Apa itu Keyword Buying – SEO adalah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman pencarian search engine. Adapun search engine utama yang dijadikan sebagai fokus ilmu ini adalah Google. Ya, hal ini wajar mengingat Google adalah search engine terpopuler di dunia.
Di dalam prosesnya, Anda diharuskan untuk memahami pemilihan keyword utama yang tepat. Yang dapat menggambarkan niche utama bisnis Anda. Ada banyak jenis keyword yang bisa Anda gunakan, dan secara umum keyword untuk konten SEO website dibagi menjadi 2 jenis. 2 jenis tersebut adalah Short-tail dan Long-tail keyword.
2 jenis keyword inilah yang pastinya akan Anda pelajari terlebih dahulu sebelum memulai kampanye SEO marketing. Tapi, tahukah Anda bahwa sejatinya keyword di dalam SEO marketing dapat kita klasifikasikan dalam berbagai kategori.
Kita dapat memahami jenis keyword yang ada berdasarkan kategori tujuan, dan salah satunya adalah buying keyword. Apa itu buying keyword?.
Baca Juga: Mengapa SEO itu Butuh Kesabaran Ekstra?
Bisa dibilang bahwa jenis keyword inilah yang paling ampuh digunakan untuk mendongkrak lead atau konversi dari website bisnis. Hal ini wajar mengingat buying keyword selaras dengan search intent berjenis komersial.
Apa itu Buying Keyword?
Seperti yang sudah MinTiv terangkan sedikit di awal artikel. Buying keyword adalah keyword yang selaras dengan search intent berjenis komersial. Lebih dalam, buying keyword adalah keyword yang digunakan oleh pengguna Google untuk melakukan transaksi jual beli. Mereka yang menggunakan keyword ini secara sadar sudah mengetahui apa yang mereka benar-benar butuhkan.
Baik itu kebutuhan akan produk atau jasa tertentu. Menggunakan buying keyword untuk kreasi konten SEO website akan membantu Anda untuk;
- Menyadari isu atau kebutuhan pasar terbaru.
- Memudahkan Anda untuk mengumpulkan informasi terkait kebutuhan detail calon pelanggan akan sebuah produk atau jasa yang dicarinya.
- Kita bisa dengan mudah mendapatkan informasi terkait perbandingan kualitas dengan produk atau jasa dari kompetitor.
Penjelasan di atas sebenarnya sudah memberikan kita gambaran yang jelas terhadap apa itu buying keyword. Lalu bagaimana cara kita untuk dapat memaksimalkannya?. Berikut ini adalah 3 tipsnya untuk Anda, dimulai dari;
Cara Memaksimalkan Buying Keyword
1. Memahami Search Intent Berjenis Komersial dengan Baik
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mempelajari terlebih dahulu tentang apa itu search intent berjenis komersial. Search intent sendiri adalah tujuan seseorang ketika mengetikan keyword tertentu di search engine.
Jika tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi harga, fitur, promo diskon suatu produk atau jasa, maka search intent yang dilakukan olehnya berjenis komersial. Oleh sebab itu, sebagai pemilik website kita harus dapat menyampaikan informasi konten yang relevan dengan search intent yang digunakan.
Berikan informasi seperti kelebihan produk/jasa dibandingkan dengan milik kompetitor, fitur produk/jasa, cara penggunaan, manfaat, harga dan juga cara pemesanan. Jangan memberikan informasi bersifat pengetahuan untuk jenis search intent ini.
Semisal pengguna mengetikan kata Jasa Video TikTok, maka jangan tuliskan informasi tentang apa itu video tiktok, ataupun manfaat video tiktok terlalu panjang.
2. Melakukan Analisis Kompetitor
Langkah kedua yang bisa Anda terapkan adalah dengan melakukan analisis kompetitor. Analisis ini bisa Anda lakukan dengan memperhatikan website kompetitor langsung. Melihat bagaimana cara mereka menyajikan informasi terkait buying keyword tertentu.
Pelajari subtopik apa saja yang mereka jadikan outline konten. Kemudian Anda bisa mengembangkannya menjadi konten yang unik dan fresh dengan teknik ATM (Amati Tiru Modifikasi).
Baca Juga: Cara Mengetahui Target Keyword Kompetitor
Selain dengan menggunakan cara manual, Anda sebenarnya juga dapat mengetahui buying keyword apakah yang digunakan oleh kompetitor secara otomatis. Anda bisa melakukannya melalui bantuan tools Google Keyword Planner dan juga SEMrush.
3. Jadikan Konten yang Anda Kreasikan Unik
Langkah atau cara optimasi buying keyword yang terakhir adalah dengan membuat konten yang unik. Memiliki nilai Unique Selling Point. Poin keunikan ini bisa Anda tonjolkan pada banyak aspek, seperti fitur layanan, pelayanan komunikasi pada pelanggan, cara pemesanan, harga dan lain-lain.
Ada 3 cara yang bisa Anda terapkan untuk dengan mudah menemukan USP bisnis yang tepat. 3 cara tersebut adalah;
- Bertindak dan berpikir layaknya konsumen.
- Memenuhi ekspektasi konsumen.
- Melibatkan aspek kepuasan batin konsumen (gengsi, kesehatan, sosial, dll).
Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu buying keyword beserta cara optimasinya. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Website Terbaik, hubungi saja Creativism.id.
Pesan Sekarang: Arek Malang?, Pesan Jasa SEO Malang Terbaik di Sini Saja!
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.