Optimasi Website untuk Voice Search – SEO adalah ilmu optimasi website agar dapat perform di urutan teratas halaman hasil pencarian search engine. Ilmu ini difokuskan pada keyword tertentu yang menjadi target utama. Di dalam prosesnya, Anda diharuskan untuk dapat memahami minimal 4 metode SEO utama.
4 metode SEO utama itu adalah On Page SEO, Off Page SEO, Local SEO, dan juga Technical SEO. Selain memahami 4 metode SEO ini, pebisnis digital yang memilih SEO sebagai channel marketing utamanya, diharuskan untuk peka terhadap perkembangan terbaru tren konten dan algoritma Google.
Termasuk di dalamnya memahami cara kerja daripada voice search. Voice search sendiri adalah salah satu fitur dari Google yang dapat memudahkan pengguna melakukan pencarian memanfaatkan suara. Jadi, pengguna bisa menggunakan suara mereka untuk mencari informasi tertentu, semisal Jasa SEO Jogja Terbaik hanya dengan mengucapkannya saja.
Dapat dikatakan bahwa ini adalah langkah terbaik dari Google demi dapat mengurangi effort pengguna dalam mengetikkan keyword pencarian dan menjangkau seluruh jenis pengguna. Sebagai seorang pebisnis, jelas optimasi website untuk voice search tidak boleh terlewatkan.
Didapatkan dari Market, voice search memiliki persaingan pasar yang besar, mencapai nilai $20.3 miliar di tahun 2022. Persaingan pasar yang besar ini, menjadi pertanda bahwa voice search dapat membantu website memperoleh lebih banyak traffic. Diprediksi pada tahun 2032 nanti, ukuran pasar dari voice search akan mencapai angka $112.5 miliar.
Lalu bagaimana caranya agar kita bisa melakukan optimasi website untuk voice search?. Tidak perlu khawatir, karena di dalam artikel ini, MinTiv akan memberikan jawaban lengkapnya. MinTiv akan berbagi 5 tips jitu cara optimasi website untuk voice search. Penasaran apa saja tipsnya?, simak baik-baik artikel ini ya!.
5 Cara Optimasi Website untuk Voice Search
1. Menuliskan Artikel dengan Tata Bahasa Seperti Layaknya Percakapan
Tips yang pertama adalah menuliskan artikel dengan tata bahasa seperti layaknya sebuah percakapan. Teknik seperti ini, sangat ampuh untuk mendongkrak performa konten website untuk voice search, dikarenakan question keyword akan sering digunakan.
Ditambah lagi fakta bahwa hasil dari voice search, 35x mengarahkan penggunanya kepada konten dengan tata bahasa layaknya percakapan. Teknik seperti ini sendiri, sudah sering MinTiv jalankan pada berbagai konten website Creativism. Anda bisa melihat deretan contohnya langsung di dalam artikel ini bukan?.
Anda juga bisa melihat banyak contoh konten untuk voice search ini memanfaatkan fitur People Also Ask di SERP (Search Engine Result Page) Google. Manfaatkan teks yang ada untuk kemudian dikombinasikan menjadi judul atau outline konten yang menarik.
Sumber: Google.com
2. Menerapkan Structured Data Markup
Tips yang kedua adalah dengan menerapkan structured data markup. Structured data markup sendiri adalah barisan kode yang berfungsi sebagai petunjuk agar web crawler bisa lebih mudah memahami konten Anda. Struktur data seperti inilah yang kemudian akan dibaca oleh voice search, seperti dari Google yakni Google Assistant.
Lalu bagaimana cara membuat structured data atau schema markup ini untuk website?. Anda bisa membuatnya dengan mudah melalui berbagai layanan online, salah satunya adalah dari Merkle.
3. Membuat Website yang Mobile Friendly
Berikutnya adalah dengan membuat website yang mobile friendly. Tips ketiga ini sangat wajib untuk Anda maksimalkan karena mayoritas voice search berasal dari pencarian melalui perangkat mobile. 20% voice search berasal dari sana. Oleh sebab itu, Anda tidak boleh sama sekali meremehkan poin penting ini.
Sumber: Arsip Creativism.id
Perhatikan dengan baik apakah desain website Anda untuk mobile sudah mudah untuk diakses atau tidak. Jarak antara link atau elemen konten website yang ada, bisa dengan mudah diklik karena jaraknya yang pas. Menu navigasi yang dapat menyesuaikan tampilan di versi mobile. Dan juga gambar, video atau elemen multimedia lainnya yang tetap dapat tampil sempurna di versi mobile.
4. Membuat Halaman FAQ Bisnis Tersendiri
Tips berikutnya adalah dengan membuat halaman berisikan FAQ bisnis tersendiri. FAQ (Frequently Asked Questions) dapat menjadi cara terbaik untuk pebisnis menerapkan question keyword. FAQ juga dapat mempercepat pengunjung mencari informasi yang benar-benar dibutuhkan.
Apakah harus membuat halaman khusus tersendiri MinTiv?.
Anda bisa saja melakukan kreasi yang sedikit berbeda, semisal selalu menyematkan FAQ konten di bagian akhir.
5. Fokus Pada Voice Search yang Potensial
Terakhir, adalah fokus pada voice search yang potensial saja. Untuk saat ini, Google Assistant dan Siri masih menjadi voice search terpopuler di dunia dengan persentase penggunanya mencapai angka 36%. Berada di urutan kedua, ada Amazon Alexa dengan persentase penggunanya mencapai 25%.
Inilah penjelasan lengkap tentang 5 cara optimasi website untuk voice search. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa Optimasi Website termasuk untuk voice search, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Cara Menerapkan SEO untuk Landing Page
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: 5 Cara Optimasi Website untuk Voice Search […]