Apa itu SEO Multiregional. SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization, sebuah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman pertama Google. Search engine terpopuler di dunia. Ilmu optimasi website ini, sering diterapkan sebagai bagian dari strategi digital marketing. Hal ini wajar mengingat SEO mampu menjadikan performa website bisnis yang dimiliki, jauh lebih baik.
Website bisnis mampu mendapatkan metrik lead dan konversi lebih maksimal. Selain itu, SEO juga mampu meningkatkan brand awareness bisnis secara keseluruhan. Untuk bisa mendapatkan manfaat SEO seperti ini, memang bukanlah perkara yang mudah. Ada banyak hal yang harus dapat dipahami dan serta dijalankan.
Terlebih jika yang menjalankan strategi ini adalah brand besar yang sudah punya cabang di mana-mana atau bahkan skala pemasarannya sudah multinasional. Untuk brand yang memiliki klasifikasi seperti ini, jelas strategi SEO yang akan dijalankan jauh lebih kompleks. Satu di antara banyak strategi SEO yang bisa dijalankan untuk brand seperti ini adalah strategi SEO multiregional.
Apa itu SEO multiregional?. MinTiv akan menjelaskannya kepada Anda di dalam artikel ini, lengkap contoh-contohnya. Penasaran apa saja?. Simak baik-baik artikel ini ya!.
Daftar Isi
ToggleApa itu SEO Multiregional?
Strategi SEO multiregional adalah sebuah strategi SEO di mana pemilik bisnis menjalankan 2 website berbeda, memanfaatkan domain yang melambangkan negara tertentu. Semisal Anda memiliki website buletinviseoner.com untuk pemasaran global, dan untuk target pemasaran khusus, Anda memilih negara Spanyol, maka domain yang dijalankan menjadi buletinviseoner.es.
Domain website kedua ini, dikelola oleh tim Anda yang berbeda di negara Spanyol tersebut. Dapat dikatakan bahwa ini seperti strategi Local SEO tapi dengan tingkat kompleksitas yang tinggi dan personalisasi konten yang lebih kuat.
Selain dengan membangun website yang benar-benar baru, strategi lainnya yang dapat digunakan untuk SEO multiregional ini adalah dengan menjalankan SEO subdomain. Apa itu SEO subdomain?. SEO subdomain adalah teknik SEO yang memanfaatkan nama domain utama untuk dibuat menjadi banyak subdomain. Adapun contoh dari subdomain ini seperti blog.creativism.com.
Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari penerapan SEO subdomain. Beberapa di antaranya seperti;
- Dapat diperlukan untuk keperluan blogging.
- Segmentasi audiens.
- Hadirkan personalisasi konten yang lebih kuat.
Perlu diketahui bahwa untuk menjalankan strategi SEO multiregional ini tidaklah mudah. Anda harus dapat memastikan komunikasi bisnis yang terjalin antara tim di negara tertarget, berlangsung dengan baik.
Contoh Brand yang Menjalankan Strategi SEO Multiregional
Ada banyak brand-brand ternama dunia yang menerapkan strategi SEO multiregional ini. Berikut ini adalah beberapa contohnya, dimulai dari brand;
1. Disney
Disney adalah perusahaan hiburan dan media multinasional dari Amerika Serikat. Perusahaan ini terkenal akan produksi film animasi, taman hiburan dan juga jaringan televisinya yang sangat luas. Adapun pendiri dari perusahaan ini adalah Walt Disney dan Roy Oliver Disney.
2. McDonald’s
Contoh SEO multiregional selanjutnya datang dari perusahaan restoran fast food terbesar di dunia. Menu unggulan mereka adalah Big Mac. Adapun pendiri dari perusahaan restoran fast food ini adalah Ray Kroc.
3. Shopee
Contoh SEO multiregional yang terakhir datang dari perusahaan e-commerce ternama dunia, yakni Shopee. Shopee adalah e-commerce yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2015 di Singapura. Perusahaan ini adalah anak usaha dari SEA Group dan didirikan oleh Forrest Li.
Sebenarnya, ada banyak brand brand besar multinasional lainnya yang menerapkan strategi SEO multiregional ini. Anda bisa saja menambahkan contoh ini sendiri, dengan mencari info dari brand yang disukai.
FAQ Seputar Konten
- Apa itu SEO Multiregional? SEO Multiregional adalah strategi optimasi website untuk menargetkan beberapa wilayah geografis dengan konten yang dipersonalisasi sesuai budaya dan bahasa lokal, menggunakan domain atau subdomain tertentu.
- Apa manfaat SEO Multiregional? 1. Memaksimalkan keterlibatan audiens lokal. 2. Mendukung brand awareness di berbagai wilayah. 3. Menghadirkan konten yang relevan dan spesifik untuk tiap negara atau daerah.
- Apa perbedaan SEO Multiregional dan Local SEO?. Local SEO fokus pada wilayah lokal dalam satu negara, sedangkan SEO Multiregional mencakup target di berbagai negara.
Referensi Bacaan dari Creativism
Setelah membaca lengkap tentang apa itu SEO multiregional, MinTiv sarankan kepada Anda untuk membaca beberapa artikel tambahan di bawah ini, untuk menambah wawasan yang ada. Adapun artikel yang dimaksud tersebut, dimulai dari;
Perlu diketahui bahwa ketika kita membahas tentang SEO multiregional, maka kita juga akan bersinggungan dengan materi SEO multibahasa. Artikel di atas akan membantu Anda memahami perbedaan di antara keduanya.
Apabila Anda tertarik untuk menjalankan strategi SEO multiregional, maka Anda pastinya akan banyak belajar soal SEO subdomain. Artikel di atas akan membantu Anda untuk memahaminya, lengkap dengan penjelasan manfaat dan cara menjalankannya.
Karena kedua strategi SEO multibahasa dan SEO multiregional ini termasuk ke dalam pembahasan metode Local SEO, maka penting untuk Anda mengetahui tentang Local SEO lebih mendalam. Pengetahuan Anda terhadap Local SEO ini, akan membantu planning strategi SEO, terutama SEO multiregional lebih mudah.
Referensi dari Luar
Terkait referensi bacaan dari website luar, kurang lebih sama dengan referensi ketika Anda membaca artikel perbedaan antara SEO multibahasa vs SEO multiregional.
- Enterprise SEO Strategy: Guide For Multi-Regional and Multilingual Sites. Ditulis oleh Ghia Marnewick, seorang Creative Copywriter.
- How to Manage Multilingual and MultIregional SEO: Most Important Factors, Tools & Tactics. Ditulis oleh tim digitalsuccess.us.
Kesimpulan
Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu SEO multiregional. SEO Multiregional adalah strategi optimasi website untuk menargetkan beberapa wilayah geografis dengan konten yang dipersonalisasi sesuai budaya dan bahasa lokal, menggunakan domain atau subdomain tertentu. Ada banyak brand-brand multinasional yang memilih strategi seperti ini. Salah satunya adalah Disney.
Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar SEO multiregional, silahkan tanyakan saja melalui kolom komentar yang tersedia.
Artikel ini, dikreasikan oleh Tim Agency SEO Creativism. Agency SEO yang siap berikan pelayanan SEO terbaik dan lengkap sesuai dengan kebutuhan website klien. Hubungi mereka langsung melalui WhatsApp 6281 22222 7920, untuk dapat layanan Jasa SEO Website Terbaik, segera!!.