Cara Mengajak Pemilik Website Berkolaborasi – Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk dapat mengoptimalkan performa website. Satu di antara banyak cara tersebut adalah dengan menjalankan kaidah SEO. SEO sendiri adalah kependekkan dari Search Engine Optimization.
Sebuah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman pencarian search engine. Ilmu ini difokuskan pada keyword tertentu yang ditargetkan. Di dalamnya, terdapat banyak metode penting yang mesti Anda pelajari dan jalankan. Salah satunya adalah Off Page SEO.
Off Page SEO adalah metode optimasi website yang seluruh langkah-langkahnya dilakukan di website atau platform alternatif. Kemudian dari website atau platform alternatif tersebut, terdapat backlink. Ya, backlink adalah salah satu daripada teknik penerapan Off Page SEO.
Adapun website alternatif yang ditargetkan biasanya adalah website milik orang lain yang nichenya sejenis. Biasanya kegiatan ini mengharuskan Anda untuk membayar kepadanya, agar ia mau berikan backlink berkualitas. Adapun proses ajakan ini, dapat kita katakan sebagai bagian dari kolaborasi.
Nah, di dalam artikel ini, MinTiv akan memberikan sedikit tips dan trik, cara mengajak pemilik website lain untuk berkolaborasi. Penasaran apa saja?, simak baik-baik artikel ini ya!.
5 Cara Mengajak Pemilih Website Lain untuk Berkolaborasi
1. Pastikan Website Anda Memiliki Performa SEO yang Cukup
Cara yang pertama, adalah dengan memastikan terlebih dahulu performa SEO website Anda sudah mumpuni. Ya, hal ini wajar saja, karena siapa yang bakal tertarik untuk berkolaborasi jika website Anda sendiri belum perform?. Untuk itu, lakukan audit website terlebih dahulu, lakukan pengecekan pada kelebihan dan kelemahan yang ada. Lakukan perbaikan pada bagian-bagian website yang belum optimal. Lalu untuk bagian lain yang sudah optimal, silahkan Anda kembangkan lebih jauh lagi.
Selain memerika performa SEO website Anda, Anda juga harus dapat memeriksa performa SEO website dari orang lain yang ingin Anda ajak kerjasama. Jangan sampai benefit yang didapatkan tidak Apple to Apple, alias berat sebelah.
Berikut ini adalah beberapa kriteria penting yang bisa Anda gunakan;
- Website calon mitra memiliki DA/PA lebih dari 10.
- Websitenya, sudah berumur lebih dari 6 bulan – 1 tahun.
- Rajin update konten.
- Minimal memiliki traffic website berada di angka 200 per bulan.
- Domain website yang digunakan oleh calon mitra, tidak memiliki rekam jejak yang jelek.
- Niche websitenya sejenis atau relevan.
2. Tentukan Tujuan Kolaborasi
Cara yang kedua adalah dengan menentukan tujuan daripada kolaborasi. Ya, hal ini penting untuk Anda rumuskan demi bisa menetapkan metrik yang sesuai.
Apabila tujuan Anda adalah untuk mendapatkan peningkatan traffic, maka metrik yang jadi standar penilaian Anda adalah, metrik referral traffic. Begitu juga ketika tujuan daripada kolaborasi Anda adalah untuk meningkatkan penjualan. Maka metrik yang bisa Anda gunakan sebagai standar penilaian adalah konversi dan landing page views.
3. Tentukan Strategi Kolaborasi yang Ingin Dijalankan
Setelah mendapatkan tujuan daripada kolaborasi, maka selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menentukan strategi yang tepat. Ada banyak strategi kolaborasi yang bisa Anda gunakan. Seperti;
- Saling memberikan artikel backlink.
- Membuat halaman partner.
- Membuat banner ads dengan kode URL di dalamnya.
- Aktif sharing konten di media sosial masing-masing.
- Dan lain-lain.
4. Membuat Perjanjian atau MoU
Keempat adalah dengan membuat perjanjian atau MoU (Memorandum of Understanding). Perjanjian seperti ini, tentunya dapat memberikan kesan profesional tersendiri pada proses kolaborasi yang ada. Di antara kedua belah pihak, menjadi punya komitmen yang tinggi untuk menjalankan task yang ada. Atau jika perlu, menggunakan bentuk perjanjian lain yang lebih mengikat.
5. Melakukan Evaluasi Hasil
Terakhir, adalah dengan melakukan evaluasi hasil. Kita dapat mengetahui sebuah proses kolaborasi berhasil atau tidak dari metrik yang telah ditetapkan sebelumnya. Setiap nilai metrik yang menggambarkan keberhasilan tentunya berbeda-beda untuk setiap pebisnis dan kondisi.
Oleh sebab itu, kompromikan ini baik-baik dengan calon partner. Lakukan proses evaluasi ini setidaknya 1 bulan sekali.
Inilah penjelasan lengkap tentang cara mengajak pemilik website lain untuk berkolaborasi. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Lengkap, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Cara Menjalankan SEO di LinkedIn
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Cara Mengajak Pemilik Website Lain untuk Berkolaborasi […]