Membuat Konten SEO Friendly. Ketika memutuskan untuk menjalankan SEO, maka itu artinya Anda sudah harus siap untuk memahami keempat metode penting di dalamnya. Satu di antara 4 metode penting tersebut adalah On Page SEO. Sebuah metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya dilakukan pada website utama. Metode SEO satu ini, memiliki banyak manfaat untuk keseluruhan kampanye SEO.
Dapat dikatakan bahwa metode ini adalah salah satu tonggak website untuk dapat memaksimalkan metrik trafficnya. Selain itu, On Page SEO juga dapat membantu website untuk mendapatkan lebih banyak returning visitor karena pengunjung yang betah atau mendapatkan pengalaman baik selama di dalam website bisnis Anda.
Satu di antara banyak teknik yang terdapat di dalam metode On Page SEO ini adalah memastikan adanya produksi konten website berkualitas, dan pastinya SEO friendly.
Baca Juga: Inilah Faktor-Faktor yang Memengaruhi E-E-A-T Website
Nah, di dalam artikel ini, MinTiv akan berbagi tips dan trik cara membuat konten SEO friendly yang berkualitas tinggi, sekaligus dapat menarik perhatian banyak calon pengunjung website. Penasaran seperti apa saja tips dan trik yang bakal dibagikan ini?.
Simak baik-baik artikel ini ya!.
Daftar Isi
Toggle8 Tips dan Trik Membuat Konten SEO Friendly
1. Membuat 150 Kata User Intent
Tips dan trik membuat konten SEO friendly yang pertama, adalah dengan memastikan konten website yang dikreasikan, semisal artikel, memiliki intro dengan jumlah kata minimal mencapai angka 150. Anda bisa saja menuliskan intro seperti ini, maksimal mencapai 300 jumlah kata, sebelum akhirnya berpindah ke subheading.
Gunakan intro ini untuk memancing rasa penasaran atau rasa ingin tahu target audience lebih jauh. Semisal Anda ingin membuat konten tentang Jasa Jual Beli Sepeda Bekas. Anda bisa menggunakan intro ini untuk menjelaskan tentang sedikit keuntungan daripada membeli sepeda bekas.
Nah, karena konten yang Anda buat bertemakan Jual Beli Sepeda Bekas, yang notabene search intentnya adalah komersial/transaksional, maka Anda juga harus dapat memastikan intro ini dapat memuatnya.
Anda bisa menambahkan keterangan seperti di bawah ini;
“Sayangnya, meskipun menawarkan kita banyak keuntungan, mencari tempat jual beli sepeda bekas yang tepercaya tidaklah mudah. Banyak yang mengeluhkan sepeda bekas yang mereka sudah beli, ternyata sudah masuk kategori tidak layak pakai, dan penampilannya hanya dipoles sebagus mungkin, agar calon pembeli terkecoh.
Ini tentu menyebalkan bukan. Tapi, tenang saja, karena di dalam artikel ini, mimin akan berbagi rekomendasi tempat jual beli sepeda bekas tepercaya dan profesional, bernama Creativism Bike”
Penulisan intro seperti contoh di atas, menandakan bahwa Anda benar-benar memahami maksud dari tujuan pencari topik tersebut. Intro yang dibuat seperti contoh di atas, tentunya akan membantu Anda memunculkan elemen personalisasi konten yang lebih kuat.
2. Memecah Konten Jadi Beberapa Sub Bab Topik
Tips dan trik membuat konten SEO friendly yang kedua adalah dengan memecah konten menjadi beberapa sub bab topik. Ya, ini mirip dengan cara Anda membuat outline konten pada umumnya. Pastikan sub bab topik yang Anda kreasikan, benar-benar relevan dengan topik utama konten.
Semisal Anda ingin membuat konten dengan tema besarnya “Cara Mengatasi Jerawat Hanya dalam 1 Minggu”, maka Anda bisa menggunakan outline kontennya seperti di bawah ini;
Agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan FAQ seputar konten sebagai outline konten. Menggunakan FAQ seputar konten sebagai outline konten ini, juga dapat MinTiv sebut sebagai cara terbaik memaksimalkan Latent Semantic Indexing Keyword.
3. Masukan Table of Content
Tips berikutnya, untuk Anda dapat membuat konten SEO friendly adalah dengan memberikan table of content. Apabila Anda adalah pengguna website berbasis Content Management System (CMS) seperti WordPress, maka Anda bisa langsung menggunakan plugin khusus table of content.
Ada banyak rekomendasi plugin yang bisa Anda gunakan, dimulai dari;
- Easy table of contents.
- Top table of contents.
- Simple TOC.
- Table of content plus.
- Rich table of contents.
- Joli table of contents.
- Dan lain-lain.
Penggunaan plugin table of content ini akan memudahkan pengunjung untuk langsung beralih ke subtopik konten yang menarik baginya. Ini jelas akan memberikan nilai tambah tersendiri untuk user experience yang dimiliki website tersebut.
Apakah penggunaan plugin table of content ini akan sangat memengaruhi performa website terutama untuk metrik dwell time?.
Ya, tapi Anda tidak perlu khawatir. Selama subtopik yang Anda rancang benar-benar menarik, pengunjung tentu saja rela menghabiskan waktunya lebih lama untuk membaca konten website Anda.
