Social Media Management: Pengertian dan Tips dalam Mengelolanya

Social Media Management

Table of Contents

Di era digital seperti sekarang, kita bisa melakukan marketing dengan mudah. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan media sosial. Sekarang media sosial telah menjadi salah satu media marketing yang efektif. Setiap hari selalu ada ribuan atau bahkan jutaan yang aktif di media sosial.

Berkaitan dengan dunia bisnis, terdapat istilah yang dinamakan social media management. Mungkin masih banyak orang yang belum memahami istilah ini. Namun jika Anda ingin terjun ke dunia bisnis, maka Anda harus memahami apa itu social media management dan pentingnya dalam dunia bisnis.

Pengertian Social Media Management

Social Media Management

Apa itu social media management? Istilah ini merujuk kepada berbagai macam alat, layanan, atau software yang memberikan kemudahan bagi para pelaku bisnis di dalam membagikan konten di media sosial. Beberapa yang masuk ke dalam kategori dalam aktivitas ini antara lain berinteraksi dengan audiens, jadwal posting, sampai dengan mengelola respon dengan cepat.

Pentingnya Perusahaan memerlukan Social Media Management

Social Media Management

Untuk mengetahui seberapa penting perusahaan dalam menerapkan social media management, silakan simak penjelasan di bawah ini.

  • Hemat Waktu: dengan menggunakan social media, Anda bisa menghemat banyak waktu. Anda dapat menrapkan jadwal secara teratur serta membuat Anda lebih siap di dalam menyiapkan konten
  • Memperluas Pasar: ketika perusahaan aktif di medsos, maka perusahaan tersebut akan lebih bisa menjangkau pasar. Akan lebih banyak orang yang mengenal perusahaan beserta produk atau jasa yang ditawarkan. Anda cukup menentukan mana media sosial dan juga konten yang tepat yang mampu memikat hati konsumen
  • Memahami Audiens dengan Baik: dengan memanfaatkan media sosial, maka perusahaan bisa mengetahui siapa saja orang yang menjadi pengikut atau followernya. Perusahaan juga bisa mengetahui siapa saja orang yang tertarik terhadap produk atau jasa yang ditawarkan
  • Customer Support Meningkat: customer support merupakan salah satu faktor penting di dalam operasional perusahaan. Dengan social media management, maka Anda akan terbantu di dalam berinteraksi serta lebih dekat dengan para konsumen
  • Kontrol yang Lebih Baik: dengan memanfaatkan media sosial, maka Anda bisa melakukan kontrol terhadap brand perusahaan. Anda juga bisa melihat seperti apa feedback yang diberikan audiens

Tips dalam Menerapkan Social Media Management dalam Bisnis

Kita tahu bahwa tidak semua orang atau perusahaan yang memiliki waktu, biaya, dan juga kesempatan yang sama untuk menjalankan social media management. Ketika bisnis yang Anda jalankan sudah maju dan memiliki dana yang lebih besar, maka Anda bisa menerapkan pengelola media sosial ini melalui pihak ketiga.

Akun tersebut akan dijalan secara profesional sehingga memberikan hasil yang maksimal. Akan tetapi, jika ternyata bisnis yang Anda jalankan masih tergolong baru serta budget yang terbatas, maka Anda bisa mengelola sendiri akun media sosial tersebut. Selain itu, mengelola akun media sosial sebenarnya tidak terlalu sulit.

Namun Anda harus memiliki rencana dan juga strategi yang tepat. Beberapa tips tersebut akan kami sebutkan di bawah ini.

1. Membuat Konten yang Relevan dan Menarik

Tips pertama dalam menerapakn social media management adalah dengan membuat konten yang relevan dan juga menarik. Dalam membuat konten bukan hanya harus menarik melainkan konten tersebut juga harus relevan. Anda harus konten yang tidak sampai memicu kontroversi, SARA, dan ujaran kebencian, serta berbagai hal negatif lainnya.

Selain itu, akan lebih baik jika Anda membuat dan membagikan konten yang bukan hanya mengandung usur promosi. Konten yang Anda bagikan tersebut usahakan juga mengandung informasi yang bermanfaat bagi para konsumen Anda.

