Digital marketing kini mulai dipelajari oleh banyak orang. Tentu saja karena digital marketing sangat bermanfaat untuk mengembangkan suatu bisnis. Jika berbicara tentang digital marketing, maka ada kaitan erat dengan social media management.
Apa itu social media management? Bagaimana cara kerjanya? Apa saja tools atau alat bantu yang bisa digunakan? Pertanyaan-pertanyaan ini bisa Kawan Creativ temukan jawabannya dengan membaca penjelasan lengkap di bawah ini. Selamat membaca!
Pengertian dan Definisi
Seorang pebisnis tentunya akan melakukan berbagai cara untuk membangun branding agar semakin dikenal banyak orang. Harapannya tentu dengan branding yang bagus, orang-orang akan tertarik dengan produk yang dijual dan akhirnya membelinya.
Salah satu strategi paling efektif dan efisien adalah dengan memanfaatkan berbagai media sosial sebagai sarana promosi. Berbagai media sosial yang bisa menjadi pilihan terbaik adalah Instagram, Facebook, dan media sosial lainnya.
Penggunaan media sosial sebagai sarana bisnis dan promosi tidak bisa disamakan dengan penggunaan media sosial pada umumnya. Diperlukan cara khusus untuk memaksimalkan semua fitur di media sosial demi membangun profil bisnis yang berkualitas.
Ya, Kawan Creativ bisa menggunakan manajemen media sosial yang merupakan suatu sistem manajemen atau pengelolaan media sosial dengan memanfaatkan tools tertentu untuk keperluan bisnis.
Pentingnya Social Media Management
Di era serba digital sekarang ini pengguna media sosial terus mengalami peningkatan, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Luasnya jangkauan media sosial membuatnya sangat cocok untuk dijadikan sarana promosi.
Tentunya harus ada sistem manajemen sosial yang mengatur semua konten di dalamnya agar tertata dengan rapi dan sesuai sasaran. Selain itu, seluruh konten yang dibuat harus bisa mempresentasikan brand bisnis Kawan Creativ dengan baik.
Konten di media sosial juga harus update secara rutin dengan memberikan konten video atau foto yang unik dan menarik. Ini merupakan salah satu strategi untuk menarik perhatian para pengguna media sosial. Berikut ini beberapa poin pentingnya pengelolaan sosial media untuk bisnis, yaitu:
1. Meningkatkan Brand Awareness
Brand awareness sangat penting dimiliki oleh suatu bisnis. Semakin baik brand awareness, maka semakin baik juga pandangan masyarakat luas terhadap produk-produk yang diproduksinya.
Salah satu cara untuk meningkatkannya melalui pengelolaan media sosial yang baik dengan menyebarluaskan konten-konten berkualitas.
2. Media Menyebarluaskan Informasi, Berita, dan Promosi
Media sosial dinilai sebagai sarana atau media yang paling efektif dan efisien untuk menyebarluaskan informasi, berita, dan promosi. Kelebihan ini yang membuat banyak orang menggunakannya untuk keperluan bisnis.
Melalui media sosial Kawan Creativ bisa menyebarluaskan informasi tentang produk, sehingga orang-orang akan tertarik dan membelinya.
3. Meningkatkan Penjualan
Jenis media sosial apapun jika dikelola dengan baik akan memberikan banyak keuntungan. Salah satunya untuk meningkatkan penjualan suatu produk. Berbagai fitur iklan atau promosi yang ada di media sosial harus dimanfaatkan dengan baik agar bisa meningkatkan penjualan.
4. Memperkenalkan Profil Bisnis secara Luas
Media sosial yang dikelola dengan baik bisa menjadi suatu gambaran akan profil bisnis. Selain itu, Kawan Creativ juga bisa mencantumkan website atau kontak lainnya yang bisa pengguna telusuri untuk lebih mengenal bisnis Kawan Creativ.
Ya, sistem social media management memang sangat diperlukan bagi para pelaku bisnis untuk membangun dan memperkuat branding produk yang dijualnya. Semakin besar atau bagus kualitas branding, maka akan semakin tinggi peluangnya untuk dijual dan menghasilkan keuntungan besar.
Tidak heran lagi ya, sistem pengelolaan media sosial memang memiliki peranan yang penting dalam suatu bisnis.
Tools yang dapat Digunakan dalam Social Media Management
Di era digital seperti ini beragam media sosial sudah tumbuh dan berkembang dengan baik, seperti Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, dan media sosial lainnya. Kawan Creativ bisa memanfaatkan semua media sosial tersebut.
