Memilih Keyword Utama – Salah satu proses penting yang perlu Anda pelajari di dalam SEO adalah research keyword. Sesuai dengan namanya, research keyword adalah proses di mana pengguna SEO harus bisa menemukan kata kunci yang tepat untuk niche website bisnisnya. Tentu saja kata kunci ini harus dapat membantu website untuk bisa perform pada banyak metrik-metrik penting.
Terlebih pada metrik yang bersinggungan langsung dengan visibilitas pencarian website, yakni traffic. Traffic sendiri adalah metrik yang digunakan untuk dapat mengukur jumlah pengunjung website dalam kurun waktu tertentu. Untuk bisa mengeceknya, kita bisa dengan mudah melakukannya melalui bantuan tools digital seperti Google Search Console. Atau bisa juga dengan tools digital premium yakni SEMrush.
Untuk tools digital yang terakhir MinTiv sebutkan, juga bisa Anda gunakan demi bisa memilih keyword tertentu yang tepat untuk target utama kampanye SEO. Tentu saja Anda bisa menggunakan alternatif lain yang lebih ramah untuk isi kantong pebisnis, yakni Google Keyword Planner.
Apakah dengan menggunakan tool-tool tersebut kita bisa dengan mudah memilih keyword utama yang tepat untuk niche website bisnis?. Tidak juga, karena tool tersebut hanya membantu Anda menemukan lebih banyak ide-ide keyword yang secara statistik, memiliki prospek cerah untuk membantu website perform. Anda tetap harus menentukan sendiri keyword manakah yang layak menjadi tujuan utama kampanye SEO.
Baca Juga: Cara Membuat Headline Konten yang Menarik
Untuk itu Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting sebelum memutuskan untuk menggunakan keyword tertentu. Beberapa hal penting tersebut, akan MinTiv kupas lengkap di dalam artikel ini. Penasaran apa saja?, simak baik-baik artikel ini ya!.
Hal-Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Sebelum Memilih Keyword Utama
1. Tingkat Kompetisi Keyword yang Bakal Dipilih
Sumber: SEMrush.com
Hal penting pertama yang wajib untuk Anda perhatikan pertama kali sebelum memilih keyword utama, adalah tingkat kompetisi. Pada umumnya, keyword memiliki 3 jenis kompetisi, yakni High, Medium dan juga Low. Apabila Anda menggunakan SEMrush, maka Anda bisa dengan mudah melihat perbedaan setiap kompetisi pada seluruh ide keyword yang dimasukkan.
Di SEMrush, setiap keyword yang memiliki tingkat kompetisi rendah akan diberi label warna hijau. Lalu untuk keyword dengan tingkat kompetisi medium, akan diberi warna orange. Yang terakhir, adalah warna merah, digunakan untuk menggambarkan keyword dengan tingkat kompetisi yang tinggi.
Sebagai pemula di bidang SEO, kita disarankan untuk lebih banyak mengoptimalkan keyword dengan tingkat kompetisi rendah terlebih dahulu.
2. Search Volume
Bagian penting kedua yang mesti Anda perhatikan adalah search volume. Search volume sendiri adalah metrik yang digunakan untuk menggambarkan seberapa banyak keyword tertentu mendapatkan pencarian. Apabila nilai search volumenya tinggi, maka bisa dipastikan bahwa keyword tersebut berada pada tingkat kompetisi yang tinggi pula.
Ya, search volume tinggi yang dimiliki sebuah keyword, kemungkinan besar juga akan memengaruhi tingkat kompetisi yang dimilikinya.
3. Search Intent
Sumber: SEMrush.com
Bagian ketiga adalah search intent. Search intent adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan maksud tertentu dari keyword yang digunakan pengguna search engine. Semisal ketika seorang pengguna mengetikkan kata “Apa itu SEO” maka kemungkinan besar maksud pencariannya ditujukan untuk mendapatkan konten informasi.
Search intent sendiri terdiri dari 4 jenis utama. 4 jenis itu adalah Commercial, Informational, Navigational, dan Transactional. Memahami jenis search intent dari sebuah keyword akan memudahkan Anda dalam proses produksi konten. Di mana konten tersebut jadi punya isi yang lebih relevan sesuai dengan maksud utama pencari keyword tersebut.
4. Cost Per Click
Sumber: SEMrush.com
Berikutnya adalah Cost Per Click. Metrik ini digunakan untuk dapat menghitung jumlah yang harus dibayarkan oleh pengiklan setiap kali keyword tertentu dapat memicu klik iklan. Metrik ini sangat penting untuk dipelajari serta dioptimalkan terlebih untuk Anda yang menjalankan SEO demi kebutuhan monetisasi, seperti menjadi publisher Google Adsense.
5. Trend
Yang terakhir adalah dengan memperhatikan tren pencarian keyword tersebut. Untuk yang terakhir ini, Anda bisa saja menggunakan tool gratis dari Google yakni Google Trends. Di sana Anda bisa dengan mudah menemukan keyword manakah yang lagi menjadi tren pencarian, baik itu di sebuah negara maupun spesifik pada daerah tertentu.
FAQ Seputar Konten
- Apa itu research keyword di dalam SEO? Proses untuk bisa menemukan keyword utama yang tepat untuk kampanye SEO. Keyword utama ini biasanya memiliki relevansi yang tinggi dengan niche utama website bisnis.
- Apa tool rekomendasi terbaik untuk melakukan research keyword?. MinTiv menyarankan kepada Anda untuk menggunakan SEMrush.
Inilah penjelasan lengkap tentang hal-hal yang mesti Anda perhatikan sebelum memilih keyword utama untuk kampanye SEO. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Terbaik dan Lengkap, hubungi saja Creativism.id.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.