5 Hal yang Bikin Jasa Media Sosial Lejitkan Omset

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jasa media sosial saat ini sudah menjadi kebutuhan berbagai lini bisnis baik jasa maupun produk untuk meningkatkan penjualan di era sosial media seperti saat ini.

Tidak bisa dipungkiri, saat ini sosial media telah digunakan tidak hanya untuk berinteraksi dengan orang lain saja, tetapi juga dapat dijadikan platform terjadinya transaksi jual beli secara tidak langsung dari jasa atau produk yang ditawarkan kepada calon pembeli.

Tetapi apakah bisnis kalian benar-benar memerlukan jasa media sosial? Berikut ini ada beberapa alasan mengapa bisnis kalian harus mulai menggunakan jasa media sosial.

Konten Menjadi Konsumsi Harian

media sosial

Adanya wabah covid-19 pada akhir tahun 2019 kemarin menjadi salah satu penyebab mulai terjadinya perlaihan bisnis dari yang sebelumnya offline menjadi online.

Pembatasan berbagai aktivitas di luar rumah saat ini, menjadikan banyaknya pelaku bisnis memilih untuk beralih ke bisnis online yang lebih fleksibel dan mudah diakses oleh berbagai pihak.

Saat ini ada berbagai macam platform seperti ecommerce atau marketplace yang dapat dimanfaatkan untuk menjalankan bisnis online secara gratis.

Situs databoks Indonesia sendiri menduduki peringkat pertama sebagai 10 negara dengan persentase penggunaan E-commerce tertinggi di dunia pada bulan April 2021 diikuti oleh Inggris dan Filipina di posisi ke-2 dan ke-3.

Ini menjadi peluang yang cukup baik bagi pelaku bisnis online untuk mulai memanfaatkan platform online yang ada untuk menjalankan bisnisnya.

Untuk bisa menjangkau pembeli dengan lebih efektif dan efisien, salah satu alat yang digunakan untuk membantu terjadinya sales atau penjualan adalah media sosial.

Pengguna Medial Sosial Semakin Banyak

media sosial

Media sosial sendiri memiliki pengertian yaitu media daring atau online yang digunakan untuk kepentingan berkomunikasi secara jarak jauh dengan cakupan wilayah yang sangat luas menurut situs Sekawan Media.

Menurut situs KOMINFO, saat ini di Indonesia ada sekitar 129 juta penduduk yang memiliki akun media sosial yang aktif dan menghabiskan waktu sebanyak 3,5 jam per hari untuk mengakses internet melalui handphone.

Facebook menjadi media sosial nomor satu dalam 10 media sosial dengan jumlah pengguna aktif bulanan terbanyak di dunia (per 25 Januari 2021) dilansir oleh situs databoks.

Jumlah pengguna media sosial yang sangat banyak tersebut akan menjadi kesempatan emas untuk menawarkan produk atau jasa bisnis mengingat saat ini hampir seluruh media sosial menawarkan jasa bisnis seperti tools untuk beriklan.

Media sosial juga dapat menjadi sumber data ataupun informasi terhadap perilaku calon pembeli atau target market dari bisnis kita.

Menurut databoks ada beragam alasan orang menggunakan media sosial diantaranya adalah up-to-date berita terkini, mencari konten hiburan, mengisi waktu luang, terhubung dengan teman, berbagi foto/video, hingga mencari tahu tentang suatu produk.

Dengan berada di media sosial, maka kita sebagai pelaku bisnis akan lebih mengenali target pembeli yang cocok dengan jasa atau produk dari bisnis kita.

Trend Soft selling Melalui Konten Media Sosial

jasa media sosial

Jualan tidak jauh dari kata promosi. Namun, apakah kita semua suka ketika sedang ditawari jualan oleh orang lain? Biasanya jawabannya adalah tidak.

Inilah yang menjadi asal-usul munculnya teknik berjualan baru yang disebut dengan soft selling. Menurut akudigital, pengertian soft selling adalah cara pendekatan atau penjualan yang dilakukan tanpa tingkat agresif yang tinggi.

Melalui soft selling, calon pembeli tidak merasa sedang ditawari dengan suatu produk jualan. Selain itu, melalui pendekatan ini juga akan menimbulkan emosi dan hubungan yang lebih intim dengan mereka sehingga mereka secara tidak langsung merasa tergerak untuk membeli produk jualan kita.

Konten menjadi salah satu bentuk pendekatan yang paling umum digunakan untuk membangun relasi dengan calon pembeli di media sosial.