Ya, satu media sosial tidak akan cukup untuk mengembangkan bisnis secara luas. Kawan Creativ bisa membuat akun di setiap jenis media sosial. Jangan khawatir akan sistem pengelolaannya. Anda juga bisa menggunakan berbagai alat atau tools untuk membantu dalam pengelolaan media sosial.
Apa saja tools yang bisa digunakan? Berikut ini daftar tools yang bisa Kawan Creativ coba dan pelajari, yaitu:
1. HootSuite
Tools paling populer untuk mengelola media sosial adalah Hootsuite. Kawan Creativ bisa menggunakannya untuk menjadwalkan setiap postingan, mengetahui jumlah traffic, dan membalas pesan.
2. Buffer
Jika mencari tools yang mudah digunakan, maka sebaiknya pilih Buffer. Tools ini sangat cocok untuk Kawan Creativ yang tidak memiliki banyak waktu untuk terus menerus update konten. Dengan menggunakan Buffer, Kawan Creativ bisa mengatur penjadwalan konten di media sosial hingga satu minggu ke depan.
3. Social Bro
Social Bro adalah tools social media management berupa layanan website yang dapat memberikan data dan analisis komprehensif. Data-data ini bisa Kawan Creativ gunakan untuk meningkatkan penjualan, pendapatan, atau melakukan promosi.
Kawan Creativ juga bisa membuat agenda dan kampanye marketing rutin dan teratur secara mudah menggunakan Social Bro.
4. Tweepi
Bagi Kawan Creativ yang menggunakan media sosial Twitter, sebaiknya gunakan Tweepi untuk membantu dalam pengelolaannya.
Tools ini bisa membantu meningkatkan jumlah follower dan mengelolanya dengan mudah. Selain itu, tools ini juga bisa melakukan unfollow kepada mereka yang tidak melakukan follow back terhadap akun bisnis Anda.
5. SocialOomph
Tools social media management bernama SocialOomph bisa membantu Kawan Creativ dalam meningkatkan performa akun bisnis media sosial.
Layanan yang diberikan sangat banyak, misalnya auto follow otomatis, melacak atau pencarian kata kunci, dan berbagai layanan lainnya. Gunakan seluruh layanan dengan maksimal agar hasil yang diberikan pun optimal.
6. BuzzSumo
Tools selanjutnya yang bisa dicoba untuk mengelola media sosial adalah BuzzSumo. Tools ini memiliki tampilan dashboard analisis konten yang bisa memberikan data terkait topik yang sedang tren di semua media sosial.
Analisis bisa dilakukan dari rentang waktu tertentu, beberapa jam sebelumnya bahkan beberapa bulan sebelumnya. Kawan Creativ bisa melihat topik apa saja yang relevan dengan bisnis yang sedang Kawan Creativ jalankan.
Kemudian Kawan Creativ bisa membuat konten sesuai data yang didapatkan agar mampu meningkatkan daya tarik orang-orang terhadap akun media sosial bisnis Kawan Creativ.
Fitur tambahan yang ada di tools ini yaitu operator pencarian kata kunci, informasi backlink untuk website, filter jenis konten, fitur pemasaran, dan lain sebagainya.
7. Crowdbooster
Croedbooster adalah platform untuk melakukan analisis performa media sosial. Tentunya alat ini bisa membantu dalam melihat efektivitas kampanye media sosial bisnis Kawan Creativ lho.
Selain itu, tools yang satu ini juga bisa memberikan rekomendasi cara menjangkau audiens dan cara meningkatkan performa media sosial bisnis yang Kawan Creativ miliki.
Social media management memang memiliki banyak manfaat untuk membantu pebisnis mengelola berbagai akun media sosial sekaligus. Jika Kawan Creativ masih merasa kerepotan, maka sebaiknya Kawan Creativ menggunakan jasa di creativism.id untuk mengelolanya.
Creativism.id merupakan penyedia jasa pengelola media sosial terbaik dengan pengalaman yang cukup dan tim yang profesional. Apa lagi yang ditunggu? Yuk langsung menggunakan jasa dari creativism.id!
[…] oleh pebisnis seperti Kawan Creativ yang memiliki banyak akun media sosial. Tentu saja layanan social media management seperti ini memang sangat membantu dalam menghemat biaya, waktu, dan tenaga. Hasilnya pun lebih […]
[…] Baca Juga: Apa Itu Jasa Social Media Management? Ini Penjelasannya […]