Tools Research Keyword – SEO adalah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman hasil pencarian search engine. Ilmu ini mewajibkan Anda untuk memahami 4 metode penting. 4 metode penting tersebut adalah On Page SEO, Off Page SEO, Local SEO, dan juga Technical SEO. 3 metode awal, yakni On Page SEO, Off Page SEO, Local SEO memiliki satu kesamaan.
Kesamaan tersebut terdapat pada satu teknik, yakni sama-sama mengandalkan keyword utama untuk dioptimalkan. Pertanyaannya, bagaimananya cara kita untuk dapat mengetahui keyword utama untuk kemudian dioptimalkan pada website utama atau website alternatif?. Jawabannya adalah melakukan analisis manual ataupun dengan memanfaatkan tools digital, yakni tools research keyword.
Baca Juga: 5 Cara Cepat Menjalankan SEO
Seperti yang kita ketahui bersama, ada banyak tool research keyword yang bisa kita manfaatkan untuk proses kampanye SEO. Adanya tools seperti ini tentunya akan sangat membantu kita untuk mempercepat proses pencarian keyword utama terbaik dan juga untuk melihat performa keyword yang ditargetkan di dalam website.
Nah, untuk membantu menambah referensi Anda, berikut ini MinTiv akan memberikan daftar 7 tools research keyword terbaik. Jadi simak baik-baik artikel ini ya!.
7 Tools Research Keyword Terbaik
1. SEMrush
Di urutan pertama ada tool SEMrush. Ini adalah tool research keyword yang menurut MinTiv paling powerful. Bagaimana tidak?, melalui tool ini kita dapat mengetahui keyword terbaik untuk kita targetkan. Plus kita dapat melacaknya dengan mudah. SEMrush memberikan kita pengalaman untuk bisa mengetahui metrik-metrik penting seperti Traffic, jumlah backlink, dan juga pastinya keyword yang berhasil masuk ke proses indexing. Melalui data-data yang disampaikan melalui fitur audit SEMrush juga, Anda dapat dengan mudah melakukan perbaikan website dalam hal teknis (Technical SEO).
Fitur-fitur dari SEMrush ini sendiri dapat Anda nikmati dalam mode gratis selama 7 hari (free trial). Apabila Anda berminat untuk mendapatkan akses fitur lebih banyak, silahkan beralih ke mode Pro, Guru ataupun mode Business.
2. Ahrefs
Di urutan kedua ada nama Ahrefs. Tool research keyword ini bisa dibilang hampir mirip dengan SEMrush. Mereka-mereka para ahli SEO yang terbiasa menggunakan SEMrush, pasti akan langsung merasa familiar jika dihadapkan dengan dashboard Ahrefs. Di dalam Ahrefs sendiri terdapat banyak tools yang dapat Anda andalkan. Salah satunya adalah fitur Content Gap, di mana fitur ini akan menampilkan visualisasi data tentang perbedaan performa konten keyword dengan website milik kompetitor.
Sejauh yang MinTiv ketahui, Ahrefs tidak menyediakan fitur free trial, CMIIW. Tetapi mereka menawarkan mode akses, Lite, Standard, Advanced, dan juga Enterprise. Harga dari fitur akses layanan terbawah yakni Lite, lebih murah ketimbang fitur akses terbawah SEMrush, yakni Pro.
3. Authority Labs
Berikutnya ada Authority Labs. Hampir sama dengan sebelumnya, hanya saja tool research keyword ini memungkinkan kita untuk dapat mengetahui metrik-metrik penting performa website di search engine selain Google, seperti Bing dan Yahoo. Tool ini memungkinkan kita untuk dapat melakukan integrasi data dengan Google Search Console dan Google Ads menggunakan Google Looker Studio Connector.
Tool ini dapat kita akses melalui mode akun Plus, Pro, Pro Plus dan juga Enterprise. Harga dari fitur akses layanan terbawah Authority Labs, yakni Plus lebih murah ketimbang harga dari fitur akses layanan terbawah Ahrefs yakni Lite.
