Keyword yang Lagi Trending. Keyword, jadi salah satu bagian penting yang harus dapat Anda maksimalkan ketika menerapkan SEO. Hal ini wajar mengingat dengan keyword yang tepat, audience yang dituju, dapat dengan mudah menemukan website bisnis Anda. Oleh sebab itu pula, keyword research yang dilakukan harus benar-benar matang dan sesuai dengan tujuan kampanye SEO.
Di dalam keyword research ini, Anda akan menemukan banyak jenis daripada keyword yang dapat dimanfaatkan. Satu dari sekian banyak jenis keywords yang dapat Anda manfaatkan ini, adalah trending keywords, atau keyword yang lagi trending.
Kita dapat mengatakan keywords ini, sebagai keyword musiman, atau populer pada periode waktu tertentu saja. Keywords ini, biasanya berjalan bersamaan dengan fenomena yang terjadi di dunia nyata, dan sedang banyak dibicarakan oleh orang-orang.
Contoh saja ketika pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong yang dipecat padahal sudah memberikan performa apik sepanjang 2024 lalu. Pencarian informasi melalui keywords yang di dalamnya ada nama Shin Tae Yong pun, booming.
Baca Juga: Jenis Jenis Keyword untuk Kampanye SEO
Ya, untuk mendapatkan keyword yang lagi trending ini sebenarnya bukan hal yang sulit. Terlebih jika Anda adalah orang yang senantiasa menatap layar smartphone atau Televisi. Anda bisa sekejap tahu, informasi apa yang sedang banyak dibicarakan oleh orang-orang. Dari informasi tersebut, Anda bisa menentukan keyword spesifik yang sering digunakan.
Masalahnya, cara seperti ini, tidak selalu bisa diandalkan. Anda harus benar-benar mempertajam kepekaan yang ada, agar bisa merumuskan keyword yang tepat, sesuai dengan informasi yang sedang booming. Lalu, adakah cara lain, yang lebih worth it untuk Anda bisa mendapatkan keyword yang lagi trending?.
Tentu saja ada. Di dalam artikel ini, MinTiv akan menjelaskan 3 cara menemukan keyword yang lagi trending. Penasaran apa saja?, simak baik-baik artikel ini ya!.
Daftar Isi
ToggleCara Menemukan Keyword yang Lagi Trending
1. Google Trends
Sumber: Google Trends
Cara yang pertama, adalah jelas dengan menggunakan tools gratis yang telah disediakan oleh Google, yakni Google Trends. Sesuai dengan namanya, tool gratis dari Google ini, memudahkan pengguna untuk menemukan keyword yang banyak dicari. Melalui tool ini, pengguna bisa menemukan keyword apakah yang paling banyak digunakan pada periode tertentu, dari daerah tertentu, atau pada niche tertentu.
2. Google Keyword Planner
Sumber: Google Keyword Planner
Cara kedua untuk Anda dapat menemukan keyword yang lagi trending adalah dengan menggunakan Google Keyword Planner. Google Keyword Planner sendiri adalah bagian dari layanan Google Ads. Berbicara tentang Google Ads, maka sekilas kita akan bersinggungan dengan materi SEM (Search Engine Marketing).
Meskipun Google Keyword Planner adalah bagian dari Google Ads, tapi fungsinya dapat kita manfaatkan demi kegiatan SEO. Sesuai dengan namanya, Google Keyword Planner akan memudahkan Anda menemukan rencana kata kunci yang relevan untuk kampanye website marketingnya.
Di dalam tool ini, terdapat kolom-kolom informasi penting yang menggambarkan seberapa trendingnya keyword tertentu. Adapun kolom-kolom informasi penting tersebut, antara lain seperti;
- Average monthly searches.
- Competition.
- YoY change.
- Dan lain-lain.
Keyword yang lagi trending biasanya memiliki average monthly searches yang besar dan juga tingkat kompetisi yang tinggi.
3. Fitur Trending Media Sosial
Sumber: YouTube
Cara yang terakhir, adalah dengan memanfaatkan fitur trending dari media sosial. Untuk cara yang terakhir ini, Anda cukup membuat akun media sosial tertarget.
FAQ Seputar Konten
- Mengapa keyword yang lagi trending penting untuk SEO? Karena keyword ini memiliki volume pencarian tinggi, sehingga dapat meningkatkan visibilitas website di mesin pencari dan menarik lebih banyak pengunjung.
- Apakah keyword trending selalu relevan untuk bisnis saya?. Tidak selalu. Penting untuk memilih keyword yang relevan dengan niche bisnis agar trafik yang didapatkan berkualitas dan sesuai dengan target audiens.
- Apakah keyword trending bisa digunakan untuk jangka panjang?. Tidak selalu, karena keyword ini bersifat musiman. Namun, beberapa bisa bertahan lebih lama jika masih relevan dengan kebutuhan audiens.
- Apakah menggunakan keyword trending cukup untuk meningkatkan peringkat SEO?. Tidak. Selain keyword, faktor lain seperti kualitas konten, backlink, dan user experience juga sangat berpengaruh dalam peringkat SEO.
Kesimpulan
Keyword yang lagi trending adalah kata kunci yang sedang populer dalam periode tertentu dan dapat meningkatkan visibilitas website jika dimanfaatkan dengan tepat. Untuk menemukannya, Anda bisa menggunakan Google Trends, Google Keyword Planner, atau fitur trending di media sosial.
Baca Juga: Apa itu Backlink Profile? Apakah Penting untuk SEO?
Meskipun menarik, keyword trending bersifat musiman dan tidak selalu relevan dengan semua bisnis. Oleh karena itu, pemilihan keyword harus disesuaikan dengan strategi SEO agar tetap memberikan hasil yang optimal.
Artikel ini, dikreasikan oleh Tim Agency SEO Creativism. Agency SEO yang siap berikan pelayanan SEO terbaik dan lengkap sesuai dengan kebutuhan website klien. Hubungi mereka langsung melalui WhatsApp 6281 22222 7920, untuk dapat layanan Jasa SEO Website Terbaik, segera!!.