2. Menggunakan Gambar dan Foto

Kebanyakan orang lebih suka terhadap sesuatu yang bersifat visual. Beberapa penelitian juga mengatakan bahwa mayoritas orang lebih suka terhadap postingan yang mengandung gambar maupun foto dibandingkan hanya berupa tulisan.  Selain menampilkan foto, Anda juga harus memberi beberapa penjelasan singkat.

Dengan begitu, orang akan lebih tergugah untuk melihat dan membaca postingan Anda tersebut. Maka dari itu, foto dan caption yang menarik serta relevan merupakan salah kunci di dalam menerapkan social media management secara efektif.

3. Mengoptimalkan Username dan Hastag

Meskipun terlihat sepele, namun hastag serta username pada akun media sosial dapat mempengaruhi orang lain apakah menyukai konten yang Anda bagikan atau tidak. Pada saat Anda ingin membuat akun, pastikan username dan nama pribadi Anda tidak alay. Lebih baik nama atau username yang Anda gunakan menunjukkan bisnis atau konten yang akan Anda bagikan.

Selain itu, hastag diperlukan oleh pengguna akun lain dalam menemukan produk Anda. Anda harus memastikan bahwa hashtag sesuai dengan postingan yang Anda unggah. Kami menyarankan agar Anda menghindari menggunakan hastag pancingan seperti yang biasanya digunakan oleh banyak orang.

Memang hastag tersebut akan mempermudah orang lain menemukan postingan Anda. Namun hal ini malah berpotensi menghadirkan kesan yang tidak profesional di pikiran orang lain. Sebenarnya untuk mempermudah menemukan sebuah postingan, para pengguna akan langsung melakukan tracking melalui hastag.  Dengan kata lain, Anda tidak harus menggunakan hastag pancingan.

4. Menentukan Target maupun Kelompok Tertentu

Tips keempat dalam menerapkan social media management adalah dengan menentukan siapa saja yang akan menjadi target Anda. Pertama, Anda perlu memperhatikan produk yang akan Anda tawarkan. Kemudian Anda bisa membuat konten yang sesuai dengan produk Anda tersebut.

Kita ambil contoh, produk yang Anda jual adalah mainan anak-anak. Konten yang Anda bagikan sudah tentu harus berdasarkan sudut pandang orang tua. Berbeda ketika produk yang Anda jual adalah fashion untuk orang dewasa, maka Anda perlu mengedepankan konten yang terbaru atau up to date yang bermanfaat bagi orang dewasa.

5. Selektif di Dalam Memilih Media Sosial

Ada banyak media sosial yang bisa Anda pilih. Akan tetapi, Anda harus menentukan kira-kira mana media sosial yang mampu memberikan hasil yang positif pada saat Anda menerapkan social media management. Anda perlu memahami bahwa para pengguna mempunyai kencenderungan terhadap masing-masing platform.

Maka dari itu, Anda perlu melakukan riset atau penelitian kecil-kecilan sebelum Anda memutuskan menerapkan social media management. Sekadar informasi bagi Anda yang ingin lebih mudah dalam menerapkan social media management, Anda bisa memanfaatkan pihak-pihak dalam pengelolaan sosial media.

Sebelum itu pastikan Anda memiliki budget yang besar. Hal ini karena menyewa jasa tersebut pastinya harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Namun hasilnya akan lebih efektif asalkan Anda bisa memilih jasa yang paling tepat.

6. Jangan Spamming

Spamming telah menjadi sebuah kebiasaan buruk yang banyak dilakukan orang. Memposting dengan intensitas yang tinggi sementara kontennya asal buat malah membuat orang lain merasa terganggu. Akhirnya, bukan banyak follower yang Anda dapatkan, malah banyak follower Anda yang malah menghilang.

Maka dari itu, Anda perlu memahami waktu terbaik untuk memposting konten Anda. Misalnya Anda memposting di jam 8 sampai jam 10 pagi, selanjutnya posting lagi di jam 11 sampai 2 siang. Selanjutya Anda bisa memposting lagi pada sore maupun malam hari  yang dinamakan golden time.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *