SEO untuk Website Non-Profit. SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Sebuah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman pertama hasil pencarian search engine. Terutama search engine terpopuler di dunia, yakni Google.
Ilmu optimasi website ini, sering dijalankan sebagai bagian dari strategi digital marketing. Hal ini wajar mengingat SEO mampu membantu website menjadi tools bisnis yang lebih powerful.
Melalui SEO, website yang awalnya ditujukan untuk transfer brand knowledge kepada target audience, dapat berubah menjadi tools konversi maksimal. Tentu saja, untuk bisa mendapatkan manfaat SEO seperti ini, diperlukan pemahaman yang kuat terhadap 4 metode SEO utama. Yakni On Page SEO, Off Page SEO, Local SEO dan juga Technical SEO.
Selain itu, pebisnis yang memilih menjalankan SEO juga harus dapat memahami perkembangan terbaru daripada algoritma Google yakni E-E-A-T.
O iya, meskipun strategi SEO sering diterapkan untuk website bisnis, faktanya metode ini juga bisa diterapkan pada jenis website lainnya. Salah satunya adalah website bersifat non-profit.
Sesuai dengan namanya, website non-profit adalah website yang dikreasikan bukan untuk mencari keuntungan. Dengan tujuan seperti ini, maka jelas strategi SEO yang diperlukan akan sedikit berbeda. Di dalam artikel ini, MinTiv akan menjelaskan tentang panduan SEO untuk website non-profit secara lengkap.
Penasaran apa saja panduannya?. Silahkan simak baik-baik artikel ini ya!.
Daftar Isi
TogglePanduan SEO untuk Website Non-Profit
1. Pastikan Website Bersifat Mobile Friendly
Panduan atau strategi SEO untuk website non-profit yang pertama adalah dengan memastikan tampilan website mudah dimuat dalam platform mobile. Konten-konten yang ada di dalam website harus dapat tampil dengan baik di dalam platform mobile, mulai dari gambar, teks, header, footer dan terpenting adalah menu navigasi website.
Hal ini wajar untuk diperhatikan karena rata-rata traffic yang didapatkan oleh website, umumnya berasal dari platform mobile. Terdapat cara mudah untuk mengakali panduan pertama ini. Anda bisa saja menggunakan theme website yang memang sudah dirancang dengan sistem mobile friendly otomatis.
2. Pastikan Website Ringan, Mudah dan Cepat Diakses
Panduan SEO untuk website non-profit selanjutnya adalah dengan memastikan website ringan, mudah dan cepat diakses. Untuk panduan kedua ini, Anda bisa memulainya dari pemilihan layanan hosting yang tepat. Anda harus benar-benar memahami tentang kelebihan daripada layanan atau provider hosting terpilih.
Selanjutnya Anda bisa melakukan kompresi data website. Manfaatkan tools Gzip untuk membantu memangkas ukuran file website hingga 70%. Jangan lupa untuk pastikan setiap gambar yang diupload menggunakan format terbaik dan ringan, serta sudah dikompress ukurannya menjadi kurang dari 200KB.
3. Jalankan Strategi Blog Marketing
Panduan SEO untuk website non-profit ketiga adalah dengan menjalankan strategi blog marketing. Ya, Anda bisa saja menambahkan menu navigasi baru di dalam web, untuk blog. Nantinya, blog ini dapat Anda manfaatkan untuk sharing insights seputar niche usaha non-profit Anda. Anda juga bisa menggunakannya untuk sharing kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility).
Blog di dalam website non-profit ini, akan membantu Anda dalam proses membangun kesadaran audience terhadap brand Anda (Brand awareness).
4. Bangun Backlink dengan Web Lain yang Relevan & Berkualitas
Keempat adalah dengan membangun backlink berkualitas dari web lain yang relevan dan pastinya berkualitas. Kita dapat menyebut kegiatan ini dengan istilah link building. Sebelum memilih website tertentu yang ingin ditanamkan link utama web Anda, pastikan Anda telah membuat klasifikasi tersendiri.
Tentunya klasifikasi yang dibuat harus dapat mengarahkan Anda pada backlink yang benar-benar berkualitas. Berikut ini adalah beberapa klasifikasi pemilihan backlink yang bisa Anda jadikan sebagai referensi, dimulai dari;
- Memiliki niche konten yang relevan atau sejenis.
- Website terpilih tidak pernah terafiliasi dengan konten-konten negatif.
- Minimal umur website terpilih adalah 6 bulan atau lebih.
- Pastikan website terpilih aktif memberikan konten-konten terbaru.
- Spam score yang dimiliki website terpilih hanya 1-3% saja.
- Domain authority yang dimiliki sudah menyentuh angka 10 atau lebih.
- Search traffic yang dimiliki minimal sudah menyentuh angka 100 per bulan.
