Kamu Punya Bisnis? Gini Cara Cepat Kuasai Media Sosial untuk Bisnismu

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp

Percaya atau tidak, kunci utama kesuksesan bisnis terletak dari seberapa bagus pemasaran dilakukan, terlebih pemasaran digital. Sebab dewasa ini pangsa pasar bisnis merupakan penduduk tetap dunia digital, dalam artian mereka lebih banyak menghabiskan waktu menggunakan media sosial.

Inilah sebabnya sebagai pemilik bisnis Anda perlu segera menguasai media sosial untuk mempercepat laju kesuksesan. Sedikit keterlambatan saja, akan membawa perusahaan pada ambang kehancuran. 

Berkomitmen Menggunakan Media Sosial

media sosial
                                                                      Photo by Alexander Shatov on Unsplash

Hal pertama yang dapat dilakukan bisnis dan pengusaha untuk menemukan kesuksesan adalah berkomitmen menggunakan media sosial.

Seperti bentuk pemasaran lainnya, media sosial untuk bisnis dapat menjadi tantangan nyata. Sulit untuk mendapatkan banyak audiens, membuat konten bagus, dan meningkatkan engagement. Inilah sebabnya kita sering melihat jenama menyerah di media sosial setelah baru beberapa bulan berperang darat.

Andai saja mau bersabar, sekurang-kurangnya Anda membutuhkan delapan bulan hingga satu tahun untuk benar-benar memahami sosial. Tidak hanya untuk mendapatkan pola konten yang konsisten, tetapi juga untuk mencari tahu apa yang disukai audiens Anda.

Semuanya dimulai dengan perencanaan. Olah strategi media sosial lalu tuliskan agar perusahaan dapat berkomitmen penuh menggunakan media sosial. Strategi ini harus mencakup pernyataan misi dasar perusahaan, perencanaan konten, dan tujuan. Dan yang paling penting, pernyataan tentang “mengapa” orang harus mengikuti akun media sosial bisnis Anda, jenis konten apa yang direncanakan untuk dibuat dan diposting, dan apa yang ingin dicapai.

Tunjukkan Brand Personality Anda

Tip media sosial kedua dan tentu paling ampuh adalah dengan selalu menjadi diri sendiri di media sosial.

Coba luangkan waktu sejenak untuk memikirkan jenama yang Anda ikuti di media sosial…. Apa yang membuat mereka terlihat istimewa? Oleh sebab apa Anda mengikuti mereka? Barangkali kontennya yang menggugah atau cara mereka memposting konten. Di mana terlihat sangat manusiawi dan tidak memperlakukan Anda sebagai robot.

Perlu Anda ingat bahwa menciptakan kehadiran media sosial bukan hanya perkara menunjukkan nilai produk atau layanan Anda kepada audien. Kunci utamanya adalah berkoneksi dan berbagi pengalaman dengan mereka. Karena, mau diakui atau tidak, jenama-jenama di luar sana menggunakan taktik seperti ini dalam menghadirkan dirinya ke dalam hati audiens.

Jangan cuma promosi produk. Perbanyak Mendengarkan!

Tip ampuh berikutnya dalam menguasai media sosial yang ialah sering-sering mendengarkan kemauan dan keluhan pelanggan, bukan sekadar mempromosikan produk kepada mereka. Caranya tentu saja dengan memposisikan media sosial sebagai wadah untuk berkomunikasi dan terlibat dengan pelanggan.

Tak dimungkiri, media sosial menjadi platform pelayanan terbaik yang menjadi tumpuan harapan banyak orang. Semakin baik Anda bersosialisasi dengan pelanggan maka semakin banyak engagement yang Anda dapatkan, yang artinya jenama benar-benar sudah dicintai mereka.

Ditambah lagi pelanggan Anda dapat menjadi sumber inspirasi terbaik untuk mengolah konten. Jelas jika Anda memanfaatkan peluang ini dengan baik dan benar, bisnis akan melaju lebih cepat ketimbang para kompetitor. 

Memantau Metrik Perkembangan Akun Media Sosial Bisnis Anda

media sosial
                                                                         Photo by Georgia de Lotz on Unsplash

Pastikan untuk menetapkan tujuan SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, and Time Bound) terlebih dahulu sebelum benar-benar meluncurkan aksi pemasaran digital. Barulah selama perkembangan itu Anda mencatat metriknya.

Jangan lupa pula untuk selalu up-to-date dengan target dan metrik Anda, sehingga Anda dapat menganalisis apa yang berhasil untuk Anda, dan apa yang tidak, dan menggunakan metrik tersebut untuk menguji berbagai jenis konten.