4. Nightwatch
Berikutnya ada Nightwatch. Fitur yang dimiliki oleh tool ini kurang lebih sama dengan tool sebelumnya. Hanya saja memang tidak se-powerful tool SEMrush dan juga Ahrefs. Tool ini sangat cocok digunakan oleh perusahaan yang baru berkembang. Melalui tool ini kita dapat dengan mudah melakukan segmentasi data berdasarkan bahasa, lokasi, atau bahkan web browser yang digunakan oleh pengunjung website.
Tool ini juga menyediakan fitur lain, seperti memudahkan kita mencari keyword cannibalization, decaying content dan juga melihat persentase peluang untuk ranking di SERP. Hebatnya lagi tool ini dapat Anda integrasikan dengan tool lain, karena memberikan akses akan API nya.
Tool ini tidak menyediakan mode akses gratis, dan harga untuk aksesnya adalah $39 per bulan untuk 250 keywords yang dianalisis.
5. Advanced Web Ranking
Di nomor lima, ada Advanced Web Ranking. Tool ini dapat Anda andalkan untuk meningkatkan user experience pengunjung website ke arah yang lebih positif. Cocok digunakan oleh perusahaan berbasis agency. Fitur keyword tracking yang disediakan tidak memiliki batas akses. Anda dapat membandingkan keyword utama yang Anda targetkan dengan keyword utama milik kompetitor. Bahkan jumlah kompetitor yang dapat Anda bandingkan mencapai angka 50.
Untuk Anda yang juga menjalankan strategi video marketing di YouTube atau menjalankan strategi E-Commerce di Amazon, dapat menggunakan tool research keyword yang satu ini.
Tool ini tidak menyediakan akses dalam mode gratis, tetapi free trial yang ditawarkan memiliki limit waktu yang cukup banyak yakni 30 hari. Anda juga bisa menikmati semua fitur yang ada melalui mode berbayar dengan akses Pro, Enterprise dan juga Custom.
6. Google Search Console
Di nomor 6 ada fitur Google Search Console. Ya, ini adalah tool gratis yang disediakan langsung oleh Google untuk pengguna dapat dengan mudah mengetahui performa website mereka. Melalui tool yang satu ini, kita dapat dengan mudah mengetahui metrik penting seperti traffic website, jumlah konten yang berhasil terindeks, dan juga bagaimana cara mengatasi konten yang bermasalah dengan indexing.
Fitur ini otomatis bisa Anda nikmati apabila Anda sudah memiliki akun Google dan juga pastinya telah mendaftarkan website bisnis ke dalamnya.
7. Google Keyword Planner
Terakhir, juga berasal dari layanan Google, yakni Google Keyword Planner. Sebenarnya, Google Keyword Planner adalah bagian dari fitur Google Ads. Kita bisa mengaksesnya apabila telah melakukan instalasi Google Ads. Pada awalnya fitur ini ditujukan untuk memudahkan pengiklan memilih keyword terbaik untuk kemudian ia iklankan.
Tetapi, karena biaya iklan di Google Ads tidaklah sedikit, tidak jarang banyak yang menggunakannya hanya untuk mengetahui performa keyword di website utama. Melalui tool ini sendiri kita dapat dengan mudah mencari keyword dengan tingkat kompetensi rendah dan search volume yang tinggi.
Karena bersifat gratis, dan hanya bagian dari fitur Google Ads, sudah jelas bahwa model visualisasi data yang ditampilkan terbatas. Tool ini lebih cocok digunakan untuk Anda yang menjalankan blog website tetapi tidak menjadikannya sebagai channel marketing utama.
Inilah penjelasan lengkap tentang tools research keyword terbaik. Dari ketujuh tools ini, mana yang sekiranya Anda pilih?.
Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa Kelola Website Terbaik, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Cara Menjalankan SEO untuk Website Dua Bahasa
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: 7 Tools Research Keyword Terbaik […]