SEO di LinkedIn – SEO adalah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman hasil pencarian search engine. Ilmu ini difokuskan pada keyword tertentu yang menjadi target utama. Ya, jika kita berbicara tentang SEO, maka fokus kita akan langsung tertuju pada bagaimana cara optimasi website yang baik.
Tidak salah, tetapi sejatinya SEO lebih daripada sekedar ilmu optimasi website. SEO atau Search Engine Optimization adalah ilmu yang dapat diterapkan di berbagai platform informasi lainnya yang menyediakan fitur search engine (mesin pencari). Termasuk di dalamnya adalah media sosial.
Ya, di media sosial seperti Instagram, TikTok, Facebook, YouTube pun juga menerapkan konsep daripada SEO. Hanya saja memang penerapannya tidak sepopuler SEO untuk website. Selain 4 aplikasi media sosial tadi, SEO untuk medsos juga banyak diterapkan pada LinkedIn.
Baca Juga: 7 Tips Mudah Agar Traffic Website Cepat Naik
Sebuah aplikasi media sosial yang memiliki niche khusus di bidang profesional. Ya, LinkedIn adalah salah satu aplikasi media sosial yang dapat diandalkan pebisnis untuk menjalankan strategi marketing business to business. Di dalamnya, kita bisa dengan mudah terhubung kepada mereka-mereka, profesional di berbagai bidang industri kerja.
Dapat dikatakan juga bahwa LinkedIn adalah sarana terbaik untuk fresh graduate unjuk gigi.
Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan demi dapat memaksimalkan penggunaan media sosial LinkedIn. Baik itu untuk keperluan pribadi yakni mendapatkan pekerjaan, ataupun untuk meningkatkan brand awareness bisnis. Salah satu cara terbaik untuk itu adalah dengan memaksimalkan SEO.
Nah, di dalam artikel ini, MinTiv akan berbagi tips dan trik cara memaksimalkan SEO di LinkedIn. Penasaran apa saja?, simak baik-baik artikel ini ya!.
5 Cara Mudah Menjalankan SEO di LinkedIn
1. Memaksimalkan Penggunaan Headline Profile
Sumber: LinkedIn.com
Yang pertama adalah dengan memaksimalkan penggunaan headline profile. Ya, headline profile menjadi salah satu daya tarik tersendiri untuk orang lain melihat profil LinkedIn Anda. Gunakan kata-kata headline yang dapat menggambarkan siapa atau apa bisnis Anda yang sebenarnya. Jika perlu, sematkan kata kunci yang ingin dioptimalkan pada bisnis Anda.
Gunakan kata-kata yang to the point dan relevan. Ingat, untuk jangan berlebihan menyematkan kata kunci utama Anda di dalamnya.
2. Merubah URL Halaman LinkedIn Jadi Lebih SEO Friendly
Sumber: LinkedIn.com
Tips yang kedua adalah dengan merubah URL halaman LinkedIn menjadi lebih SEO Friendly. Ya, perlu diketahui bahwa settingan default daripada URL untuk halaman LinkedIn akan memuat angka di dalamnya. Jelas saja URL seperti ini tidak SEO friendly dan juga tidak human friendly.
Konsepnya sama dengan pada saat kita mengoptimalkan URL untuk SEO website. Sebisa mungkin untuk membuat URL yang pendek dan relevan. Mudahnya, gunakan nama brand Anda untuk jadi URL halaman LinkedIn.
3. Mengoptimalkan Bagian About
Sumber: LinkedIn.com
Berikutnya dalam tips SEO di LinkedIn, adalah dengan mengoptimalkan penggunaan bagian About. Dapat dikatakan bahwa bagian ini, adalah cara terbaik untuk Anda dapat memberikan perkenalan atau first impression yang baik pada calon partner atau calon klien.
LinkedIn menyediakan batas untuk dapat menulis di bagian about sebanyak 2.600 karakter, atau sekitar 371-650 kata. Gunakan batas tersebut dengan maksimal. Fokus pada penjelasan apa yang Anda bisa lakukan, skill apa yang Anda miliki, dan juga pengalaman atau prestasi yang sudah Anda ditorehkan.
Jangan lupa untuk bagian yang menjelaskan tentang siapa Anda yang sebenarnya. Terkait urutannya, tergantung dari preferensi Anda sendiri. Jangan lupa juga untuk menempatkan kata kunci utama bisnis di bagian ini.
4. Rajin Posting dan Aktif di LinkedIn
Sumber: LinkedIn.com
Berikutnya adalah dengan rajin posting dan aktif di LinkedIn. Anda bisa melakukan ini melalui beberapa cara mudah. Seperti upload konten hasil mirroring di media sosial lain, membagikan link konten website, memberikan komentar relevan di postingan orang lain atau halaman LinkedIn dengan niche sejenis, dan lain-lain.
Selain dengan cara-cara sederhana di atas, Anda juga dapat memaksimalkan fitur lain dari LinkedIn seperti Newsletter atau Buletin. Melalui fitur buletin LinkedIn ini pulalah, Anda bisa menjalankan strategi backlink. Konsepnya sama seperti pada saat Anda menuliskan artikel di website UGC (User Generated Content).
5. Konsisten, Lakukan Update Data Jika Perlu
Terakhir, adalah konsisten. Lakukan update data jika perlu, terlebih pada bagian About jika memang ranah bisnis Anda sudah mengalami pergeseran target bisnis.
Inilah penjelasan lengkap mengenai cara optimasi SEO di LinkedIn. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Lengkap, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Tips SEO untuk YouTube
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Cara Menjalankan SEO di LinkedIn […]