Ibarat seseorang yang sedang melakukan PDKT dengan orang yang disukainya, maka soft selling juga memiliki konsep yang sama juga.

Tidak jarang juga, ketika soft selling dilakukan dengan perencanaan dan eksekusi yang tepat akan menghasilkan penjualan yang meningkat drastis dan bahkan akan menumbukan tingkat keloyalan dari pelanggan.

Nah, inilah yang akan menjadi tugas dari jasa media sosial untuk membuat perencanaan yang baik untuk semua konten media sosial bisnis kalian sehingga dapat menjangkau calon pembeli dengan maksimal.

Marketing yang Lebih Efektif

digital marketing media sosial

Konten merupakan bagian dari marketing di era digital ini. Melalui konten, kalian bisa menjalin komunikasi yang lebih dekat dengan calon pembeli kalian.

Media sosial adalah tempat terjadinya interaksi sosial antar pihak, begitu juga dengan konten yang dibuat harus memiliki sifat interaktif yang dapat mengambil hati calon pembeli.

Saat ini sudah banyak sekali bisnis yang menawarkan produk maupun jasanya melalui media sosial dengan cara mengemasnya menjadi suatu konten yang kreatif dan menarik tentunya.

Konten juga dapat menjadi strategi marketing dengan biaya yang seminimal mungkin dan juga akan meningkatkan brand awareness dari bisnis kalian.

Dengan membuat sebuah challenge atau giveaway di media sosial akan mengundang orang-orang baru mengunjungi media sosial bisnis kalian dan alhasil mereka menjadi mengenali produk atau jasa yang kalian tawarkan.

Beberapa contoh konten yang bisa kalian manfaatkan untuk media sosial bisnis kalian antara lain adalah games berhadiah, giveaway, edukasi produk, fakta unik, trivia, humor, dan lain-lain.

Bagi kalian yang mengalami kebingungan untuk mencari ide-ide kreatif tersebut, maka tidak ada salahnya untuk menghire jasa media sosial yang telah berpengalaman di bidang pengoperasian media sosial untuk bisnis.

Jasa Media Sosial Memberikan Perencanaan yang Matang

jasa konten media sosial

Nah, setelah kalian mengetahui kecanggihan menggunakan konten untuk menawarkan bisnis kalian, selanjutnya kalian harus tahu trik-trik dalam pembuatan konten di media sosial.

Konten yang diupload ke media sosial untuk berbisnis memerlukan perencanaan yang baik agar tidak merugikan bisnis yang kalian miliki. Lalu bagaimana caranya?

Saat ini sudah ada begitu banyak jasa pembuatan konten untuk media sosial atau agensi media sosial sehingga tentunya pembuatan konten untuk bisnis kalian akan menjadi lebih terjamin di tangan pihak yang telah profesional dan berpengalaman di bidangnya.

Perkembangan jaman yang dibarengi oleh kepintaran dan keselektifan konsumen terhaap suatu produk atau jasa menjadikan konten yang baik untuk media sosial bisnis kalian sebuah investasi yang berharga.

Ketika konsumen atau calon pembeli merasakan manfaat ataupun hubungan yang erat dengan konten bisnis kalian, maka peluang untuk mendapatkan salespun juga meningkat.

Jasa pembuatan konten untuk media sosial saat ini sudah sangat banyak dan juga menawarkan berbagai macam kemudahan dalam pembuatan konten, sehingga akan membantu bisnis kalian dalam mengoptimalkan media sosial yang ada.

Kesimpulan

Adanya kemajuan teknologi dan jaman saat ini menjadikan bisnis baik secara offline maupun online membutuhkan strategi yang modern untuk melakukan pendekatan dengan calon pembeli.

Konten media sosial yang baik dapat menjadi nilai plus yang akan membedakan bisnis kalian dari para kompetitor dan juga akan menghasilkan relasi yang lebih intim dengan calon pembeli.

Meskipun konten bukan hal yang baru lagi dalam strategi pemasaran bisnis, masih banyak bisnis yang belum bisa mengoptimalkan bisnisnya karena berbagai kendala seperti kesulitan dalam perencanaan pembuatan konten media sosial.

Menggunakan penyedia jasa media sosial yang berpengalaman dan profesional akan membantu bisnis kalian mendapatkan perhatian yang lebih baik dari calon pembeli di media sosial dan akan membantu kalian untuk meminimalisir biaya untuk marketing.