Tujuan Utama Search Engine Optimization – Apa itu SEO marketing?.
SEO adalah ilmu optimasi website agar dapat tampil di halaman pertama Google melalui keyword tertentu yang ditargetkan. Teknik ini sering digunakan oleh para pebisnis untuk meningkatkan RoI bisnis.
Ya, SEO lebih menguntungkan daripada Google Ads, terutama dalam proses peningkatan brand awareness menuju top of mind di Google.
Meskipun secara proses lebih lama ketimbang Google Ads, tapi SEO memiliki nilai investasi jangka panjang yang lebih baik. Ya, konten-konten yang dihasilkan dari proses SEO marketing dapat bertahan lama di halaman 1 Google tanpa Anda perlu khawatir soal biaya tampil. Bahkan konten tersebut bisa tampil di halaman pertama untuk jangka waktu yang sangat lama, 1 bulan, 1 tahun atau bahkan lebih.
Contohnya seperti konten dari Creativism dengan keyword Website Belajar Copywriting di bawah ini. Konten tersebut mampu bertahan di Page 1 Google lebih dari 1 tahun lamanya.
Bayangkan berapa banyak biaya yang diperlukan jika tim menggunakan Google Ads?.
Selain dilakukan sebagai investasi jangka panjang, lantas apa saja sih tujuan seseorang menjalankan teknik SEO marketing?. MinTiv akan memberikan penjelasan terkait 5 tujuan utama dari kegiatan Search Engine Optimization ini. 5 tujuan utama tersebut adalah;
Apa Saja Tujuan Utama Search Engine Optimization?
1. Memaksimalkan Website Sebagai Tools Bisnis
Tujuan utama adalah untuk memaksimalkan website sebagai tools bisnis.
Ya, website bukan lagi hanya sekedar alat untuk menyampaikan informasi produk atau jasa yang ditawarkan. Lebih dari itu, biaya yang diperlukan untuk membayar domain atau hosting per hitungan bulan menjadi tidak sia-sia.
Ya, sangat sayang rasanya jika kita sudah mengeluarkan cukup banyak uang untuk membangun sebuah website yang bagus, tapi konten yang ada di dalamnya hanya begitu-begitu saja. Bahkan website e-commerce seperti Tokopedia saja juga menjalankan strategi SEO marketing.
2. Meningkatkan Lead atau Konversi Bisnis
Tujuan yang kedua adalah untuk meningkatkan lead atau konversi bisnis. Ya, hal ini bisa dicapai melalui salah satu metode SEO marketing, yakni Local SEO. Sebuah teknik optimasi website yang langkah-langkahnya difokuskan pada pencarian lokal dan untuk memudahkan pelanggan menemukan alamat fisik bisnis Anda.
Strategi local SEO akan memberikan Anda banyak manfaat, dan itu dapat dipahami melalui berbagai data statistik potensial yang dimilikinya. Contohnya seperti;
- 76% pengguna Google melalui smartphone adalah mereka yang melakukan pencarian lokal. 28 % di antara pencarian tersebut menghasilkan pembelian.
- 30% pencarian Google yang diproses berkaitan erat dengan lokasi bisnis.
- 82% pengguna Google membaca ulasan di Local Pack sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli sesuatu. Bahkan waktu rata-rata yang dihabiskan untuk membaca keterangan tersebut adalah 14 menit.
- 86% pengguna Google menggunakan Google Maps untuk menemukan lokasi bisnis.
- 74% pembeli yang ada di dalam toko bisnis, adalah mereka yang sebelumnya melakukan pencarian lokal.
- Pencarian lokal menjadi jenis pencarian yang mendominasi bagi pengguna Google melalui smartphone.
3. Meningkatkan Peluang untuk Kerjasama Bisnis (Backlink)
Tujuan yang ketiga dari SEO marketing adalah untuk meningkatkan peluang kerjasama bisnis. Terutama yang berkaitan dengan proses link building backlink.
Anda bisa saja mendapatkan backlink berkualitas gratis dari website lain yang menjadikan konten Anda sebagai referensi. Atau Anda bisa mengajukan proses kerja sama melalui kegiatan seperti guest posting ataupun sponsored content. Melalui proses inilah, bisnis Anda dapat dengan mudah melakukan strategi scale up atau scale out.
Adapun hal-hal penting yang mesti Anda perhatikan dalam proses link building adalah;
- Memastikan website tersebut memiliki nilai metrik DA & PA yang baik. Umumnya, masing-masing metrik berada di nilai 20-30.
- Pemberian backlink pada konten website tertarget (yang ingin diajak kerjasama) sebelumnya, tidak bar-bar. Semisal website tersebut pernah membuat konten untuk website bisnis lain, dan di dalamnya terdapat lebih dari 1 link yang tertaut dengannya.
- Memiliki jumlah traffic organic yang lumayan. Banyak keyword dari konten website yang ingin diajak kerjasama tersebut, muncul di pencarian Google (terindeks).
- Relevan dengan niche bisnis Anda.
4. Memudahkan Pelanggan Mengenali Bisnis Anda
Keempat, adalah memudahkan pelanggan untuk mengenali bisnis Anda. Ya, SEO marketing bagus diterapkan untuk investasi jangka panjang. Mengapa? karena salah satu jenis konten yang menjadi kekuatan utamanya adalah jenis konten soft selling.
Hal ini wajar mengingat jika website terlalu banyak menghadirkan konten hard selling, maka pengunjung akan sangat-sangat bosan. Tingkat bounce rate yang didapatkan akan jauh lebih tinggi, dan itu bisa menyebabkan konten susah muncul di halaman pertama Google.
5. Meningkatkan Brand Awareness
Yang terakhir adalah bantu Anda untuk meningkatkan brand awareness. Bisa dibilang bahwa ini adalah efek domino dari tujuan sebelumnya.
Inilah penjelasan lengkap tujuan daripada SEO marketing. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Marketing Terbaik dengan pelayanan super duper lengkap, hubungi segera Creativism.id.
Baca Juga: 7 Tips untuk Pemula Belajar SEO
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar lengkap untuk handle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi lainnya untuk bisnis Anda. Hubungi WhatsApp 6281 22222 7920.