Hanya Berfokus pada Platform Media Sosial Tertentu

media sosial
                                                                      Photo by Alexander Shatov on Unsplash

Jaringan media sosial seperti suatu pancingan emas yang begitu mengkilap. Kerap kali membuat diri gatal untuk mencoba semua platform yang ada secara sekaligus. Meskipun pada akhirnya membuat perjalanan kesuksesan pemasaran menjadi panjang, terlebih mengingat kekurangan sumber daya. Karena membutuhkan tambahan waktu untuk membuat posting sesuai platform masing-masing.

Dengan demikian tips menguasai media sosial terbaik adalah memfokuskan semua upaya Anda hanya pada dua hingga tiga platform yang sekiranya memberi Anda laba atas investasi terbaik. Membuat konten yang unik untuk setiap platform sangat penting.

Misalnya, katakanlah kita membuat posting blog tentang pemasaran digital. Menulis salinan yang akan menarik perhatian dan klik di LinkedIn jauh berbeda dari apa yang berfungsi di Facebook, yang sangat berbeda dari apa yang berfungsi di Instagram, Snapchat, atau Twitter.

Selalu Mempostingkan Konten yang Sesuai Identitas Jenama

Jangan memposting sesuatu yang mengganggu identitas merek Anda. Perlu Anda ingat bahwa saat mengunggah konten, konten Anda menjadi representasi merek di hadapan publik.

Ini juga berlaku untuk merek visual bisnis Anda. Alat seperti Canva bisa sangat berguna untuk membuat konten, tetapi pastikan Anda mengikuti serangkaian pedoman merek sehingga semuanya tampak seperti berasal dari perusahaan yang sama.

Jangan “Membeli” Audiens Anda

Habiskan anggaran pos pemasaran Anda untuk melakukan paid ads yang layak. Bukan membeli pengikut melalui jasa abal-abal atau taktik tidak sehat lainnya. Karena ini akan berakhir pada dominasi jumlah pengikut non organic yang sejatinya tidak akan pernah membeli produk Anda.

Apa gunanya berbicara dengan audiens palsu seperti ini? Jangan buang waktu Anda mencoba mengonversi yang tidak dapat dikonversi. Tambah lagi platform media sosial menindak bot sepanjang waktu, jadi Anda tidak ingin bangun suatu hari untuk menemukan bahwa 50% pengikut Anda telah pergi.

Gunakan Kompetisi, Diskon, dan Hadiah

Ini adalah strategi menghasilkan prospek yang bagus, asal hadiah Anda relevan dengan kebutuhan audiens atau memiliki beberapa kriteria kualifikasi. Sehingga Anda dapat memastikan bahwa prospek yang Anda dapatkan berguna untuk bisnis Anda.

Mereka juga dapat berguna untuk membuat audiens media sosial Anda yang ada berbagi lebih banyak data tentang diri mereka sendiri sehingga Anda dapat terus memasarkan kepada mereka secara lebih efektif.

Perhatikan Pergerakan Kompetitor

Lihat apa yang dilakukan pesaing Anda, dan bagaimana mereka berperilaku di media sosial. Pastikan Anda membedakan diri Anda dari yang lain, dan mengisi celah yang mereka biarkan terbuka lebar sambil tetap setia pada nilai merek Anda.

Memantau pergerakan kompetitor jelas dapat berguna untuk menetapkan target bagi diri Anda sendiri sebagai perusahaan — lihat angka seperti apa yang mereka dapatkan. Dan kemudian dapatkan lebih banyak.

Lihat apa yang pelanggan katakan tentang pesaing Anda juga — Anda dapat melihat pelanggan yang tidak senang dan memikat mereka kepada Anda. Pastikan untuk melakukannya dengan perlahan-lahan dan tidak langsung mencoba memanggang api audiens. Biarkan saja mereka datang dengan sendirinya kepada Anda.

Jangan Lupakan Passion

Sukses di media sosial adalah jalan yang panjang, sepakat? Karena, seperti yang disebutkan sebelumnya, dibutuhkan waktu minimal delapan bulan untuk bisa mendapatkan pola posting terbaik yang sesuai identitas perusahaan. Tentu waktu yang tidak sedikit bukan?

Nah, satu-satunya cara untuk memastikan komitmen jangka panjang Anda terhadap penggunaan media sosial adalah dengan tidak menjadikannya sebagai beban dan mengikuti passion Anda. Tidak melulu harus seperti jenama lain. Anda cukup memilih topik dan mengolah konten sesuka hati Anda asal sesuai dengan identitas jenama.