Konten Multi-Part Series. Konten adalah salah satu bagian penting yang harus dapat Anda maksimalkan ketika menjalankan SEO. Hal ini wajar mengingat konten adalah raja untuk perkembangan kampanye SEO. Melalui konten yang menarik serta juga berkualitas tinggi, performa SEO website yang didapatkan akan jauh lebih baik. Metrik-metrik seperti dwell time, engagements, dan juga organic traffic akan mengalami peningkatan signifikan.
Konten website akan jauh lebih mudah masuk ke proses indexing search engine, dan kemudian ranking di urutan teratas halaman pertama Google. Konten SEO untuk website sendiri pada umumnya, terdiri dari 2 jenis utama. Yakni konten website berbentuk artikel dan juga halaman promosi/produk.
Kita dapat mengetahui sebuah konten SEO website berkualitas atau tidak, dari bagaimana konten tersebut dapat memenuhi search intent keyword tertarget. Selain itu, konten SEO website berkualitas memiliki penyebaran keyword utama atau keyword density yang maksimal.
2 poin penting ini, MinTiv rasa sudah cukup untuk Anda dapat memulai kampanye konten SEO websitenya. Lantas, apakah konten SEO website yang dapat diproduksi hanyalah artikel atau halaman promosi/produk saja?. Secara garis besar, iya. Tapi, Anda bisa melakukan variasi pada kedua jenis konten SEO website ini. Semisal membuat konten artikel yang dibagi menjadi beberapa part atau series.
Kita dapat menyebut ini sebagai konten multi-part series. Konten seperti ini, seringkali diterapkan untuk jenis artikel listicle yang memuat banyak daftar dan juga keterangan di dalamnya.
Nah, di dalam artikel ini, MinTiv akan berbagi panduan lengkap cara membuat konten multi-part series kepada Anda. Penasaran bagaimana panduan lengkapnya?, simak baik-baik artikel ini ya!.
Daftar Isi
TogglePanduan Membuat Konten Multi-Part Series
1. Pemberian Judul yang Menarik
Sumber: Creativism.id
Panduan pertama untuk Anda dapat membuat konten multi-part series, adalah memastikan judul konten yang dikreasikan, menarik. Ada banyak teknik pembuatan judul konten yang bisa Anda gunakan. Dimulai dari teknik;
- Menggunakan daftar nomor seperti; 100 Game PC Terbaik di Tahun 2024 yang Wajib Anda Coba Sekali Seumur Hidup!.
- Bersifat solusi seperti; Cara Mengatasi PC yang Lemot Akibat Virus.
- Membuat pengunjung penasaran seperti; Inilah Deretan Fakta Mengerikan Seputar Yakuza yang Belum Diketahui Banyak Orang!
- Gabungan, seperti; 10 Fakta Mengerikan Seputar Yakuza yang Wajib Kamu Ketahui!.
Sebagai tambahan, Anda bisa saja menambahkan kata Bagian 1, Part 1, dan sejenisnya di judul konten multi-part series. Adanya tambahan kata seperti di atas, menjadi penegas kepada pengunjung web, bahwa konten yang sedang ia baca adalah konten multi-part series.
Secara tidak langsung, ini akan memberikan sugesti kepada mereka untuk lanjut membaca konten series kedua atau selanjutnya dari Anda.
Lalu, bagaimana jika Anda tidak mau memuat kata Bagian 1, Part 1 dan sejenisnya pada judul konten. Anda bisa menjalankan alternatif lain yakni dengan memasukan call to action di bagian akhir konten.
Semisal Anda ingin membuat konten berjudul 100 Game PC Terbaik di Tahun 2024 yang Wajib Dimainkan Sekali Seumur Hidup. Anda ingin membuat konten tersebut menjadi 5 part atau series, yang artinya setiap konten akan memuat 20 daftar game PC terbaik tahun 2024.
Di setiap akhir series konten tersebut, Anda bisa menambahkan call to action seperti di bawah ini;
“Inilah pembahasan 100 game PC terbaik di tahun 2024 yang wajib kamu mainkan seumur hidup sekali. Ini masih pembahasan pertama, untuk 80 sisanya, bisa kamu baca atau nantikan (jika konten masih diproses) lengkap pada pembahasan kedua di series konten berikutnya. Klik link berikut ini”.
2. Konten Kedua/Selanjutnya, Harus Memuat Judul yang Melambangkan Series atau Kelanjutan dari Konten Sebelumnya
Panduan kedua untuk Anda dapat membuat konten multi-part series adalah dengan memastikan judul konten kedua atau series lanjutan, memuat judul yang melambangkan kelanjutan dari konten sebelumnya.