Panduan SEO untuk website non-profit keempat ini sendiri, bertujuan untuk mendongkrak nilai kredibilitas website di mata target audience. Hal ini penting untuk dipastikan karena dapat membantu performa website pada elemen Authoritativeness dan juga Trustworthiness pada algoritma E-E-A-T.
5. Buat Sitemap dan Robots.txt File
Selanjutnya adalah dengan membuat sitemap website. Baik itu yang bersifat HTML ataupun XML. Sitemap HTML adalah peta website yang dapat dilihat langsung oleh pengunjung website dan juga crawler search engine. Sesuai dengan namanya, sitemap berfungsi sebagai menu navigasi agar pengunjung dapat dengan mudah mencari konten web yang ingin dibaca.
Sedangkan sitemap XML adalah peta website yang hanya dapat dilihat oleh crawler search engine saja. Sitemap jenis ini berfungsi sebagai pedoman crawler search engine memahami konten website Anda. Setelah Anda membuat keduanya, jangan lupa untuk melakukan verifikasi dengan tools Google Search Console.
Cara ini, akan membantu website Anda untuk lebih cepat diindeks Google.
Jangan lupa juga untuk mengatur robots.txt. Robots.txt adalah file docx yang berfungsi sebagai pedoman crawler melakukan indexing pada konten website. Dari file inilah, crawler dapat memahami konten web manakah yang perlu diindeks, dan mana yang tidak perlu.
6. Aktifkan Google My Business Anda
Hampir mirip dengan panduan SEO untuk website non-profit yang keempat, cara yang terakhir ini juga bertujuan untuk meningkatkan kredibilitas website. Dengan Anda mengaktifkan Google My Business, maka Anda bisa dengan mudah memampangkan profil bisnis langsung di pencarian, begitu nama website Anda dicari di halaman pencarian. Contohnya seperti di bawah ini;
Sumber: Google.com
FAQ Seputar Konten
- Mengapa SEO penting untuk website non-profit? SEO penting untuk website non-profit karena membantu meningkatkan visibilitas di mesin pencari seperti Google, menarik lebih banyak pengunjung, dan meningkatkan kredibilitas organisasi di mata audiens serta investor potensial.
- Bagaimana cara memastikan website non-profit cepat diakses? Untuk memastikan website cepat diakses, pilihlah hosting yang baik, kompres ukuran gambar, dan gunakan teknik seperti Gzip compression untuk mempercepat waktu loading halaman.
- Mengapa penting untuk memiliki blog di website non-profit? Blog dapat digunakan untuk membagikan konten yang relevan, seperti kegiatan CSR atau inisiatif non-profit, yang membantu membangun kesadaran audiens dan meningkatkan traffic organik ke situs Anda.
Referensi Bacaan dari Creativism
Setelah membaca lengkap tentang panduan SEO untuk website non-profit di atas, MinTiv sarankan kepada Anda untuk membaca beberapa artikel tambahan di bawah ini, untuk menambah wawasan yang ada. Adapun artikel yang dimaksud tersebut, dimulai dari;
Artikel di atas, akan membantu Anda untuk menjalankan strategi SEO website non-profit yang lebih up-to-date dan sesuai tren terbaru di tahun depan.
Tidak sedikit website non-profit itu bersifat komunitas. Makanya, relate jika MinTiv menyarankan Anda untuk membaca link artikel di atas.
Artikel di atas akan membantu Anda untuk lebih mudah menjalankan strategi blog marketing. Anda jadi lebih tahu tentang bagaimana caranya menjalankan strategi blog marketing yang ramai pengunjung.
Referensi dari Luar
Terkait referensi bacaan dari website luar, berikut ini MinTiv berikan beberapa referensi, dimulai dari;
- Nonprofit SEO: 10 Tips to Optimize Your Website. Ditulis oleh Alex Huntsberger, seorang SEO Content Strategist dari Neon One.
- SEO for Charities: How to get found online through Google Search. Ditulis oleh Ben, Co-Founder dari Empower.
Kesimpulan
Inilah penjelasan lengkap tentang panduan SEO untuk website non-profit. Secara garis besar, panduannya memang tidak jauh berbeda untuk SEO website lain pada umumnya. Yang menjadi pembeda adalah panduan SEO di atas lebih ditujukan untuk meningkatkan brand awareness dan bukan untuk meningkatkan metrik lead dan konversi.
Artikel ini, dikreasikan oleh Tim Agency SEO Creativism. Agency SEO yang siap berikan pelayanan SEO terbaik dan lengkap sesuai dengan kebutuhan website klien. Hubungi mereka langsung melalui WhatsApp 6281 22222 7920, untuk dapat layanan Jasa SEO Website Terbaik, segera!!.