4. Gunakan Bullet Point atau Short Paragraph dengan Tepat
Cara membuat konten SEO friendly berikutnya adalah dengan memaksimalkan penggunaan elemen konten bullet point atau short paragraph. Gunakan elemen bullet point apabila Anda ingin menjelaskan tentang jenis, manfaat, fungsi, visi dan misi, dan lainnya yang sejenis.
Ya, terkadang penjelasan tentang manfaat akan lebih enak dibaca oleh pengunjung website apabila ditulis dengan bullet point.
Contohnya seperti di bawah ini;
A1
SEO memiliki banyak manfaat untuk perkembangan website bisnis. Seperti mampu meningkatkan visibilitas pencarian website bisnis. Meningkatnya visibilitas pencarian seperti ini wajar dialami, karena SEO mampu meningkatkan metrik organic traffic web. Website yang SEO nya dikembangkan juga akan menjadikan lebih optimal sebagai tools promosi dan konversi bisnis. Anda bisa juga menggunakan SEO ini sebagai media untuk lakukan data enrichment.
A2
SEO memiliki banyak manfaat untuk perkembangan bisnis. 4 di antaranya adalah;
- Mampu meningkatkan visibilitas pencarian website bisnis
- Memberikan website lebih banyak organic traffic.
- Menjadikan website lebih optimal sebagai tools promosi dan konversi bisnis.
- Dapat menjadi media data enrichment.
Contoh A2 tentu saja lebih enak dibaca oleh pengunjung website bukan?.
5. Masukan Gambar atau Elemen Konten Multimedia lain yang Relevan
Sederhana bukan?. Dengan hanya memasukan gambar atau elemen konten multimedia lain yang relevan, Anda sudah banyak terbantu dalam proses membuat konten SEO Friendly. Sedikit tambahan tips, pastikan setiap gambar yang Anda upload ke dalam website, memiliki alt text yang relevan dan memuat keyword utama konten di dalamnya.
6. Masukan 3 Internal Link
Tips keenam untuk Anda dapat membuat konten SEO friendly dengan mudah adalah dengan menempatkan 3 internal link di dalam konten. Internal link adalah link yang apabila diklik akan mengarahkan pengunjung ke konten atau halaman yang berbeda tapi masih dalam 1 domain website yang sama. Tips seperti ini akan membantu Anda terhindar dari banyaknya orphaned content.
Konten yatim piatu atau konten website yang tidak terhubung dengan konten manapun di dalam web yang sama. Terlalu banyak orphaned content, akan menjadikan crawl budget yang dimiliki website tidak maksimal, dan itu akan berimbas pada banyak konten yang terindeks.
MinTiv sendiri sudah menuliskan tips dan trik memaksimalkan internal link sebelumnya. Anda bisa membacanya lengkap melalui klik link artikel di bawah ini;
Baca Juga: Cara Memaksimalkan Internal Link Konten
7. Masukan 3 Outbound Link
Terakhir, hampir mirip dengan sebelumnya, hanya saja link yang dimaksimalkan berjenis outbound atau external link. Outbound link adalah link yang apabila diklik, akan mengarahkan pengunjung website ke konten atau halaman yang berbeda dengan domain web yang berbeda pula.
Baca Juga: Apa itu Outbound Link & Bagaimana Cara Mengoptimalkannya?
8. Jangan Lupakan Call to Action
Tips dan trik cara membuat konten SEO friendly yang terakhir adalah jangan pernah melupakan elemen call to action. Call to action sendiri adalah sebuah petunjuk yang dapat mengarahkan pengunjung yang sudah memiliki hasrat besar, untuk bisa memenuhinya.
8 tips dan trik membuat konten SEO friendly ini, sudah MinTiv terapkan konsisten pada website Creativism. Dan inilah hasilnya;
FAQ Seputar Konten
- Apa yang dimaksud dengan konten SEO friendly?. Konten SEO friendly adalah konten yang dioptimasi agar mudah ditemukan oleh mesin pencari, menarik perhatian pengunjung, dan relevan dengan keyword yang ditargetkan.
- Apa manfaat membuat intro dengan minimal 150 kata?. Intro yang panjang dan relevan membantu menarik minat pembaca dan menunjukkan kepada mesin pencari bahwa konten Anda relevan dengan search intent yang dicari pengguna.
- Mengapa perlu memasukkan internal link dalam konten?. Internal link membantu distribusi authority di website, memudahkan crawler untuk mengindeks halaman, dan mengurangi jumlah orphaned content.
- Seberapa penting outbound link untuk SEO? Outbound link membantu menunjukkan bahwa konten Anda terkait dengan sumber yang kredibel, meningkatkan relevansi dan otoritas halaman Anda.
- Apa itu LSI Keyword?. LSI (Latent Semantic Indexing) Keyword adalah kata kunci terkait yang membantu mesin pencari memahami konteks konten Anda dengan lebih baik.
Inilah penjelasan lengkap tentang cara membuat konten SEO friendly. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Terbaik, Layanan Lengkap & Tepercaya, hubungi saja Creativism.id
Pesan Sekarang: Jasa SEO Harga Murah, Berkualitas, dan Tepercaya!
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.