Target Menjalankan SEO – SEO adalah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman hasil pencarian search engine. Ilmu ini mengharuskan pebisnis untuk paham akan 4 metode SEO penting, yakni SEO On Page, SEO Off Page, Local SEO, dan juga Technical SEO.
Selain itu, untuk bisa menjalankan SEO, diperlukan pemahaman yang kuat terhadap perkembangan terbaru algoritma Google, search engine terpopuler di dunia. Sayangnya, memahami 5 bagian penting ini jelas bukanlah perkara yang mudah. Diperlukan konsistensi dalam menjalankannya.
Agar pelaksanaan SEO ini terasa lebih mudah, tentunya kita memerlukan beberapa titik acuan penting. Yang titik acuan tersebut dapat menjadi patokan keberhasilan kampanye SEO. Di dalam dunia digital marketing, kita dapat mengenal hal ini sebagai metrik, atau pengukuran yang hasilnya berbentuk angka.
Nah, di dalam SEO sendiri, ada banyak metrik yang bisa kita gunakan sebagai patokan keberhasilan. 4 di antaranya adalah, domain authority, traffic website, lead dan juga konversi. Bisa dibilang bahwa meningkatkan nilai pada 4 metrik ini dapat menjadi target penting dalam menjalankan SEO. Lantas bagaimana penjelasan lengkapnya?.
Simak baik-baik artikel ini ya!.
Target Menjalankan SEO
1. Meningkatkan Domain Authority
Yang pertama adalah Domain Authority. Domain Authority adalah metrik yang digunakan untuk mengukur kredibilitas website di mesin pencarian.
Skala yang digunakan untuk metrik ini ada di angka 1 – 100. Semakin tinggi nilai Domain Authority yang didapatkan suatu website, maka semakin besar pula konten website tersebut mendapatkan peringkat tinggi di SERPs.
Lalu bagaimana cara kita dapat mengetahui nilai Domain Authority ini. Kita dapat mengetahui dengan mudah melalui website Moz.com. Anda tinggal memasukan URL website yang ada di kolom Check Authority.
Bagaimana cara kita untuk dapat meningkatkan Domain Authority ini?. Tentu saja ada banyak cara yang bisa kita lakukan. 3 di antaranya adalah;
- Melakukan strategi link building (memberikan guest post di website UGC, menanamkan backlink, dan lain-lain).
- Melakukan strategi brand mention.
- Memperbanyak strategi konten yang berhubungan dengan Topical Authority.
2. Meningkatkan Traffic Website
Kedua adalah meningkatkan traffic website. Traffic website adalah metrik yang digunakan untuk mengukur jumlah pengunjung yang datang dalam kurun waktu tertentu. Tentu saja semakin besar nilai yang didapatkan maka semakin bagus untuk perkembangan website bisnis tersebut. Metrik ini tidak memiliki skala angka.
Baca Juga: Jenis Jenis Traffic Website
Untuk dapat mengetahui nilai daripada traffic website ini, kita dapat menggunakan tools seperti SEMrush. Cukup lakukan login, dan taruh URL website Anda di bagian Domain Overview. Klik overview, tapi sebelum itu jangan lupa untuk mengatur tujuan pengecekan datangnya traffic sesuai dengan negara kita. Semisal Indonesia.
Lalu bagaimana caranya agar kita dapat meningkatkan traffic website?. Tentu saja ada banyak caranya. Hal ini bergantung pada jenis traffic website yang ingin Anda dapatkan. Jika organik, jalankan seluruh metode SEO secara konsisten. Jika tidak, alias berbayar Paid Traffic, jalankan strategi SEM dengan Google Ads.
3. Meningkatkan Potensi Leads
Mungkin beberapa di antara Anda masih rancu akan perbedaan metrik yang satu ini dengan metrik berikutnya yang akan kita bahas, yakni konversi bisnis. Perlu diketahui bahwa leads adalah prospek hasil dari pengunjung yang tertarik untuk membeli atau menggunakan produk/jasa Anda. Data ini sendiri dapat dilihat melalui berbagai tools promosi yang digunakan.
Semisal tools promosi yang digunakan adalah SEO, maka leads yang didapatkan oleh sebuah website dapat dilihat dari banyaknya data yang terkumpul di formulir konten. Banyaknya orang yang masuk ke WhatsApp Anda setelah melihat iklan Anda. Bahkan metrik traffic website pun juga bisa tergolong ke dalam leads.
Bisa dikatakan bahwa leads adalah konversi kecil. Lalu bagaimana caranya dapat kita dapat meningkatkan potensi leads ini?.
Untuk hal ini, kita perlu membangun brand perception yang kuat, mengerti kebutuhan terbaru dari pasar, dan menjadikannya sebagai bahan untuk promosi bisnis.
4. Meningkatkan Konversi Bisnis
Terakhir adalah konversi bisnis. Konversi adalah metrik yang digunakan untuk mengukur seberapa banyak pengunjung yang melakukan tindakan yang kita inginkan. Contohnya adalah jadi membeli atau menggunakan jasa.
Metrik ini dapat diketahui dengan mudah melalui catatan pembelian pelanggan. Catatan pembelian pelanggan inilah yang nantinya juga menjadi modal penting untuk pebisnis melakukan follow up.
Lalu bagaimana cara meningkatkannya?. Caranya adalah dengan meningkatkan kualitas pelayanan, menguatkan Unique Selling Point dan lain-lain.
Inilah penjelasan lengkap tentang target menjalankan SEO yang paling realistis. Target ini sistematis ya.
Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa Kelola Website Terbaik, hubungi Creativism.id
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.