Manfaat Google Analytics untuk Website – Ketika menjalankan strategi digital marketing berupa SEO, maka wajar jika kita akan menemukan banyak tools yang dapat membantu. Bahkan search engine terpopuler di dunia sekaligus menjadi platform utama praktikal ilmu SEO, Google, telah membantu kita dengan banyak menyediakan tools yang powerful. Satu di antara banyak tools powerful tersebut adalah Google Analytics.
Ya, untuk Anda yang menggunakan website bisnis sebagai platform utama untuk informasi brandnya, pastinya sudah tidak asing lagi dengan tools yang satu ini. Ini adalah tools yang dapat membantu pebisnis dalam proses pengambilan keputusan jadi lebih matang.
Baca Juga: 10 Tools SEO Gratis untuk Pemula
Lantas, apa sih itu Google Analytics?. Mengapa tools yang satu ini begitu bermanfaat untuk pebisnis dalam proses pengambilan keputusan yang lebih matang?. MinTiv akan membahasnya lengkap di dalam artikel ini, jadi simak baik-baik ya!.
Apa itu Google Analytics?
Seperti yang sudah MinTiv katakan di awal artikel, Google Analytics adalah salah satu tools yang disediakan oleh Google untuk memudahkan kita menjalankan SEO. Lebih tepatnya, tools ini dirancang agar pengguna bisa lebih mudah melakukan proses monitoring performa website bisnisnya. Layanan dari Google ini dapat kita akses secara gratis.
Di Google Analytics, Anda bisa mendapatkan berbagai data terkait performa website dalam banyak bentuk data metrics. Bahkan fungsi daripada Google Analytics atau yang biasa disingkat dengan GA, juga bisa diandalkan untuk proses perkembangan akun di strategi social media marketing.
Manfaat Google Analytics untuk Website
Berbicara tentang manfaat dari Google Analytics, kita pasti akan menemukan banyak penjelasannya. Bahkan bisa sampai jutaan manfaat. Tetapi, di dalam artikel ini, MinTiv hanya akan membahas 7 di antaranya saja. 7 manfaat Google Analytics tersebut dimulai dari;
1. Sarana untuk Memahami Pengunjung
Manfaat yang pertama adalah Google Analytics yang mampu menjadi sarana untuk Anda bisa lebih dekat dan memahami pengunjung website. Melalui Google Analytics, Anda dapat mengetahui data demografis daripada pengunjung. Dimulai dari lokasi geografis pengunjung mengakses website Anda, minat dan juga perilaku pengunjung selama di website.
Memahami data-data seperti ini dari pengunjung website, tentunya akan membantu Anda dalam menentukan target audience yang benar-benar potensial. Anda bisa mendapatkan cukup banyak database mengenai buyer persona yang tepat.
2. Memudahkan Proses Riset Keyword
Manfaat yang kedua adalah Google Analytics yang mampu membantu Anda untuk lebih mudah melakukan riset keyword. Ya, Anda bisa mengetahui dengan jelas keyword apakah yang sering digunakan oleh audience untuk sampai ke website Anda. Anda bisa menggunakan data ini untuk menentukan keyword yang potensial dan mendatangkan banyak organic traffic.
3. Strategi Local SEO Jadi Lebih Menggigit
Selanjutnya, adalah Google Analytics yang mampu menjadikan proses penerapan Local SEO jadi lebih menggigit. Ya, penjelasan ini hampir sama dengan sebelumnya. Di mana dengan Google Analytics, kita bisa mengetahui daerah terbanyak yang menyumbang organic traffic website. Strategi bisnis seperti segmented marketing sesuai dengan data ini, dapat Anda dilakukan.
Perlu diketahui bahwa Local SEO adalah metode optimasi website yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada pencarian lokal. Salah satu contoh penerapannya adalah dengan mengoptimalkan penggunaan keyword spesifik menjurus ke lokasi, seperti Jasa SEO Jogja Terbaik.
4. Bantu Proses Analisis Konten
Google Analytics akan sangat membantu kita untuk proses analisis konten. Hal ini wajar, mengingat Google Analytics memungkinkan Anda untuk dapat melihat berbagai data metrik terkait performa konten. Contoh saja bounce rate, dwell time, page views, dan lain-lain.
Bounce rate adalah persentase pengunjung website yang datang lalu langsung kembali ke SERPs. Semakin tinggi persentase bounce rate yang didapatkan, akan berakibat buruk pada website Anda secara keseluruhan.
Dwell time adalah lawan daripada bounce rate. Dwell time adalah durasi waktu yang digunakan oleh pengunjung sebelum beralih ke halaman website lainnya ataupun ke SERPs. Semakin tinggi nilai yang didapatkan, maka akan semakin baiknya dampaknya untuk website.
Terakhir, page views. Ini adalah metrik yang digunakan untuk menghitung jumlah pengunjung website pada halaman tertentu.
Ketiga jenis metrik ini sangat membantu Anda dalam proses analisis konten. Apabila konten mendapatkan bounce rate rendah, maka sudah jelas bahwa konten tersebut perlu diperbaiki atau ditingkatkan kualitasnya.
5. Monitoring Konversi
SEO bukan hanya berbicara tentang metrik organic traffic saja. SEO juga memungkinkan kita untuk dapat memaksimalkan website sebagai tools konversi bisnis. Ya, dengan Google Analytics dan juga tambahan Google Tag Manager, Anda bisa dengan mudah melacak konversi di setiap bagian website. Terlebih di tombol Call to Action pembelian produk, subscribe newsletter, formulir dan lain-lain.
6. Mengetahui Page Speed Website
Page Speed website adalah salah satu faktor penting untuk SEO yang sudah dikonfirmasi oleh Google. Itu artinya, faktor ini perlu Anda maksimalkan baik-baik. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk itu. Jika Anda mau, Anda bisa membaca link artikel di bawah ini untuk insight powerful cara meningkatkan page speed website.
Baca Juga: Cara Meningkatkan Pagespeed Website
Tapi jelas, sebelum Anda melakukan cara-cara yang di dalam artikel tersebut, Anda perlu tahu terlebih dahulu page speed website Anda. Dan Anda bisa melakukan itu dengan bantuan Google Analytics.
7. Analisis Real Time
Manfaat Google Analytics untuk website yang terakhir adalah mampu memudahkan Anda untuk melakukan analisis real-time. Ya sesuai dengan kondisi terbaru, paling aktual.
Inilah penjelasan lengkap mengenai manfaat Google Analytics untuk website.
Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Google Terbaik dengan konten yang original, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Konten Manusia vs Konten AI, Mana yang Lebih Unggul?
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.