Faktor yang Memengaruhi E-E-A-T. SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Sebuah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman pertama Google, search engine terpopuler di dunia. Ilmu ini biasanya difokuskan pada keyword tertentu yang menjadi target utama. Di dalamnya, kita akan mempelajari 4 metode SEO penting, yakni On Page SEO, Off Page SEO, Local SEO dan juga Technical SEO.
Keempat metode SEO ini harus dapat Anda pelajari secara menyeluruh lengkap dengan teknik-teknik di dalamnya. Tidak hanya itu saja, SEO juga menuntut penggunanya agar bisa menjalankan keempat metode SEO sebelumnya, sesuai dengan algoritma Google terbaru, yakni E-E-A-T.
Baca Juga: Apa itu Mirror Website?
Lantas, apa itu E-E-A-T?. E-E-A-T adalah algoritma terbaru dari Google untuk menggantikan algoritma lama yakni E-A-T. Pada dasarnya, definisi dari algoritma terbaru ini hampir sama dengan algoritma lama. Yang membedakan adalah adanya tambahan elemen E, yang berarti Experience. Berikut adalah pengertian masing-masing komponen algoritma terbaru Google ini.
- Experience: Pengalaman seseorang dalam suatu topik atau bidang.
- Expertise: Keahlian khusus yang dimiliki penulis atau sumber informasi.
- Authoritativeness: Seberapa otoritatif atau berwibawa sumber tersebut di industri terkait.
- Trustworthiness: Tingkat kepercayaan pengguna terhadap informasi yang diberikan.
E-E-A-T ini penting untuk dipelajari karena mampu memberikan website banyak manfaat. Terutama memudahkannya untuk masuk proses indexing Google. Lantas, bagaimana caranya menjalankan website yang dapat memenuhi kriteria dari algoritma E-E-A-T ini?.
Anda bisa mulai dengan mempelajari faktor-faktor yang memengaruhi E-E-A-T. Apa saja?, simak baik-baik artikel ini ya!.
Daftar Isi
ToggleFaktor-Faktor yang Memengaruhi E-E-A-T
1. Konten Berkualitas Tinggi
Faktor yang memengaruhi E-E-A-T yang pertama adalah kualitas konten. Konten berkualitas tinggi tentu saja akan sangat disukai oleh algoritma terbaru Google ini. Hal ini wajar mengingat konten berkualitas pastinya mampu memberikan nilai tambah bagi mereka yang membacanya. Ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin membuat konten website yang berkualitas. Beberapa di antaranya seperti;
- Relevansi dan Kedalaman Informasi. Ya, pastikan konten yang Anda kreasikan relevan dengan niche utama topik konten website Anda. Buat konten yang ada tersebut secara detail. Informasi yang dangkal atau bahkan tidak relevan, tentunya tidak akan disukai oleh algoritma E-E-A-T.
- Originalitas Konten. Ya, Google sangat-sangat menghargai konten yang orisinal, bukan hasil dari copy paste atau plek ketiplek dari konten website orang lain. Anda harus dapat memastikan bahwa konten yang dituliskan memiliki elemen orisinalitas yang kuat. Semisal gaya bahasa yang digunakan.
2. Keahlian Penulis (Expertise)
Kedua adalah keahlian penulis konten. Elemen satu ini, sangat sangat memengaruhi algoritma E-E-A-T Google terlebih untuk poin expertise. Sama seperti sebelumnya, ada 2 hal penting yang harus dapat Anda perhatikan jika ingin mengembangkan nilai keahlian penulis ini lebih baik. 2 hal penting ini adalah;
- Kredibilitas Penulis. Tampilkan kredensial atau portofolio penulis untuk membuktikan keahlian mereka. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan pembaca dan mesin pencari terhadap konten Anda.
- Konsistensi Penulisan. Konsistensi dalam menyajikan informasi yang akurat akan membangun kepercayaan.
3. Otoritas Website (Authoritativeness)
Faktor yang memengaruhi E-E-A-T berikutnya adalah otoritas website. Berbicara tentang otoritas website, tentu saja kita akan berbicara tentang cara meningkatkan domain authority dan page authority. Dan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kedua metrik ini, jelas adalah menjalankan strategi link building.
Tentu saja proses link building yang dilakukan harus memanfaatkan website lain yang niche kontennya relevan dan pastinya berkualitas. Selain itu, Anda juga melakukan strategi lain yakni membangun sitasi.
4. Kepercayaan (Trustworthiness)
Faktor yang memengaruhi E-E-A-T terakhir adalah kepercayaan. Ya, selaras dengan arti dari trustworthiness itu sendiri. Untuk bisa menjalankan website yang memenuhi kriteria ini, Anda harus dapat memperhatikan 3 hal penting di bawah ini, yakni;
- Keamanan Website (HTTPS). Pastikan website yang Anda rancang sudah menggunakan protokol HTTPS. Website yang sudah terpasang sertifikat keamanan ini, biasanya akan memiliki tanda gembok di URL nya.
- Testimoni dan Review Pengguna. Anda memaksimalkan penggunaan Google Reviews demi meningkatkan elemen kepercayaan yang ada.
- Kebijakan Privasi dan Keamanan Data. Pastikan website Anda memiliki halaman kebijakan privasi yang jelas. Hal ini menunjukkan bahwa website Anda menghargai privasi dan keamanan data pengguna.
Inilah penjelasan lengkap tentang faktor yang memengaruhi E-E-A-T website. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Terbaik, Lengkap dan Tepercaya, hubungi saja Creativism.id
Pesan Sekarang: Jasa SEO Harga Murah, Berkualitas, dan Tepercaya!
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.