik dan Up To Date, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: 6 Faktor Tidak Terduga yang Dapat Memengaruhi Traffic Website
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.