Anda bisa saja menggunakan judul konten yang hampir sama dengan judul konten dari series sebelumnya. Semisal judul konten series sebelumnya seperti ini;
50 Fakta Mengerikan Tentang Yakuza yang Harus Kamu Ketahui.
Maka untuk judul konten dari series selanjutnya bisa seperti di bawah ini;
50 Fakta Mengerikan Tentang Yakuza yang Harus Kamu Ketahui, Bagian 2
3. Jangan Gunakan Target Keyword yang Sama
Sumber: Creativism.id
Meskipun konten multi-part series memiliki pembahasan yang relatif sama, bukan berarti Anda bisa menggunakan target keyword yang sama pula untuk setiap series konten yang ada. Menggunakan target keyword yang sama untuk konten yang berbeda sendiri, termasuk ke dalam teknik Black Hat SEO, yakni keyword cannibalization.
Ada banyak dampak negatif daripada keyword cannibalization ini. Salah satunya adalah website yang akan terkena penalti dari Google karena dianggap telah melakukan spam keyword.
Solusi terbaiknya adalah Anda yang menggunakan variasi dari LSI (Latent Semantic Indexing )keyword. Contoh saja MinTiv yang membuat konten multi-part series berjudul 16 Cara Menjalankan SEO untuk Halaman Produk (Bagian 1) dan 16 Cara Menjalankan SEO untuk Halaman Produk (Bagian 2).
Bagian 1 MinTiv menggunakan kata Menjalankan SEO untuk Halaman Produk sebagai target keyword utama. Sedangkan bagian 2, MinTiv menggunakan kata SEO Halaman Produk sebagai target keyword utama.
4. Mention Konten Sebelumnya di Intro Konten Series Setelahnya
Panduan terakhir adalah dengan melakukan mention konten sebelumnya di konten series setelahnya. Anda bisa melakukan ini pada intro konten. Contohnya seperti ini;
Di dalam artikel sebelumnya, kita telah membahas 20 daftar dari 100 daftar game PC terbaik di tahun 2024. Terdapat nama-nama seperti Baldur’s Gate, Alan Wake, Elden Ring, Cyberpunk 2077 dan lain-lain. Kamu bisa membacanya ulang melalui klik link artikel di bawah ini;
Baca Juga: 100 Daftar Game PC Terbaik di Tahun 2024, (Bagian 1)!
Nah, di dalam artikel ini, mimin akan membahas sisa daftar game lainnya. Penasaran apa saja?, simak baik-baik artikel ini ya!.
FAQ Seputar Konten
- Apa itu konten multi-part series dalam SEO?. Konten multi-part series adalah jenis konten yang dibagi menjadi beberapa bagian atau series. Setiap bagian membahas topik yang sama namun dengan fokus yang lebih spesifik. Ini sering digunakan dalam artikel listicle atau daftar, untuk memecah konten menjadi bagian-bagian yang lebih mudah dibaca dan dipahami oleh audiens.
- Mengapa konten multi-part series penting untuk SEO?. Konten multi-part series membantu meningkatkan SEO dengan beberapa cara. Pertama, ini memperpanjang waktu pengunjung di situs (dwell time), yang dapat berkontribusi pada peringkat yang lebih baik di mesin pencari. Selain itu, pembagian konten menjadi beberapa bagian membuat pengunjung lebih tertarik untuk kembali membaca bagian selanjutnya, meningkatkan keterlibatan (engagement). Hal ini secara langsung dapat meningkatkan traffic organik ke situs Anda.
- Apakah konten multi-part series cocok untuk semua jenis topik?. Konten multi-part series lebih cocok untuk topik yang kompleks atau membutuhkan banyak daftar atau informasi, seperti panduan, daftar, atau tutorial yang panjang. Namun, tidak semua topik cocok untuk dibagi dalam beberapa bagian. Pastikan topik yang Anda pilih memang dapat dibahas dengan baik dalam beberapa artikel yang terpisah.
Referensi Bacaan dari Creativism
Setelah membaca tentang panduan membuat konten multi-part series ini, ada baiknya untuk Anda membaca artikel-artikel di bawah ini, untuk menambah wawasan Anda, dimulai dari;
- Tips Membangun Konten Berbasis Keyword Cluster.
- Cara Mengelola Konten Berbasis Long-Tail Keyword.
- Teknik Menulis Artikel Evergreen yang Tetap Relevan.
Referensi Bacaan dari Luar
Terkait referensi bacaan dari website luar, berikut ini MinTiv berikan beberapa referensi, dimulai dari;
- Content Series Guide: Turn One Idea Into a Fascinating 4-Part Story. Ditulis oleh Stefanie Flaxman, founder dari Revision Fairy.
- Creating a Content Series to Propel Audience Anticipation. Ditulis oleh Erin Ollila, seorang SEO Copywriter profesional.
Kesimpulan
Inilah penjelasan lengkap tentang konten multi-part series. Secara garis besar, konten seperti ini ampuh untuk meningkatkan engagements serta dwell time dari pengunjung. Kunci penting dari konten ini, adalah Anda yang mampu memberikan kalimat menarik yang mempertahankan perhatian audiens.
Artikel ini, dikreasikan oleh Tim Agency SEO Creativism. Agency SEO yang siap berikan pelayanan SEO terbaik dan lengkap sesuai dengan kebutuhan website klien. Hubungi mereka langsung melalui WhatsApp 6281 22222 7920, untuk dapat layanan Jasa SEO Website Terbaik, segera!!.